Transjogja Ngabean-Palbapang Angkut Sekitar 1.000 Penumpang Setiap Hari - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Transjogja Ngabean-Palbapang Angkut Sekitar 1.000 Penumpang Setiap Hari – ANTARA News Yogyakarta

YOGYAKARTA (ANTARA) — Dinas Perhubungan DIY memperkirakan load factor penumpang Transjogja jalur Ngabean-Palbabang yang resmi beroperasi sejak 3 November lalu cukup baik, sekitar 1.000 penumpang per hari.

“Faktor beban penumpang cukup baik untuk rute baru. Untuk kumpul rata-rata sehari sekitar 1.000 penumpang,” kata Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti di Yogyakarta, Sabtu.

Rute dari Terminal Ngabean di Kota Yogyakarta ke Palbapang di Kabupaten Bantul merevitalisasi rute lama dan bertujuan untuk meningkatkan dan memudahkan mobilitas masyarakat di kedua wilayah tersebut.

Rute tersebut dilayani oleh delapan armada dengan rangkaian titik atau pemberhentian untuk naik dan turun penumpang. Bus beroperasi dari pukul 05.30-18.00 WIB.

Sementara rata-rata trayek bus Transjogja untuk semua trayek, 17 jalur ditambah tiga jalur Kementerian Perhubungan, mencapai sekitar 10.000 orang per hari.

“Ada rute yang penumpangnya cukup banyak, tapi ada juga yang sepi. Kami sedang melakukan pengalihan agar pelayanan lebih baik dan masyarakat lebih nyaman menggunakan angkutan umum,” katanya.

Salah satu asesmen yang dilakukan terkait dengan jalur menuju Godean yang tidak beroperasi penuh dalam satu hari namun baru ditingkatkan pada jam-jam sibuk.

Dengan demikian, armada lain bisa digunakan untuk mendukung rute yang padat penumpang.

“Idealnya jarak antar bus sekitar 10 menit,” ujarnya.

Ni Made mengatakan, pemerintah daerah terus meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum, sehingga masyarakat semakin tertarik menggunakan angkutan umum daripada menggunakan kendaraan pribadi.

“Butuh banyak edukasi dan kami juga berusaha meningkatkan kualitas pelayanan. Masukan dari masyarakat juga penting, misalnya lokasi halte terlalu jauh atau rute bus terlalu panjang. Ini sebagai bahan evaluasi,” katanya.

Transportasi yang nyaman dengan akses yang baik, lanjutnya, juga akan membantu pengembangan pariwisata do-it-yourself, sehingga wisatawan dapat dengan mudah mencapai tujuan wisata. Tahun depan akan diupayakan peremajaan armada dengan 27 armada baru.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button