Curug Leke-Leke, pesona keindahan air terjun eksotis di Tabanan - WisataHits
wisatahits

Curug Leke-Leke, pesona keindahan air terjun eksotis di Tabanan

Harga tiket: Rp 25.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WITA, Alamat: Antapan, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Air Terjun Leke-Leke Bali bisa dijadikan item utama saat anda berada di Pulau Dewata. Keindahannya begitu memanjakan mata, penuh dengan tumbuhan hijau yang tumbuh subur di sekitar lokasi. Dibandingkan objek wisata pantai memang tidak begitu banyak orang, namun setiap hari masih ada pengunjung yang datang.

Bali dikenal sebagai pulau yang memiliki banyak pantai yang masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda seperti pesonanya. Bahkan turis mancanegara lebih mengenal Tabanan Bali dibandingkan dengan negara yang menaunginya yaitu Indonesia. Namun faktanya bukan hanya pantai yang menjadi satu-satunya tujuan wisata, air terjun adalah bagian darinya.

Dari sekian banyak air terjun yang Anda miliki, sepertinya air terjun Leke-Leke wajib Anda kunjungi jika ingin mendapatkan pengalaman liburan yang berkesan. Air Terjun Kipuan Kebo paling dikenal oleh warga setempat karena berfungsi sebagai tempat mandi dan menyiram kerbau setelah menjalankan tugasnya membantu petani.

Objek wisata air terjun Leke-Leke

Objek wisata air terjun Leke-LekeKredit gambar: Google Maps Pilar Roda Díez

Masih belum jelas seberapa tinggi air terjun ini di Bali. Namun, jika dilihat sepintas, ketinggian yang ditahan mencapai puluhan meter. Dinamakan air terjun Leke-Leke Bali karena akses menuju lokasi cukup berliku dan terjal. Beragam daya tarik pun dimiliki, tentunya tak lepas dari keindahan alam yang penuh pesona.

1. Keindahan Air Terjun Leke-Leke

Air terjun cantik ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal saja, wisatawan mancanegara juga sering terlihat berkunjung. Beberapa dari mereka bahkan datang kembali karena apa yang mereka dapatkan selama kunjungan mereka cukup mengesankan. Bagaimana tidak, banyak sekali keindahan yang bisa dilihat, yang paling utama adalah air terjunnya sendiri.

Debit airnya yang mengalir cukup deras kemudian menimbulkan suara gemuruh saat mengenai bebatuan di bawahnya. Cipratan air tak terhindarkan, jarak beberapa meter masih memungkinkan untuk membasahi badan. Sementara tebing-tebing yang menjulang seolah mengapit dan melindungi setiap keindahan yang dimiliki.

Di bagian bawah air terjun Leke-Leke Bali terdapat ceruk yang agak besar, sekilas terlihat seperti gua. Sayangnya, wisatawan tidak diperbolehkan untuk mencapainya, karena tidak ada akses jalan untuk mendekatinya. Tapi hanya dengan melihatnya sepertinya sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan kecantikan yang nyaris sempurna.

2. Suasana asri dan damai

Mengunjungi air terjun eksotis di Bali ini cocok jika saat itu Anda sedang membawa beban berat. Bukan hanya keindahan yang didapat, tapi suasananya yang sejuk dan asri. Hal ini disebabkan banyaknya pepohonan rindang yang tumbuh subur, baik di lokasi utama maupun selama perjalanan.

Dalam perjalanan menuju lokasi, jalan setapak sangat teduh karena ditumbuhi pohon payung. Begitu juga jika anda sampai di lokasi utama Air Terjun Leke-Leke Bali, banyak tumbuhan hijau yang selalu menemani setiap pemandangan. Misalnya, di tebing, tumbuhan liar, terutama tanaman merambat, menutupi seluruh dinding.

3. Tersedia spot fotografi

Daya tarik lain Air Terjun Leke-LekeKredit gambar: Google Maps Emma Leung

Daya tarik lain yang akan Anda temukan di sini adalah spot fotografi. Bagi yang suka selfie untuk keperluan dokumentasi atau pamer di media sosial, keberadaan spot ini membuat mereka semakin mantap untuk mengunjunginya. Tempat yang dimaksud ada di dekat pintu masuk, yang sebagian merupakan taman bunga yang ditata dengan cermat.

Selain itu, ada juga spot-spot liar yang tak kalah bagus untuk dijadikan background foto. Misalnya jembatan gantung bambu dengan view aliran sungai yang indah. Setibanya di lokasi utama, tentunya spot yang paling banyak dicari adalah Air Terjun Leke-Leke Bali itu sendiri.

4. Kolam renang dengan air jernih

Hampir semua air terjun nusantara memiliki cekungan. Fungsinya untuk menyimpan air sementara, sebelum dikembalikan secara definitif ke sungai. Kolam ini terbentuk secara alami karena tergerus aliran air yang jatuh dari bawah. Saat mengunjungi air terjun eksotis ini, Anda juga akan menemukan sebuah kolam.

