Tiket Gratis BRAKSENG Pemandangan Menakjubkan - WisataHits
wisatahits

Tiket Gratis BRAKSENG Pemandangan Menakjubkan

Harga Tiket Masuk Brakseng: Gratis Jam Buka: 06:00-17:00 No Telp: -Alamat: Desa Sumber Brantas, Bumiaji, Batu, Jawa Timur, Indonesia, 65336

Pesona Wisata Alam Brakseng tidak ada alasan untuk meragukannya. Menampilkan lanskap pertanian sayuran yang membentuk lanskap hijau yang indah. Lahan ini merupakan satu-satunya lahan pertanian yang berada di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut. Berbagai jenis sayuran tumbuh berdampingan dengan tanaman, pohon, dan bunga liar yang terlihat rimbun.

Kemudian deretan pegunungan dan perbukitan menambah keindahan kawasan tersebut. Pemandangan pemandangan pegunungan Arjuno, Welirang, Kawi dan pegunungan Anjasmara tersaji di depan mata yang diselimuti perbukitan yang rimbun. Udaranya sejuk dan segar khas pegunungan, apalagi jika ada kabut.

Harga Tiket Masuk Brakseng

Brakseng memang tempat wisata baru. Namun mampu menarik pengunjung setiap harinya. Dulu ada biaya masuk, tapi sekarang tidak ada biaya masuk. Sehingga pengunjung bebas datang ke sini.

Harga Tiket Masuk Brakseng
Setiap hari Gratis

Baca: Tiket BATU SECRET ZOO dan 10 area terbaik

Jam buka

Brakseng buka setiap hari. Namun untuk menghindari kabut, Anda harus datang pagi hingga siang hari. Biasanya daerah lokasi sering hujan pada sore hari. Sebab, wilayah tersebut memiliki curah hujan yang tinggi.

Jam operasional
Setiap hari 06.00-17.00

Tempat Wisata Brakseng

Sebagai tempat wisata alam yang berada di ketinggian, kawasan ini memiliki pesona yang luar biasa. Selain itu, berkunjung ke sini bisa gratis tanpa tiket masuk asalkan mengikuti ketentuan yang berlaku. Di sini ada aturan “Jangan injak tanaman” dengan tujuan untuk mencegah kerusakan areal pertanian.

Pemandangan alam yang indah

Bunga yang tumbuh di pinggir jalan

Bunga terompet dan hydrangea menjadi pembatas di tepian tanah Brakseng. Foto: Gmaps/Herman Sinyo

Petani menggarap lahan

Petani bekerja untuk merawat tanah di Brakseng. Foto: Gmaps/Asep Saifudin

Brakseng menampilkan lanskap pertanian dengan pemandangan alam yang indah. Hamparan tanah yang dipetakan ditata rapi seperti lembah. Deretan Gunung Arjuno Welirang, Gunung Kawi dan Anjasmara merupakan kumpulan gunung dari sisi yang berbeda dengan perbukitan yang rimbun. Belum lagi bunga Angelica, Trumpet dan Hydrangea yang tumbuh di sepanjang jalan.

Selain itu, di sekitar lokasi banyak tumbuh tumbuhan liar seperti kecambah merah, bunga bulan, cestrum dan masih banyak lagi. Ada juga deretan pohon cemara kipas yang tumbuh berjajar sempurna. Tak hanya itu, deretan pohon pinus yang menjulang tinggi juga turut meramaikan keindahannya.

Selain itu, pengunjung akan melihat pemandangan para petani saat menggarap lahan di pagi hari. Mulai dari menyiram, mencangkul, memupuk, memanen hingga menanam bibit tanaman. Dia akan menciptakan kesenangannya sendiri. Selain itu, tempat ini bisa menjadi spot foto yang menarik dengan latar hamparan lahan pertanian yang luas.

Baca: Harga Tiket JATIM PARK 1, Jam Buka dan 10 Wahana Serunya

Kondisi medan pegunungan yang khas

Jalan Brakseng menanjakSalah satu kontur jalan di Brakseng berupa medan menanjak yang bisa dilalui dengan berjalan kaki. Foto: Gmaps/Alie Binar

Berada di ketinggian sekitar 1700 meter di atas permukaan laut, Brakseng memiliki medan yang cukup menantang berupa tipikal jalan pegunungan yang menanjak dan berkelok-kelok. Untuk sampai ke sana, Anda bisa menggunakan jeep, sepeda motor trail dan sepeda. Namun akses jalan hanya dapat menampung sekitar 1 mobil karena lebarnya hanya ±3 meter.

Di sini, pengunjung harus naik turun untuk mengakses lanskap kebun sayur. Belum lagi udara dingin dan berkabut yang bisa membuat medan semakin sulit. Oleh karena itu, Anda wajib membawa jaket.

Di dalam kawasan lanskap, tersedia akses jalan, baik berupa tanah maupun perkerasan. Anda bahkan dapat berjalan dengan pertimbangan apa pun. Memang, jarak antara aglomerasi dan lanskap pertanian cukup besar dengan medan yang penuh dengan lereng.

