Pantai Widuri, pantai menawan dengan panorama indah di atas pasir dari Puith hingga Pemalang - WisataHits
wisatahits

Pantai Widuri, pantai menawan dengan panorama indah di atas pasir dari Puith hingga Pemalang

Pantai Widuri, pantai menawan dengan panorama indah di atas pasir dari Puith hingga Pemalang

Pantai Widuri merupakan pantai indah yang dapat dijadikan pilihan tempat wisata yang mudah dijangkau karena berada di pusat kota Pemalang.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Yos Sudarso, Widuri, Kec. Malang, Kab. Pemalang, Jawa Tengah; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Widuri merupakan tempat wisata alam yang bisa dijadikan tujuan wisata bersama teman atau keluarga. Wisata alam ini menjadi solusi bagi kebuntuan wisatawan jika ingin istirahat antara kerja atau sekolah. Rasa lelah yang muncul saat Anda melakukan rutinitas yang sama setiap hari sebaiknya dihilangkan dengan berlibur.

Melakukan kegiatan refreshing sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik di tengah kesibukan pekerjaan atau sekolah. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu luang untuk berlibur, mengunjungi tempat wisata terdekat dan mudah diakses adalah cara yang tepat.

Jika Anda menyukai wisata alam, salah satu pantai indah di Kabupaten Pemalang ini bisa menjadi pilihan Anda. Pantai indah ini cukup mudah diakses karena letaknya yang strategis. Kawasan ini hanya berjarak 3,4 km dari Alun-alun Kabupaten Pemalang. Banyak atraksi yang bisa dinikmati wisatawan saat berkunjung ke pantai ini.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Widuri

Objek Wisata Pantai Widuri di PemalangFoto: Google Maps/Dian Nafi

Pantai ini menjadi objek wisata favorit di Kabupaten Pemalang karena aksesnya yang mudah dan memiliki banyak daya tarik. Beberapa daya tarik pantai yang memesona ini akan dibahas secara detail pada artikel ini.

✦ Panorama yang indah

Pantai yang sangat mudah dijangkau ini memiliki panorama alam yang sangat indah. Saat berwisata ke sana, wisatawan bisa menikmati deburan ombak dan angin yang bersih tanpa polusi udara. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar karena terletak di utara pulau Jawa.

Sehingga wisatawan bisa lebih dekat ke pantai dan merasakan lembutnya ombak yang menghantam telapak kaki. Pemandangan yang indah, ombak yang lembut, dan udara yang bersih dapat membuat wisatawan bersantai dan menyegarkan diri setelah melakukan pekerjaan sehari-hari.

✦ Pasir putih

Selain panorama Pantai Widuri yang indah, wisatawan juga bisa menikmati pantai berpasir putih. Sebagian besar pantai di Jawa Utara berpasir hitam, jadi Anda pasti sudah terbiasa melihatnya. Namun pantai indah ini memiliki pesona lebih karena meski terletak di pesisir utara, pantai ini memiliki pasir putih.

Pasir putih pantai ini akan memancarkan warna berbeda saat terkena sinar matahari. Apalagi pasir putih ini sangat lembut dibandingkan pasir hitam sehingga wisatawan bisa leluasa bermain pasir di pantai ini.

✦ Gelombang Miring

Salah satu daya tarik pantai ini adalah ombaknya yang tidak terlalu kuat, sehingga Anda bisa bermain bersama keluarga atau teman di pantai sambil menikmati deburan ombak.

Memang, pantai menawan ini terletak di utara pulau Jawa yang ombaknya relatif lebih lembut dibandingkan dengan pantai yang terletak di selatan pulau Jawa.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Widuri, PemalangFoto: Google Maps/Indra Tamedius Diputra

Letak pantai yang tidak jauh dari pusat kota Pemalang memudahkan aksesnya. Kondisi jalan akses pantai dalam kondisi baik, sehingga mudah diakses. Wisatawan hanya perlu berkendara sekitar 5 menit.

