Tiket dan Atraksi TERJUN SEDUDO WATERFALL - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi TERJUN SEDUDO WATERFALL

Tiket dan Atraksi TERJUN SEDUDO WATERFALL

Harga tiket masuk Air Terjun Sedudo : Rp8.000-Rp15.000. Jam buka: 07:00 – 16:00. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Jl. Raya Sedudo, Hutan, Sawahan, Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia, 64475.

Daerah Nganjuk di Jawa Timur menarik wisatawan. magnet ini Air Terjun Sedudo terletak di lingkungan Sawahan. Ikon wisata populer Nganjuk ini bukan hanya destinasi wisata alam yang menawan, tetapi juga kekayaan alam yang memiliki sejarah panjang.

Kawasan wisata alam ini menyajikan panorama pegunungan yang terdiri dari tebing-tebing tinggi sekitar 105 meter. Di tembok ini mengalir air terjun yang indah dan menakjubkan. Setahun sekali, air terjun ini juga menjadi tempat untuk melakukan ritual budaya yang telah diwariskan secara turun-temurun.

Tiket Masuk Air Terjun Sedudo

Untuk mengunjungi objek ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Tiket ini sudah termasuk asuransi dari Jasa Raharja.

Tiket Masuk Air Terjun Sedudo
Jenis tiket hari biasa Minggu & hari libur nasional
Tiket masuk anak Rp 8.000 Rp 12.000
Tiket masuk dewasa Rp 10.000 Rp 15.000
rubah terbang Rp 10.000 Rp 15.000
Biaya parkir
Roda 2 Rp 2.000
Roda 4 Rp5.000

Baca: Tiket Masuk dan Berbagai Kegiatan WATU LAWANG Nganjuk

Jam buka

Air terjun Sedudo terbuka untuk umum setiap hari. Biasanya tempat ini ramai pada hari Sabtu dan Minggu. Di bulan Muharram/1 Sura, wisatawan bisa menyaksikan ritual Parna Prahista atau Mandi Sedudo.

Jam operasional
Jam buka 07.00 – 16.00 WIB

Air Terjun Sedudo

SedudoAir Terjun Sedudo merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Nganjuk Jawa Timur – Foto: Google Maps/Initialyanto Putra

Tak heran jika Air Terjun Sedudo menjadi objek wisata yang populer bagi para wisatawan. Air terjun dengan ketinggian sekitar 105 meter ini mengalir menuruni lereng timur Gunung Wilis. Suasana pegunungan yang asri membuat objek wisata yang berada di ketinggian 1.438 mdpl ini memiliki udara yang segar.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Legend Nganjuk Water Park

Selain pemandangan alamnya yang indah, Air Terjun Sedudo juga lekat dengan unsur sejarah dan budaya. Mitos air yang bikin awet muda juga menjadi daya tarik pengunjung. Tak heran jika Air Terjun Sedudo tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Ratusan anak tangga

Tangga menuruni lerengDeretan anak tangga yang harus didaki untuk mengakses air terjun – Foto: Google Maps/ahmad torik

Berada di atas tebing setinggi 105 meter, lokasi air terjun ini berada di dasar lembah. Untuk mencapai danau saja, pengunjung harus menuruni sejumlah anak tangga. Yakinlah, tangga ini aman karena terbuat dari batu dan dilengkapi dengan pembatas pengaman.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Coban Rondo Malang

Menuruni anak tangga, pengunjung bisa melihat pemandangan air terjun. Angin dataran tinggi pun akan selalu mengiringi langkah kaki wisatawan yang mendekati tempat tersebut.

Menuruni anak tangga sebanyak itu tidak akan terlalu menguras tenaga dengan hiruk pikuk pemandangan alam sekitar, tapi siapkan fisik untuk naik kembali saat ingin pulang ya.

