Tiket MONT CIKURAY dan jalur pendakian - WisataHits
wisatahits

Tiket MONT CIKURAY dan jalur pendakian

Harga Tiket Masuk Gunung Cikuray: Rp 20.000 Jam Buka: 24 jam Nomor Telepon: -Alamat: Desa Dawungsari, Cilawu, Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44181

Gunung Cikuray Garut merupakan salah satu destinasi favorit para pendaki di Indonesia bahkan di luar negeri. Lokasinya yang terkenal membuat siapapun ingin mendaki gunung ini. Selain itu, tersedia berbagai fasilitas yang membuat pendakian lebih aman.

Rata-rata pendaki yang mendaki gunung ini bertujuan untuk menyaksikan matahari terbit. Apalagi ada juga yang menyukai tantangan dan petualangan di gunung ini. Wisatawan tidak perlu khawatir, karena gunung ini juga dipatroli oleh petugas. Oleh karena itu aman dan semua peralatan pendakian tersedia bagi mereka yang ingin meminjam.

Harga tiket masuk Gunung Cikuray

Sebelum mendaki, wisatawan harus membayar tiket pendakian. Kemudian mengisi formulir pemeriksaan (izin masuk kawasan konservasi). Hal ini agar para pendaki terdata dengan baik.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp20.000

Baca: 8 Destinasi Wisata Gunung Ikonik di Garut

Jam Buka Wisata Gunung Cikuray

Gunung ini buka 24 jam sehari. Wisatawan bisa memulai pendakian kapan saja, baik itu pagi, siang, sore, bahkan malam hari. Tergantung tujuan akhir, jika ingin melihat matahari terbit bisa dimulai pada sore atau malam hari. Namun, disarankan untuk mendaki di pagi hari, karena matahari akan lebih cerah.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Temukan Gunung Cikuray

Pemandangan kabut mistis di Gunung CikurayPemandangan kabut mistis di atas Gunung Cikuray. Foto: Gmap/Blatmany Vagyok

Sebelum mendaki, tentunya Anda harus mengenal Gunung Cikuray terlebih dahulu. Gunung ini merupakan gunung bertipe stratovolcano yang memiliki kawah aktif. Termasuk sebagai gunung tertinggi keempat di Jawa Barat, dengan ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut. Iklim daerah pegunungan tergolong tropis lembab.

Dengan curah hujan mencapai 3500-4000 mm. Sedangkan menurut perhitungan 9 bulan untuk bulan basah dan 3 bulan untuk bulan kering. Suhunya pun bervariasi, mulai dari 10 derajat Celcius hingga 24 derajat Celcius.

Beberapa rute tersedia untuk pendakian. Diantaranya melewati Transmitter, Tapak Geurot atau Cigedug, Olan/Cikajang/Carik, Kebonsatu, dan Bayongbong/Cintanagara/Pamalayan. Ada juga sembilan pesan yang tersedia di sini. Termasuk dengan tiang punggungan dan tempat penampungan.

Baca: Tiket dan Atraksi GUNUNG PUTRI Garut

Menikmati matahari terbit di puncak Gunung Cikuray

Lautan awan dari puncak Gunung CikurayLautan awan dari puncak Gunung Cikuray. Foto: Gmap/Septian Nugraha

Yang paling dicari oleh para pendaki saat menjelajahi Gunung Cikuray adalah pemandangan matahari terbit. Bahkan, gunung ini konon menawarkan pemandangan matahari terbit terindah di Jawa Barat.

Saat subuh, pendaki bisa langsung mengambil spot di puncak untuk mendapatkan pemandangan yang pas. Sebelum matahari terbit, kabut hampir tidak terlihat di bawah gunung. Seolah-olah gulungan kapas tebal yang sangat lembut diletakkan di depan mata. Seperti berada di negeri di atas awan.