Meski tidak terlalu luas, airnya sangat jernih dan memanjakan mata. Warna air kolam di sini terlihat biru di bagian tengah. Sedangkan pada bagian tepi berwarna coklat, tandannya cukup dangkal. Di sekeliling kolam terdapat bebatuan dengan berbagai ukuran yang menambah kesan eksotis dan mempesona.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun Leke-LekeKredit gambar: Google Maps Katarina Manalu

Air terjun Leke-Leke Bali terletak di Kabupaten Tabanan, tepatnya di Desa Antapan, Kecamatan Baturiti. Jarak dari Denpasar lumayan jauh, butuh waktu lama untuk sampai ke tempat itu. Estimasi jarak yang dimaksud adalah 55 kilometer, paling tidak dibutuhkan waktu 1 jam 30 untuk mencapainya jika kondisi jalan normal.

Rute tercepat adalah melalui Jalan Raya Denpasar, kemudian dilanjutkan ke Jalan Perean Tengah. Silakan lanjutkan ke Jalan Mekarsari, lalu ke Jalan Baturiti dan Jalan Gunung Agung. Rute selanjutnya adalah menuju Jalan Antapan, lalu belok kanan menuju Jalan Swadaya.

Mengunjungi Air Terjun Leke-Leke Bali sebaiknya menggunakan akses jalan utama karena lebih mudah. Setelah sampai di Jalan Swadaya, lanjutkan perjalanan menuju Pura Beji Banjar Kerobokan. Tempat tujuan wisata dari titik ini hanya berjarak sekitar 400 meter, silakan cek rambu-rambu untuk kenyamanan Anda.

Harga tiket masuk Air Terjun Leke-Leke

Tiket Air Terjun Leke-LekeKredit gambar: Google Maps Luh Ayu

Setelah sampai di venue, silahkan cari tempat parkir yang nyaman, lalu siapkan sejumlah uang sebagai tiket masuk. Untuk harga tiket masuknya sendiri terbilang cukup mahal dibandingkan tempat wisata yang sama di tempat lain. Anda harus menghabiskan 25.000 rupee untuk pengunjung.

Selisih harga tiket air terjun Leke-Leke Bali berlaku untuk wisatawan mancanegara yaitu dua kali lipat dari Rp 50.000. Meski cukup mahal, pengalaman mendebarkan yang didapatkan dijamin tidak mengecewakan. Selain itu, dengan hadiah tersebut Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas penting seperti tongkat kayu yang digunakan selama perjalanan menuju lokasi.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Leke-Leke

Aktivitas air terjun Leke-LekeKredit Gambar: Eunice Twitter https://twitter.com/euniceapril

Daya tarik bukan satu-satunya alasan mengapa suatu objek wisata selalu dikunjungi wisatawan. Selain itu, aktivitas juga menjadi faktor yang tidak kalah pentingnya, akan semakin ramai jika banyak hal seru yang dilakukan. Berkaitan dengan hal tersebut, Air Terjun Leke-Leke Bali cocok untuk kegiatan berikut ini!

1. Lacak ke lokasi

Aktivitas seru langsung didapat saat melangkah keluar dari kendaraan menuju pintu depan. Perjalanan memakan waktu sekitar 15 menit dengan medan yang cukup terjal. Demi keamanan, Anda juga mendapatkan Tracking Pole sebelum turun curam. Selama perjalanan, Anda selalu ditemani oleh keindahan alam yang memukau, sehingga tidak akan membosankan.

2. Nikmati pemandangan alam

Obyek wisata yang kita bicarakan termasuk dalam kategori wisata alam, sehingga banyak keindahan yang bisa ditemukan. Menikmatinya adalah kegiatan wajib, bahkan jika Anda melakukannya secara tidak sengaja. Pemandangan yang paling menakjubkan adalah air terjun Leke-Leke Bali yang aliran airnya cukup deras.

3. Mandi dan berenang

Tak hanya memanfaatkan pesonanya, banyak wisatawan yang tergiur untuk berenang dan bermain air. Penduduk setempat menganggap air terjun yang indah ini sebagai tempat suci, jadi sebaiknya menjaga etika di lokasi. Jika Anda tidak bisa berenang, ada baiknya bermain di air tepi kolam sambil berjalan di bebatuan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemasangan air terjun Leke-LekeFoto oleh Google Maps Roelof Coetzee https://www.google.com/maps/contrib/103776047605644328663

Air Terjun Leke-Leke dikelola dengan baik oleh warga setempat, sehingga selalu terjaga sampai sekarang. Untuk itu, fasilitas penunjangnya juga banyak, seperti toilet yang bersih, tempat parkir yang luas dan beberapa warung wisata kuliner. Selain itu, Anda bisa menyewa penginapan berupa bungalo yang letaknya tak jauh dari air terjun.

Cukup sekian ulasan kami tentang tempat wisata di Bali yang penuh dengan keindahan. Apa yang kami sampaikan di atas tidak lebih dari gambaran singkat sebelum mengunjungi lokasi. Jika Anda ingin merasakan keseruan yang sesungguhnya, harap sertakan Air Terjun Leke-Leke Bali dalam daftar wisata liburan Anda berikutnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button