Pesona Air Terjun

Air Terjun SedudoAir terjun Sedudo dikelilingi tebing dan hutan alam – Foto: Google Maps/putut wijanarko

Setelah melewati anak tangga kurang lebih 200 meter, pengunjung akan tiba di area air terjun. Kawasan ini tertata rapi karena tersusun dari bebatuan sehingga tidak ada sungai berbatu atau tanah licin seperti kawasan air terjun alami pada umumnya. Danau dan sungai sudah tergambar dengan jelas sehingga pengunjung semakin nyaman bermain air.

Baca: Pesona Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu

Mengalir dari ketinggian lebih dari 100 meter, air terjun Sedudo menampilkan pesona alam yang menakjubkan. Airnya meluncur di permukaan dinding tebing batu yang berwarna kehitaman tanpa banyak mengalir. Diapit hamparan lumut dan dikelilingi hutan liar, pemandangan air terjun ini menyegarkan mata.

Turis di sekitar air terjunIkon wisata daerah Nganjuk yang tak pernah sepi kunjungan wisatawan – Foto: Google Maps/wahyu prastyo

Wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun dari jauh atau langsung merasakan kesejukan airnya. Area bermain air dibatasi oleh pagar dengan jarak tertentu dari air terjun. Sebelumnya pernah ada kejadian longsoran batu dari atas air terjun. Sejak saat itu, pengunjung dilarang terlalu dekat dengan air terjun.

Mitos keabadian di air terjun Sedudo

barisan penariPenari berbaris untuk mengikuti upacara ritual Mandi Sedudo di Satu Sura – Foto: Google Maps/MNur IkhsanAWR

Air Terjun Sedudo sudah dikenal sejak zaman Kerajaan Majapahit. Tempat ini berfungsi sebagai tempat pencucian senjata warisan raja, dimana air yang digunakan dipercaya membawa berkah dan keselamatan. Pada masa kejayaan Islam, air terjun ini menjadi tempat meditasi Ki Ageng Ngaliman, tokoh penyebar agama Islam di Nganjuk.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Madakaripura

Untuk menghormati jasa Ki Ageng Ngaliman, pemerintah Nganjuk telah menyelenggarakan acara tahunan. Acara yang berlangsung setiap sura atau bulan Muharram ini adalah ritual mandi massal yang disebut Mandi Sedudo. Kegiatan ini dimeriahkan dengan tarian adat dan prosesi yang dihadiri oleh Bupati Nganjuk. Turis juga diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.

Pengunjung bermain airWisatawan diperbolehkan bermain di air telaga air terjun dengan jarak aman yang telah ditentukan – Foto: Google Maps/Pradana Ady Putra

Ada legenda tentang seorang duda yang bersemedi di air terjun ini. Orang-orang yang sering datang kepadanya untuk meminta nasihat menganggap duda itu tidak terlihat tua meski sudah bertahun-tahun dipenjara di sana.

Baca: Tiket Masuk Coban Putri Batu dan Aneka Aktivitas

Dari legenda inilah lahir kepercayaan bahwa air terjun ini memiliki berbagai khasiat, mulai dari awet muda hingga kemudahan berpasangan. Terlepas dari kebenarannya, Air Terjun Sedudo tetap menjadi tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain keindahan alamnya yang menentramkan, tempatnya nyaman untuk rekreasi keluarga.

Kemudahan

Bagi pengunjung objek wisata ini telah disediakan sejumlah fasilitas yang memadai seperti tempat parkir yang luas, toilet dan mushola. Lokasi air terjun dapat diakses melalui tangga yang dilengkapi pagar pembatas sehingga keamanan dan kenyamanan terjamin. Banyak warung makan dan toko suvenir tersedia di dekat air terjun sehingga pengunjung tidak perlu berkendara ke tempat parkir terlebih dahulu.

Baca: 14 Air Terjun Terpilih di Jawa Timur

Lokasi air terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo terletak di lereng timur Gunung Wilis, tepatnya di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Akses jalan sudah bagus, namun karena konturnya didominasi tanjakan terjal, pengendara harus berhati-hati saat datang ke sini. Pastikan kondisi mesin dan rem kendaraan baik agar tidak membahayakan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button