Tiket gunung KENCANA dan jalur pendakian - WisataHits
wisatahits

Tiket gunung KENCANA dan jalur pendakian

Harga Tiket Masuk Gunung Kencana: Rp 20.000 Jam Buka: 24 jam Nomor Telepon: -Alamat: Megamendung, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Indonesia

Gunung Emas salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pada tahun 2016, gunung ini resmi dibuka sebagai lokasi pendakian. Meski baru, Kencana tak pernah kekurangan penggemar.

Ketinggiannya hanya 2000 meter di atas permukaan laut, namun justru karena itulah sangat populer di kalangan pendaki. Kursus ini singkat tetapi masih sulit dan melelahkan. Tak hanya panjat tebing, Gunung Kencana juga bisa menjadi tempat liburan keluarga.

Tiket Masuk Gunung Kencana

Pengunjung yang mengambil jalur Ciburial hanya perlu membayar pajak Sisisi di loket pendaftaran. Selama waktu tersebut, mereka yang melewati Telaga Warna akan membayar tiket masuk tambahan. Biaya ini belum termasuk parkir kendaraan dan tarif berkemah.

Tiket masuk
Tiket masuk Danau Warna Rp25.000
Tiket Masuk Gunung Kencana Rp20.000

Baca: Tiket Masuk CURUG CILEMBER dan Kegiatan Utama

Jam buka

Pendakian di Gunung Kencana buka setiap hari. Sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat musim kemarau. Hal ini untuk menghindari jalur pendakian yang licin.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

gunung emas

Panorama ditemukan dari Puncak KencanaPemandangan puncak Gunung Pangrango dari kawasan Puncak Kencana pada hari yang cerah – Foto: Google Maps/Rizky WR Official

Memang tujuan mendaki gunung di Indonesia sudah ada sejak lama. Di Pulau Jawa sendiri terdapat puluhan gunung favorit wisatawan pejalan kaki bereksperimen. Lalu bagaimana dengan pendaki pemula yang baru memulai?

Pilihan gunung untuk pemula di Jawa juga tidak jarang. gunung emas di Kabupaten Bogor salah satunya. Titik tertingginya, yang hanya 1.802 meter di atas permukaan laut, menawarkan lintasan melakukan perjalanan yang cukup singkat. Dengan demikian, pendakian di sini aman untuk pemula.

Baca Juga: Tiket Masuk dan Wahana MONT HALIMUN SALAK

Jalur Ciburial vs. Telaga Warna

Jalan Makadam yang melintasi perkebunan teh yang indahJalur Ciburial dan Telaga Warna sama-sama menampilkan hamparan kebun teh yang mengiringi perjalanan – Foto: Google Maps/Arie Pinz Channel

Sebelum memulai pendakian, tentukan dulu rute menuju Gunung Kencana. Ada dua jalur resmi yang bisa ditempuh untuk sampai ke pos pengamatan. Rutenya adalah Ciburial dan Telaga Warna.

Telaga Warna adalah jalan tersibuk. Hal ini dikarenakan akses jalan yang cenderung mudah. Kekurangannya pengunjung harus membayar tiket masuk tambahan untuk kawasan wisata Telaga Warna.

Jalan menuju Ciburial memiliki akses jalan yang cukup sulit. Medannya berupa aspal yang menanjak dan berkelok-kelok. Namun, di sepanjang perjalanan, wisatawan akan dihibur dengan pemandangan indah perkebunan teh. Rute ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menghindari biaya tambahan.

Baik jalan Ciburial maupun jalan Telaga Warna tidak memiliki angkutan umum. Kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil bertingkat adalah satu-satunya pilihan. Nantinya kendaraan pribadi bisa parkir di LC Village yang merupakan pintu gerbang Gunung Kencana.

Baca Juga: Tiket Masuk dan Aktivitas Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Pendakian super “pedas”

Sebuah lereng dengan perasaan Pendakian Sambalado populer karena berat dan bisa membuat Anda berkeringat seperti makan sambal pedas – Foto: Google Maps/Faisal Efendi

Pos Pengamatan terletak di Desa Cagar Alam alias LC. Di sinilah wisatawan bisa menitipkan kendaraannya untuk parkir dan bermalam. Warung Unang adalah semacam base camp di sini bagi para pendaki.

