Tiket, Jam Buka, dan Atraksi GBK CITY FOREST - WisataHits
wisatahits

Tiket, Jam Buka, dan Atraksi GBK CITY FOREST

Harga Tiket Masuk Hutan Kota GBK: Gratis

Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno penuh dengan euforia Asian Games 2018. Untuk mendukung perhelatan olahraga terbesar se-Asia itu, beberapa renovasi dilakukan di GBK. Salah satu area yang dihias adalah Hutan Kota GBK atau dikenal juga dengan nama Hutan Kota Senayan.

Setelah Asian Games berakhir, kawasan ini ditutup untuk renovasi. Banyak yang bertanya-tanya seperti apa ruang hijau itu nantinya. Setelah dibuka kembali, kawasan ini menjadi tempat rekreasi yang sukses menarik banyak pengunjung. Tak sedikit yang menyandingkan tempat ini dengan Central Park di New York, AS.

Tiket Masuk Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK tidak menarik tiket masuk bagi pengunjungnya. Wisatawan tidak perlu membayar sepeser pun kecuali menggunakan kendaraan pribadi. Biaya parkir berlaku di lahan GBK. Harap diperhatikan bahwa pembayaran parkir di area ini menggunakan metode pembayaran elektronik.

Tiket masuk
Biaya masuk Gratis

Baca: Wisata TAMAN BARITO Jakarta Murah dengan Wifi Gratis

Jam Buka Hutan Kota GBK

Untuk saat ini, Hutan Kota GBK buka dari Selasa hingga Minggu. Dengan jam buka dari jam 6 pagi.

Jam operasional
Selasa – Minggu (Sesi 1) 06.00 – 10.00 WIB
Selasa – Minggu (Sesi 2) 15.00 – 18.00 WIB

Baca Juga: 7 Wisata Taman Terbaik di Jakarta

Piknik seru di jantung ibu kota

Ibukota Jakarta memang terkenal dengan tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi. Jutaan kendaraan bolak-balik setiap hari dan menyebabkan polusi berat di kota ini. Bisa dikatakan tidak mudah mendapatkan udara bersih dan segar di sini.

Satu-satunya cara untuk mendapatkannya adalah dengan meneliti Ruang Terbuka Hijau (RTH). Jakarta sendiri mengalami peningkatan jumlah ruang terbuka hijau dalam beberapa tahun terakhir. Pembebasan lahan berubah fungsi dari hutan kota menjadi taman. Salah satu ruang terbuka hijau yang saat ini eksis berkat media sosial adalah Hutan Kota GBK. Sebenarnya, apa yang membuat tempat rekreasi ini selalu ramai di jejaring sosial?

Baca Juga: 33 Tempat Wisata Terbaik di Jakarta

Dari lapangan golf hingga area rekreasi

Pemandangan dari Hutan Kota GBKKolam trembesi dilintasi jembatan dengan latar belakang gedung pencakar langit yang megah – Foto: Google Maps/Jakarta Tourism

Hingga tahun 2016, kawasan tersebut merupakan driving range golf. Lahannya yang seluas 4,6 hektar sangat ideal untuk bermain golf. Selain itu, lokasinya juga strategis karena dekat dengan kompleks perkantoran. Perubahan penggunaan lahan tersebut terjadi pada pertengahan tahun, tepatnya pada bulan Mei.

Lapangan golf tersebut kemudian disulap menjadi kawasan komersial dan ruang terbuka hijau. Di atas tanah ini berdiri Hotel Plataran dan Hutan Kota GBK. Kawasan ini dirancang sebagai tujuan wisata bagi kalangan menengah ke atas dan kawasan rekreasi bagi masyarakat umum.

Meski disebut ‘hutan’, penampakannya jauh dari arti kata. Alih-alih pepohonan, yang ada di sini adalah hamparan rumput yang luas. Pada pandangan pertama, pemandangan ini akan mengingatkan Anda pada Central Park di New York. Keduanya merupakan ruang terbuka hijau yang terletak tepat di tengah kota padat penduduk.

Di sekitar lapangan pohon-pohon yang tumbuh agak jarang seperti taman. Butuh waktu cukup lama bagi daerah ini untuk benar-benar menjadi kota “hutan”. Sampai sekarang, mungkin lebih tepat menyebutnya taman kota besar. Namun terlepas dari semua itu, bukan berarti tempat ini tidak cocok sebagai tempat rekreasi.