Jika Anda datang dari Alun-alun Pemalang di Jawa Tengah, Anda bisa memilih jalan ke arah utara dan melintasi rel kereta api kemudian sampai di pintu gerbang kawasan wisata pantai. Selain dapat diakses dengan kendaraan pribadi, pantai ini juga mudah diakses dengan kendaraan umum. Wisatawan juga bisa naik angkutan umum atau angkutan umum lainnya untuk menuju pantai ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Untuk menikmati berbagai atraksi dan fasilitas Pantai Widuri, wisatawan cukup membayar tiket masuk Pantai Widuri sebesar Rp 5.000 per orang. Jika membawa kendaraan, tiket parkir yang harus dikeluarkan adalah Rp 2.000 per kendaraan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai Widuri PemalangFoto: Google Maps/Heru Nur Widoyoko

Selain menikmati berbagai atraksi pantai yang indah ini, wisatawan juga dapat menikmati berbagai macam aktivitas yang sangat menyenangkan untuk melepas penat dari pekerjaan sehari-hari. Beberapa kegiatan tersebut antara lain:

1. Tempat bermain anak

Daya tarik selanjutnya adalah tersedianya taman bermain anak. Bagi wisatawan yang membawa anak-anak bisa dibawa ke taman bermain ini. Taman bermain anak ini didesain khusus di tengah Pantai Widuri agar anak-anak dapat menikmati jalan-jalan di taman bermain sambil mengagumi keindahan laut.

Suasananya teduh dan nyaman juga menjadi nilai plus. Dengan demikian, wisatawan tidak perlu khawatir anak-anak bermain di taman bermain anak meski terik matahari.

2. Taman Air Widuri di Pantai Widuri

Selain memiliki tempat bermain khusus anak-anak, Pantai Widuri juga menawarkan wahana yang bisa dinikmati oleh orang dewasa yaitu Widuri Water Park. Di dalam Widuri Water Park terdapat kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda.

Ada kolam dangkal yang bisa digunakan oleh anak-anak dan kolam dengan kedalaman yang sulit yang bisa digunakan oleh orang dewasa. Di waterpark Widuri juga tersedia seluncuran bumerang. Kendaraan ini dibuat berliku-liku untuk menambah rasa kenikmatan saat mengendarainya.

Ada juga seluncuran balap yang memacu adrenalin Anda saat menaikinya. Panjangnya yang mencapai 135 meter dan tinggi 12 meter siap menghibur wisatawan, apalagi jika Anda menyukai wahana yang memacu adrenalin.

3. Dermaga dan Mercusuar

Menuju ke barat dari pantai yang indah ini, wisatawan dapat menemukan dermaga dan mercusuar yang indah. Dermaga yang sudah tidak terpakai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ada juga mercusuar yang menjulang tinggi yang bisa dinikmati wisatawan. Dermaga dan mercusuar biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada sore hari.

Banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya dengan memancing dan sebagian dari mereka menikmati pemandangan matahari terbenam sambil menikmati makanan ringan.

4. Sirkuit

Berbeda dengan wisata pantai lainnya, Pantai Widuri memiliki sirkuit balap motor yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan pantai. Sirkuit balap ini dulunya digunakan sebagai tempat berlangsungnya Sida Racing, sebuah kejuaraan balap off-road. Arena pacuan kuda ini juga bisa digunakan wisatawan jika ingin berlatih mengemudi.

Jalannya yang mulus dan sepi menjadikan lokasi wisata ini banyak digunakan untuk latihan kendaraan bermotor. Jika wisatawan tertarik untuk mengunjunginya, sirkuit ini berada di sebelah kanan pantai. Untuk memasuki sirkuit ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 3000 per orang.

5. Kunjungan sejarah ke makam Syekh Maulana Samsudin

Daya tarik terbaru Pantai Widuri adalah adanya wisata sejarah yang bisa dikunjungi wisatawan bersama keluarga. Makam pantai Widuri Pemalang banyak dikunjungi oleh penduduk setempat untuk tujuan ziarah.

Pada tahun 1973, makam ini hanya berjarak sekitar 3 meter dari bibir pantai, namun karena perubahan ketinggian air laut, makam tersebut kini berjarak sekitar 15 meter dari bibir pantai.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Widuri PemalangFoto: Google Maps/Mudo Dewadi Purba

Selain banyaknya objek wisata, pantai cantik ini juga memiliki fasilitas yang lengkap sehingga Anda tidak perlu khawatir saat berwisata ke pantai ini. Fasilitas yang tersedia untuk semua wisatawan antara lain toilet atau kamar mandi, mushola dan gazebo.

Menghilangkan penat dengan mengunjungi Pantai Widuri adalah salah satu pilihan terbaik jika wisatawan tidak ingin bepergian terlalu jauh. Menikmati pemandangan alam pantai yang indah ini akan mempersiapkan Anda untuk kembali bekerja dalam kondisi optimal.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button