Tiket dan Atraksi SITU RAWA GEDE - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi SITU RAWA GEDE

Tiket dan Atraksi SITU RAWA GEDE

Harga tiket masuk Situ Rawa Gede: Rp 10.000- Rp 20.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Sirnajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16830.

Selain terkenal dengan koleksi air terjunnya, Bogor juga memiliki destinasi wisata alam lain yang tak kalah menarik, seperti Situs Rawa Gede. Telaga alami yang terletak di kecamatan Sukamakmur ini akhir-akhir ini semakin populer.

Karena menawarkan rekreasi lengkap dengan harga murah. Mulai dari berlayar mengelilingi danau dengan perahu hingga berkemah dan bermain di air terjun kecil, semuanya bisa dilakukan di sini.

Tiket Masuk Situ Rawa Gede

Situ Rawa Gede berlaku tiket masuk dari usia diatas 5 tahun. Ada biaya parkir serta biaya tambahan lainnya untuk menunggang kuda atau berkemah.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 20.000
Tiket perkemahan Rp 10.000
Tiket kendaraan bermotor Rp5.000
Tiket kendaraan bermotor Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Taman Buah MEKARSARI

Jam operasional

Kawasan wisata ini buka setiap hari. Bagi pengunjung yang sedang berkemah, tempat ini buka 24 jam sehari.

Jam buka
pesan utama 07.30-17.00
Pos Dua 24 jam

Kegiatan di Situ Rawa Gede

Pemandangan Situ Rawa Gede BogorDanau dengan latar perbukitan Puncak dan hutan pinus – Foto: Google Maps/Bonaventura KR

Situ Rawa Gede merupakan kawasan rawa yang terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Pengelolaan dilakukan secara gotong royong oleh organisasi kepemudaan dan warga setempat dengan bantuan pemerintah.

Hingga saat ini kawasan wisata danau ini masih terus dikembangkan guna memaksimalkan potensinya sebagai tujuan wisata. Meski begitu, berbagai aktivitas sudah bisa dinikmati di sini, antara lain wisata danau, berkemah, hingga berenang di bawah air terjun alami.

Baca: 29 TEMPAT WISATA PALING SPEKTAKULER DI BOGOR

Berlayar dan Memancing

Situ Rawa Gede terletak tepat di belakang Perbukitan Puncak. Sesampai di sana, pengunjung akan langsung disuguhi pemandangan danau yang indah dengan perbukitan, persawahan dan beberapa air terjun kecil di sana-sini sebagai latar belakang. Suara-suara alam akan enak didengar – kicau burung, berbagai jenis serangga dan angin sepoi-sepoi yang menggoyang dedaunan pepohonan.

Setelah menyerap keindahan alamnya, pengunjung dapat memilih kegiatan yang cocok untuk menikmati danau secara langsung. Tersedia pilihan perahu atau sepeda air bagi yang ingin mengarungi danau dan merasakan sejuknya angin dari Situ Rawa Gede tepat di atas air. Perahu sangat bagus untuk rombongan orang yang berkunjung, sedangkan sepeda air adalah pilihan yang cocok untuk mereka yang datang sendiri, berpasangan, atau dengan keluarga kecil.

Baca: Tiket Masuk Jungleland Sentul dan 12 Wahana Wajib Dilakukan

Apa kamu suka memancing? di danau ini juga bisa menjadi pilihan untuk memancing. Tidak ada tempat untuk menyewa alat tangkap, jadi disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri. Berbagai ikan hidup di danau ini, termasuk mujair dan mujair. Ikan ini juga bisa diberi makan langsung dengan makanan yang bisa dibeli dari kios-kios di sekitar danau.

Jembatan warna-warni Situ Rawa GedeMenyeberangi sebagian Situ Rawa Gede menggunakan jembatan ponton – Foto: Google Maps/jaka suganda

Jika Anda hanya ingin bersantai tanpa terlalu banyak aktivitas, cobalah menyeberangi danau melalui jembatan ponton. Jembatan bambu yang ditopang tong warna-warni ini juga sering dijadikan spot foto. Jangan khawatir lelah, karena jaraknya tidak terlalu jauh.

Bersantai di kolam renang

Berbagai kolam dibangun di sekitarnyaPengunjung dapat menikmati kolam renang, kolam ikan, dan kolam dayung – Foto: Google Maps/basecamp gojek kramat aris

Ingin mencoba aktivitas menarik lainnya? Cobalah singgah di kolam renang, kolam rendam atau kolam terapi ikan. Pengunjung tidak bisa berenang di Danau Situ Rawa Gede, namun pihak pengelola sudah menyediakan kolam renang yang memungkinkan untuk berenang sepuasnya.

Di sebelah kolam renang terdapat kolam berisi ikan terapi yang bisa sedikit menghilangkan penat. Sambil kaki digelitik mulut ikan, pengunjung bisa bersantai menikmati segarnya udara danau.

Baca: Wisata Situ Ciburuy di Segarnya Telaga Hijau

Kolam lain yang bisa digunakan untuk bersantai adalah kolam dayung. Kolam ini cukup unik karena berada tepat di bawah air terjun kecil. Ya, kolam dayung ini menampung air yang mengalir dari air terjun ini. Bisa dibayangkan betapa sejuknya airnya bukan?

Berkemah dan mengumpulkan Selfie

Pengunjung memancing di danauDi sekitar Situ Rawa Gede terdapat tempat berkemah – Foto: Google Maps/doel’ Liionk

Bagi pecinta alam yang ingin bermalam, Situ Rawa Gede juga memiliki lahan sendiri. Tanpa harus merogoh kocek banyak, pengunjung bisa membawa dan mendirikan tenda di area sekitar danau yang tersedia. Penyewaan tenda dan perlengkapannya belum tersedia, jadi pastikan untuk membawa sendiri.

Bermandikan langit malam bertabur bintang, rasakan sensasi menghabiskan malam dengan penuh ketenangan. Pengunjung akan tidur ditemani suara angin malam dan hewan-hewan yang hidup di dekatnya. Suhu udara di area tersebut akan turun terutama setelah hujan, jadi ingatlah untuk membawa perlengkapan pemanas ekstra seperti selimut dan jaket.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana di Taman Wisata Situ Gintung

Jangan lupa untuk mengabadikan momen kunjungan Anda ke Situ Rawa Gede. Selain latar belakang pemandangannya yang indah, ada beberapa air terjun alami yang bisa menjadi spot menarik untuk selfie atau selfie. Ada juga berbagai fasilitas cantik yang sengaja dirancang untuk berfoto, seperti Taman Cinta dan air mancur.

Instalasi spesifik lokasi oleh Rawa Gede

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini adalah tempat parkir, toilet, mushola, tempat istirahat dan warung makan yang dilengkapi dengan saung. Fasilitas utama adalah perahu, perkemahan, kolam renang, kolam dayung, kolam terapi dan taman.

Lokasi Situ Rawa Gede

Obyek wisata ini terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tempat ini dapat dicapai dengan sepeda motor atau mobil. Jaraknya sekitar dua jam dari Jakarta dengan mobil (Jalan Tol Jagorawi – Citeureup – Sukamakmur), namun bisa juga menggunakan sepeda motor dengan jalur Cibubur – Cipanas Puncak – Sirnajaya. Dari Bogor, pengendara bisa memilih jalur Sentul atau Jonggol, sedangkan sepeda motor bisa melalui Cimahpar – Leuwi Hejo – Citeureup.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button