Tiket dan Atraksi SAUNG ANGKLUNG UDJO - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi SAUNG ANGKLUNG UDJO

Harga Tiket Masuk Saung Angklung Udjo: Rp60.000 – Rp120.000 Jam Buka: 08:00 – 17:00 WIBNomor Telp: (022)7271714/+62 821-8282-1200Alamat: Jl.Padasuka No.118 Pasirlayung , Cibeunying Kidul, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40192

Saung Angklung Oudjo yang didirikan pada tahun 1966, merupakan tujuan rekreasi dan pendidikan tentang budaya Sunda. Lengkap dengan performance ball, aneka kerajinan bambu, dan juga bengkel pada alat musik bambu.

Menghadirkan rasa kesegaran dan keindahan di kawasan Bandung Timur menjadikan tempat ini sangat cocok untuk dinikmati. Memiliki elemen interior yang unik dengan dominasi bambu, pesona dekorasi dan dekorasi, serta dentingan alat musik bambu yang menggambarkan keharmonisan antara budaya dan alam.

Harga tiket masuk Saung Angklung Udjo

Biaya masuk ke Saung Angklung Udjo tidak berbeda untuk hari biasa atau akhir pekan. Harganya tetap terjangkau untuk bisa menikmati keindahan alam sekaligus edukasi budaya.

Harga tiket masuk Saung Angklung Udjo
Tiket masuk nasional dewasa Rp85.000
Tiket masuk untuk anak domestik (3-11 tahun) 60.000 rupiah
Tiket masuk turis dewasa 120.000 rupiah
Tiket masuk wisata anak (3-11 tahun) Rp85.000

Baca: Tiket Masuk, Studio, dan Pertunjukan Trans Studio Bandung

Anak-anak berusia 3 tahun ke atas menerapkan harga tiket normal.

Jam Buka Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo buka setiap hari, dari senin sampai minggu buka dari pagi sampai sore. Ada pula atraksi seni dan budaya Sunda yang akan tampil pada pukul 15.30 WIB. Atraksi ini akan dibagi menjadi 3 sesi.

Tampilkan kalender
Jam tayang 10:00, 13:00, 15:30
Jam operasional 08.00 – 17.00 WIB

Sejarah Singkat Saung Angklung Udjo

Saung ini didirikan oleh seorang tokoh bernama Udjo Ngalagena (Mang Udjo) dan istrinya. Tujuan dibuatnya tempat ini adalah untuk melestarikan budaya dan seni tradisional Sunda.

Mang Udjo sendiri adalah seorang seniman angklung dari Jawa Barat, lahir pada tanggal 5 Maret 1929. Seni angklung sudah ia kenal sejak berusia 4 tahun, oleh karena itu Mang Udjo mendirikan tempat ini karena kecintaannya pada bambu. alat musik.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan Seru DUSUN BAMBU Bandung

Sepeninggal Mang Udjo, Saung Angklung Udjo tidak berhenti begitu saja. Selama hidupnya ia dikaruniai 10 orang anak yang hingga kini melanjutkan jejak ayahnya untuk melestarikan budaya Sunda.

Saung Angklung Udjo selalu hadir untuk mengedukasi pengunjung tentang seni dan budaya Sunda. Di sini, pengunjung akan dihibur dengan keindahan alam sekitar sambil mencoba alat musik angklung.

Hal yang Dapat Dilakukan di Saung Angklung Udjo

Pertunjukan Orkestra Angklung Pertunjukan Orkestra Angklung. foto: Midori

Banyak kegiatan edukasi yang bisa dilakukan di Saung Angklung Udjo Bandung. Kegiatan utamanya adalah mempopulerkan budaya Sunda dan alat musik angklung. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan selama Anda berkunjung ke sini.

1. Pertunjukan boneka

Wayang golek adalah seperangkat wayang kayu Sunda lengkap dengan kostumnya. Pertunjukan ini biasanya berlangsung setiap hari selama pertunjukan pembukaan semua atraksi.

Di akhir karya biasanya disisipkan pesan moral yang bisa dipelajari oleh pengunjung. Durasi aksi pertunjukan wayang kulit berlangsung kurang lebih 10-20 menit yang akan dilanjutkan dengan atraksi selanjutnya.

2. Helaran

Atraksi ini biasanya berlangsung pada saat upacara khitanan dan panen padi. Helaran bertujuan untuk menghibur dan mengungkapkan rasa terima kasih, sehingga musik Helaran umumnya menyenangkan dan membangkitkan semangat.

Dalam pertunjukan ini, ada berbagai tarian Sunda sambil dinyanyikan bersama dengan lagu-lagu Sunda. Selain itu, ada juga pertunjukan musik angklung oleh siswa di sini.

3. Tari Topeng

Tarian ini termasuk dalam pertunjukan rutin setiap hari. Cerita Tari Topeng dimulai dengan seorang penyiar Majapahit yang menyelidiki situasi di Kerajaan Blambangan.

