Target operasi meleset, Hotel Sayaga kebanjiran | RADAR BOGOR - WisataHits
Jawa Barat

Target operasi meleset, Hotel Sayaga kebanjiran | RADAR BOGOR

CIBINONG RADAR BOGORAlih-alih beroperasi Agustus ini, Hotel Sayaga Wisata di Jalan Raya Pemda, Pakansari, Cibinong kembali mengalami banjir.

Setelah hujan lebat dan angin kencang pada Rabu (8/10), kawasan di sekitar hotel pilihan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu tergenang untuk kesekian kalinya.

Baca Juga: Pemerintah Harus Hapus Obligasi Eks BLBI

penerimaan mahasiswa baru universitas djuanda bogor

“Penyumbatan air terjadi di kawasan Hotel Sayaga yang aliran sungai irigasinya mengarah ke Setu Cibinong,” kata M. Adam Hamdani, Direktur Gawat Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor saat dikonfirmasi.

Tersumbatnya sampah menyebabkan air meluap, membanjiri Hotel Sayaga dan sekitarnya.

Sementara itu, General Manager PT Sayaga Wisata Aminudin mengakui masalah banjir masih menjadi perhatian bagi Hotel Sayaga, meski dijadwalkan beroperasi hingga Agustus 2022.

“Kami mengirimkan surat ke dinas PUPR meminta bantuan penanggulangan banjir karena sejak tahun lalu 2021 hal yang sama terjadi, meski tahun-tahun sebelumnya belum terjadi, padahal hotel sudah dibangun,” akunya.

Menurut dia, berdasarkan hasil pantauan teknis, sedimentasi di Setu sudah sangat tinggi, hanya selisih 20 sentimeter antara dasar hotel dan Setu.

Baca Juga: Isbat Nikah Massal, Pasangan Ini Dapat Hadiah Umroh Dari Bima Arya

Sehingga, saat hujan deras, air dari kanal menuju Setu meluap, dengan mudah masuk ke area hotel.

“Kami diminta berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cisadane dan Ciliwung karena PUPR tidak berwenang melakukan pengerukan Setu,” jelas Aminudin.

Selain itu, saluran air ke area hotel yang dilakukan dinas PUPR di depan Kantor Pertanahan (BPN) Kabupaten Bogor telah ditutup.

“Jadi kalau airnya dari arah Pakansari akan terbelah dua, satu ke BPPD (Badan Pengelola Pendapatan Daerah) dan satu lagi ke hotel. Kanal terputus dan air masuk ke area hotel, ”tambahnya.

Hal ini diperparah dengan bongkahan kotoran dan material hotel yang tidak rapi menyumbat aliran air.

“Sekarang kami sedang mencari solusi agar banjir tidak semakin meluas,” katanya. (memasak)

Editor: Rany

Source: www.radarbogor.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button