Tanpa disadari, matahari mulai menunjukkan cahaya keemasannya. Dari redup yang menghalau kegelapan malam, hingga kuning cerah yang menerangi. Lingkaran emas dan sedikit oranye akan muncul perlahan. Momen-momen ini tidak boleh dilewatkan jika ingin mengabadikan indahnya matahari terbit di puncak.

Baca: GUNUNG PAPANDAYA: tiket dan aktivitas

Jalur Pendakian Cikuray Via Transmitter

Tiang pemancar dengan tiang pemancar stasiun TVTiang pemancar dengan tiang pemancar stasiun TV. Foto: Gmap/Fauzi Irfan P

Jalur Transmitter adalah jalur yang paling sering dipilih oleh para pendaki dan merupakan tempat siaran stasiun TV. Karena jalur yang ditempuh adalah yang paling ramah dan mudah dijangkau dengan alat transportasi. Namun, rute ini adalah yang terpanjang. Dan dibutuhkan sekitar delapan jam untuk mencapai puncak.

Jalur pendakian Via Tapak Geurot / Cigedug

Jalur ini merupakan jalur alternatif, yang meliputi jalur Olan. Medannya cukup mudah dengan waktu tempuh sekitar 4,5 jam.

Jalur pendakian Via Olan / Cikajang / Carik

Sedangkan jalur Olan bukanlah jalur umum bagi para pendaki, dan masih tergolong sepi. Namun, jika naik dari jalan ini, wisatawan akan menemukan jalan penghubung lainnya, yaitu jalan Kebonsatu dan Tapak Geurot.

Melalui jalur pendakian Kebonsatu

Jalur Kebonsatu merupakan jalur alternatif menuju Gunung Cikuray. Namun, jalur ini masih sangat sepi dan tidak banyak informasi tentang jalur ini. Sama, tempat penampungan Jalur pendakian ini belum disurvei. Oleh karena itu, jika Anda seorang pemula, sebaiknya tidak menggunakan rute ini.

Jalur Lintas Alam Via Bayongbong / Cintanagara / Pamalayan

Jalur pendakian melalui Bayongbong adalah jalur pendakian yang paling sulit. Salah satu penyebabnya adalah jalur yang curam dan terjal. Meski begitu, jalur sulit ini merupakan jalur terpendek menuju puncak.

Baca: Tiket Masuk DARAJAT PASS Garut dan Tiket Kegiatan

tiang panjat

Pemandangan matahari terbit di puncak Gunung CikurayPemandangan matahari terbit di puncak Gunung Cikuray. Foto: Cerita Gmap/Hiking dari Rully

Pada awal pendakian, wisatawan akan menjumpai medan penduduk yang cukup landai. Jalan masih berbatu dan tertata apik, serta gubuk beton dalam perjalanan menuju Pos 1. Sesampainya di Pos 1, wisatawan bisa berhenti sejenak dan kemudian mulai mendaki lagi. Dengan jalan yang menanjak lebih dari sebelumnya dan mulai memasuki kawasan hutan.

Menuju Pos 3, pendaki akan melintasi medan berupa tanah padat dengan jalan setapak yang masih menanjak. Menuju Pos 4, lintasan yang diambil menyempit dengan lintasan berbentuk tangga di tanah padat. Sesampainya di Pos 5, pendaki bisa mendirikan tenda karena tempatnya cukup luas dan pemandangannya sangat indah. Menuju pos 6 trek menanjak dan cukup sulit, akar pohon akan membantu melewati tanjakan.

Setelah Tanjung 6, wisatawan akan sampai di Pos Simpang yang merupakan titik jalur Kiara Jenggot dengan Jalur Transmitter. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Pos 7, dengan trek yang semakin menanjak. Medannya adalah tanah berbatu dan akar pohon tua. Terakhir adalah Pos Puncak Gunung Cikuray, dimana pendaki harus melintasi hutan lebat untuk mencapai puncak.

Lokasi Gunung Cikuray

Gunung ini terletak di Desa Dawungsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Transportasi umum dengan mobil Mengambil dari terminal ke tempat penampungan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button