Dalam tarian tersebut, seorang penari berperan sebagai pembawa berita yang menyamar dengan memakai topeng. Topeng ini berguna untuk membuat penari terlihat seperti orang yang berani melawan Raja Menakjingga.

4. Orkestra Angklung

Dalam atraksi ini, angklung akan dipertunjukkan dengan pengisi acara untuk menghasilkan suara yang indah. Suara musik akan diiringi tarian Jawa Barat yang luwes.

Lagu-lagu yang akan dibawakan dengan alat musik angklung di panggung ini adalah Balonku, Twinkle Twinkle Little Star, hingga dangdut dan lagu daerah. Pengunjung akan dibuat takjub dengan perpaduan musik dan tarian Jawa Barat yang menambah kental budaya Sunda.

5. Main Angklung bersama

Pengunjung dapat mengikuti angklung bersama mahasiswa Saung Angklung Udjo selama sesi ini. Nantinya, setiap pengunjung akan mendapatkan pinjaman angklung dan memainkan sinyalnya.

Pemain akan menggoyangkan angklung ketika pengemudi memberikan kode dengan menggerakkan tangannya. Sebelum bermain angklung bersama, pengunjung terlebih dahulu mendapat pelajaran bagaimana cara melafalkan angklung yang benar.

6. Menari bersama

Selama sesi ini, pengunjung juga dapat mengikuti tarian tradisional khas Jawa Barat. Dengan mengikuti gerak tari yang diperagakan oleh para penari.

Kegiatan ini jelas mendidik, terutama bagi anak-anak dalam rangka mengenalkan mereka pada budaya Sunda. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena ada iringan musik yang ceria. Atraksi ini biasanya merupakan sesi terakhir dari jadwal hiburan harian.

7. Wisata Kuliner Angklung Dapoer

Pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner yang nikmat di Dapoer Angklung. Makanan yang dijual di sana beragam, seperti batagor dan siomay khas Bandung. Ada juga menu western food yang tidak kalah enak dan lezatnya. Harganya juga cukup terjangkau.

Baca: Elephant Village Tour: Tiket Masuk & Wahana Mendebarkan

8. Belanja oleh-oleh

Ada ruangan khusus yang berisi berbagai oleh-oleh khas Sunda. Berbagai souvenir dijual di ruangan ini seperti gantungan kunci, kipas angin, kaos, gelang, sandal, tas, hingga replika angklung.

Sementara itu, harga barang souvenir masih cukup murah dan terjangkau. Pengunjung dapat menemukan suvenir ini di dekat loket tiket.

9. Gambar

Karena kelestarian dan keindahan alam di Saung Angklung Udjo, tak heran banyak yang menjadikannya sebagai spot foto. Pengunjung bisa menikmati sejuknya lingkungan sambil berfoto.

Hampir seluruh area dipenuhi pohon bambu yang berdesir tertiup angin. Lokasi yang akan mengantarkan pengunjung menikmati suasana tradisi pedesaan yang tak terlupakan.

10. Bernyanyi bersama

Seiring dengan aktivitas bermain alat musik angklung bersama, pengunjung akan diajak bernyanyi bersama. Lagu-lagu yang dibawakan pun beragam, mulai dari lagu anak-anak hingga lagu daerah.

Kegiatan ini sangat menghibur karena membuat pengunjung lebih aktif dan menikmati budaya Sunda. Selain itu dapat menjadi hiburan sekaligus edukasi bagi pengunjung khususnya anak-anak.

Fasilitas Saung Angklung Udjo

Wisata ini menyediakan berbagai fasilitas seperti Buruan Sari Asih yang berfungsi sebagai tempat bersantai dan menikmati suasana Sunda. Kemudian ada Pusat Penyuluhan Kehutanan sebagai unit usaha yang memberikan penyuluhan tentang merawat pohon dan berkontribusi terhadap lingkungan.

Selain itu, ada Bale Karesemen yang berguna sebagai tempat berkumpul dan juga tempat pertunjukan seni. Dan Pusat Produksi Angklung yang memungkinkan pengunjung melihat secara langsung proses pembuatan angklung dengan kualitas terbaik.

Petunjuk transportasi umum ke Saung Angklung Udjo

Tempat ini hanya dilintasi oleh satu angkutan umum. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan angkutan umum nomor 06 jurusan Cicaheum-Ciroyom, lalu turun di perempatan Padasuka.

Dari perempatan Padasuka, pengunjung bisa mencapai lokasi dengan berjalan kaki hanya 500 meter. Atau jika mau, pengunjung bisa menggunakan jasa ojek untuk menuju gerbang Saung Angklung Udjo.

Alamat dan Kontak Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo terletak di Jalan Padasuka No. 118, Bandung, Jawa Barat 40192. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Bandung. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi (022)7271714 dan (022)7101736. Atau email [email protected] atau Instagram di @angklungudjo.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button