Baca Juga : TAMAN MENTENG Wisata Murah di Tengah Kota

Taman Pencakar Langit Oasis

Bersantai di hutan GBK CityPengunjung menikmati momen relaksasi sambil menghirup udara segar – Foto: Google Maps/Nurman Riyadi Rahman

Hutan Kota GBK merupakan hasil kerjasama antara pengelola GBK dengan promotor hotel Plataran. Oleh karena itu, jangan heran jika Anda melihat hotel dan restoran di kawasan tersebut. Di beberapa sudut terdapat fasilitas yang hanya dibuka untuk pengunjung hotel dan restoran.

Fasilitas ini umumnya hanya dapat digunakan dengan reservasi. Namun, kawasan Hutan Kota GBK terbuka untuk umum. Kawasan ini memang sengaja dibuka sebagai tujuan rekreasi dan outdoor. Di tengah tata letak puluhan lantai bangunan, taman ini seperti oasis. Di sini pengunjung bisa melepaskan diri dari polusi jalanan untuk menghirup udara segar.

Baca juga: 5 Kegiatan Seru di TAMAN SITU LEMBANG

Piknik gaya urban

Nikmati piknik di tengah kotaDuduk santai di lapangan berumput di tengah ibu kota modern – Foto: Google Maps/Primawan Dwi Nugroho

Seperti Central Park, Hutan Kota GBK mengajak pengunjung untuk piknik. Area yang luas dan rindangnya pepohonan menjadikannya tempat yang cukup nyaman dan rindang. Kontur medan juga cenderung lembut. Jika Anda membutuhkan suasana yang berbeda, piknik di sini layak menjadi pilihan.

Piknik di taman ini menawarkan suasana piknik ala urban. Pengunjung akan disuguhi pemandangan pepohonan dengan deretan gedung-gedung tinggi di belakangnya. Bawalah karpet atau kain sendiri sebagai tempat duduk dari rumah. Anda juga dapat membawa makan siang atau membeli makanan di kios atau food court dekat stadion. Kenakan juga pakaian yang nyaman untuk bersantai. Jangan lupa bawa payung, siapa tahu tiba-tiba hujan.

Selain untuk piknik, pengunjung juga bisa datang ke sini untuk sekedar refreshing. Berjalan di taman di bawah langit yang cerah adalah salah satu penghilang stres terbaik. Tempat ini bahkan memiliki kolam ikan dengan air terjun buatan yang menenangkan. Ada juga bangku untuk mereka yang hanya ingin duduk.

Baca Juga: Tiket Masuk TMII LEGENDA PARK dan Wahananya

Situs Olahraga Alternatif

Olahraga nyaman di Hutan Kota GBKTerlihat pengunjung berlarian di jembatan di atas kolam Trembesi, melewati pengendara sepeda – Foto: Google Maps/Agustiawan Agustiawan

Kawasan stadion GBK sudah lama populer sebagai tempat olahraga. Tak heran jika selalu ramai dan beberapa orang merasa tidak nyaman berolahraga. Jika Anda bosan dengan suasana yang ramai, cobalah joging di sini. Taman yang luas ini memiliki jalur pedestrian serta jogging track.

Pengunjung dapat menggunakannya tidak hanya sebagai lintasan lari, tetapi juga untuk bersepeda. Namun, pengunjung tidak diperbolehkan menggunakannya untuk Skateboard. Pengelola juga melarang pengunjung membawa hewan peliharaan demi kenyamanan bersama.

Fasilitas Kehutanan Kota GBK

Hutan Kota GBK memiliki fasilitas pos keamanan, toilet dan ruang ganti. Ada juga bangku yang tersebar di seluruh area. Plus, ada warung makan dan minum. Fasilitas pendukung yang ada antara lain kolam ikan, amfiteater dan alun-alun utama.

Lokasi Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK merupakan bagian dari Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno. Kawasan ini masih berada di Jalan Pintu Senayan. Sedangkan akses termudah dari Gerbang 5 GBK adalah di Jalan Jend. Sudirman Kav 54 – 55, Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pengunjung bisa menggunakan bus Transjakarta atau MRT.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button