Baca: MILENIAL GLOW GARDEN: tiket dan atraksi

Hamparan hijau di medan yang rapi

Sayuran Pertanian BraksengKawasan tersebut ditumbuhi berbagai jenis sayuran seperti sawi. Foto: Gmaps/Achmad

Brakseng memiliki lanskap pertanian dengan luas sekitar 350 hektar. Lahan ini digunakan untuk menanam berbagai jenis sayuran. Ada wortel, sawi, selada, kol, kentang, bit, sawi putih, daun bawang, kembang kol dan masih banyak lagi. Sayuran ditanam menurut jenisnya di petak-petak yang tertata rapi.

Setiap hari, tanaman sayuran dirawat oleh petani, mulai dari penyiraman, pemupukan, mencangkul, pengendalian sayuran, dll. Sayur-sayuran tersebut dipastikan akan dipanen saat musimnya tiba. Setelah itu, lahan akan ditanami kembali.

Visi perkebunan sayuran ini tidak hanya ditemukan di lanskap pertanian. Di sepanjang area perumahan, Anda juga akan melihat tanaman sayuran yang tumbuh di pekarangan rumah. Pemandangan ini bisa dilihat dalam perjalanan menuju tempat wisata. Warnanya yang hijau pasti akan memanjakan mata setiap orang yang melihatnya.

Baca: Tiket dan Aktivitas BATU WONDERLAND Water Park

Dekat Rest Area Berleter L

Tergantung rest area

Brakseng dekat dengan tempat istirahat dependen dengan huruf L. Foto: Gmaps/Alie Binar

Menu makanan di rest area

Makanan goreng dan rempah-rempah di rest area dekat Brakseng. Foto: Gmaps/Ira Rahmawati

Bagi yang ingin beristirahat bisa langsung singgah di rest area untuk tanggungan. Lokasinya tidak jauh dari areal penanaman sayur, tepatnya di pertigaan jalan menuju lokasi Brakseng. Tempat ini memiliki gazebo kecil berbentuk L yang berdiri di tengah kebun sayur. Lihatlah setengah lapangan.

Untuk sampai ke tempat pengamatan, pengunjung harus mengambil jalan yang terletak di lahan pertanian. Jalan ini berbentuk seperti jembatan dengan beberapa area di mana terdapat kursi dan meja. Dari lokasi ini, pengunjung bisa melihat perkebunan sayur yang tumbuh di bawah kursi. Bahkan, bisa menjadi spot foto yang menarik.

Di sini pengunjung juga bisa memesan makanan. Ada menu makanan berat, snack, minuman. Cocok untuk suasana dingin tentunya menu-menu panas seperti kopi, wedang jamu, bakso, seblak, gorengan dan masih banyak lagi. Sehingga bisa menghangatkan tubuh dan mengisi perut yang lapar.

Baca: Tiket dan Wahana PREDATOR FUN PARK

Bisa menjadi alternatif jalur pendakian

Mendaki Gunung Arjuno Welirang menawarkan banyak pilihan jalur. Salah satunya melewati jalan wilayah Batu. Pendakian via Batu bisa mengambil jalur alternatif melalui kawasan wisata Brakseng. Berada di kaki Gunung Arjuno dan Welirang menjadikan tempat ini sebagai jalur alternatif untuk mendaki kedua gunung tersebut.

Bagi pendaki yang berasal dari Batu tidak perlu menggunakan jalur lain seperti Tretes, Purwosari atau Lawang, Pendakian Gunung Arjuno dan Welirang dapat melewati kawasan Brakseng jika memilih jalur melalui Cangar, Batu. Dengan demikian, aktivitas pendakian tidak akan memakan waktu lama.

Dekat Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian air panas Cangar dekat BraksengKolam air panas di Pemandian Air Panas Cangar dekat Brakseng. Foto: Gmaps/Masruchan Efendi

Saat berkunjung ke Brakseng, cobalah mampir ke destinasi wisata lain yang dekat dengan lokasi. Destinasinya adalah Pemandian Air Panas Cangar. Pemandian ini merupakan tempat wisata yang populer di Batu.

Sama seperti Brakseng, pemandian ini memiliki pemandangan alam yang masih alami. Deretan pepohonan yang rimbun tampak mengelilingi tempat wisata tersebut. Apalagi masih banyak kera liar yang bergelantungan di pepohonan.

Pemandian umum ini memiliki tiga kolam untuk berenang dan dua kolam untuk berendam. Air di kolam ini berasal dari sumber air panas alami. Hal ini terlihat pada uap yang keluar dari air kolam. Ada kepercayaan berendam di bak mandi air panas ini bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.

Alamat Brakseng

Wisata Perkebunan Sayur ini terletak di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336. Akses jalan menuju tempat ini cukup sulit. Kontur jalan menanjak dan berkelok-kelok. Sedangkan jalan di areal persawahan sudah beraspal dan sebagian masih berupa tanah dan rerumputan. Pengunjung harus berhati-hati.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button