Gunung Kencana terkenal dengan “cabai kecil”. Meski ketinggiannya tidak terlalu besar, tantangan jalurnya tidak bisa dianggap remeh. Pendaki akan langsung menemui tanjakan yang curam saat memasuki gerbang. Jika terjal, pendaki harus melewati rangkaian tangga kayu dan bambu yang tersedia.

Pendakian Sambalado, begitu orang menyebutnya. Kemiringannya hampir tegak lurus. Tangga terdiri dari langkah-langkah pada jarak yang tidak menentu. Meski agak menakutkan, namun tangga ini cukup kokoh dengan pegangan tangan di kedua sisinya.

Beberapa sempit, tetapi sebagian besar cukup lebar. Sesuatu untuk melukai lutut dan betis Anda. Hampir setiap pendaki yang melintasinya kehabisan nafas, seperti orang yang baru saja makan sambal pedas.

Baca Juga: GUNUNG PAPANDAYA: Tiket Masuk dan Aktivitas

Pendakian ramah anak

Nikmati pengalaman berkemah di Puncak KencanaSelain pendakian Sambalado, pendakian Gunung Kencana lainnya terbilang mudah dan cocok untuk pendaki pemula atau sebagai tujuan camping keluarga – Foto: Google Maps/Dabil Sullivan

Setelah berhasil melintasi pendakian Sambalado, pendaki akan sampai di Pos 1. Dari sana, medan pendakian terus menanjak. Tentu tidak se-ekstrim Si Sambalado. Ada tempat istirahat yang cukup landai.

Jalur pendakian akan memiliki banyak akar pohon. Tidak terlalu sulit, apalagi saat musim kemarau. Pendaki tidak akan repot dengan jalanan yang licin.

Stasiun 2 menjadi stasiun terakhir sebelum mencapai puncak. Jalur pendakian ini cukup pendek. Oleh karena itu, anak-anak bisa datang dan mencoba pengalaman hiking di sini. Melacak hmenyukai Lapangan ini juga cocok sebagai alternatif rekreasi akhir pekan.

Baca Juga: 29 TEMPAT WISATA PALING SPEKTAKULER DI BOGOR

Panorama dari atas

Kelap-kelip cahaya pemukiman Bogor terlihat dari Gunung KencanaPemandangan malam dengan lampu perumahan di kaki gunung – Foto: Google Maps/Klikukon

Pemandangan yang bisa didapatkan dari Puncak Kencana akan menjadi hadiah yang tak terlupakan. Gunung kecil ini dikelilingi oleh alam Bogor yang indah. Di sebelah selatan, puncak Gunung Pangrango terlihat megah.

Ketinggiannya memang tidak terlalu mengejutkan, namun panorama di sekitarnya mengundang decak kagum. Puncak Kencana adalah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam. Banyak yang sengaja berkemah di puncak untuk pengalaman ini.

Pemandangan malamnya pun tak kalah romantis. Hamparan pegunungan mengelilingi kawasan Bogor yang dihiasi lampu-lampu kota. Lukisan malam ini hanya bisa dilihat jika Anda mengunjungi Gunung Kencana. Jadi, sudahkah Anda memutuskan kapan mulai mendaki di sini?

Fasilitas Gunung Kencana

Fasilitas pendukung tersedia di Postal Review. Beberapa di antaranya adalah area parkir motor dan mobil, toilet, mushola dan warung makan. Tidak ada jasa persewaan peralatan mendaki atau camping di sini. Jadi pastikan untuk membawa perlengkapan lengkap di mana pun Anda tinggal.

Lokasi Gunung Kencana

Gunung Kencana terletak di Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Tidak ada angkutan umum menuju pos tersebut, sehingga pendaki harus membawa kendaraan pribadi. Jarak antara kota Bogor dan Ciburial atau Telaga Warna sekitar 30 kilometer.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button