Pantai Ujungnegoro Batang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Ujungnegoro Batang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Rowokudo, Ujungnegoro, Kec. Kandeman, Kab. Batang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Pantai, tempat dengan daya tarik tersendiri yang membuat objek tersebut berbeda dengan objek wisata alam lainnya. Memiliki garis pantai yang panjang, Indonesia penuh dengan berbagai pantai yang eksotis dan indah, banyak yang belum terjamah oleh tangan manusia. Dari Sabang sampai Merauke, ada banyak pantai yang siap memanjakan wisatawan lokal maupun mancanegara dengan pemandangan ciptaan Tuhan yang menakjubkan.

Berbicara tentang pantai, di Jawa Tengah terdapat banyak pantai yang menjadi tujuan wisata. Salah satu daerah yang sering dikunjungi orang yang penat adalah Kabupaten Batang, tepatnya di kawasan wisata alam kabupaten tersebut. Ada banyak wisata yang bisa dikunjungi termasuk Pantai Ujungnegoro. Jika Anda ingin mengunjungi pantai, berikut adalah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui.

Aktivitas di Pantai Ujungnegoro

Aktivitas di Pantai UjungnegoroKredit gambar: Google Maps Muntahal Ilmi

Pantai menjadi dambaan banyak orang karena pesonanya yang bisa membuat mulut anda tertawa dan mata anda berbinar. Tak heran jika banyak yang memilih pantai sebagai tujuan utama mereka untuk berlibur guna melepas penat. Karena selain memiliki pemandangan yang memukau, pantai juga merupakan tempat yang sepi yang bisa digunakan untuk melepas lelah dari sempitnya kehidupan di perkotaan.

Pantai Ujungnegoro merupakan salah satu pantai yang sering dikunjungi masyarakat Batang. Karena pemandangan pantai memiliki hamparan pasir pantai, bebatuan dan karang, serta kondisi lingkungan yang masih sangat terjaga. Pantai ini pun masih terlihat alami meski sudah ada beberapa bangunan yang berdiri di area pantai. Memang, pengelolaannya selalu memperhatikan kelestarian alam di sekitar pantai.

Pantai desa Ujungnegoro memiliki geografis pantai yang landai dengan pasir coklat sampai hitam, juga memiliki tebing samping dan dasar pantai yang keras dengan banyak bebatuan. Selain itu, ombaknya juga tidak terlalu besar. Yang menjadi ciri khas pantai di utara pulau Jawa, karena hanya berbatasan dengan Laut Jawa. Berbeda dengan pantai selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Namun meski ombak di pantai ini tidak terlalu besar, pengunjung tetap harus berhati-hati, terutama bagi yang membawa anak kecil. Jangan biarkan anak berenang ke tengah. Selain ombaknya yang tenang, pantai ini juga memiliki air yang cukup jernih. Hal ini dikarenakan kondisi pantai yang masih terjaga, serta bebatuan di beberapa tempat di tepi pantai yang masih alami sehingga menjadikan dekorasi alam yang indah.

Tidak hanya itu, pantai ini juga memiliki dermaga, namun tidak terlalu besar. Namun cukup digunakan untuk duduk-duduk dan menonton pemandangan atau kegiatan memancing. Agak jauh dari pantai, di daratan banyak pohon ketapang yang cukup besar bagi pengunjung untuk berteduh dari terik matahari.

Selain itu, di sisi pantai Ujungnegoro juga terdapat tebing batu karang yang berdiri sangat kokoh. Dimana puncak tebing tersebut bisa dijadikan sebagai tempat untuk menikmati pemandangan pantai dari ketinggian. Bagi Anda yang suka berfoto, puncak tebing wajib dikunjungi saat mengunjungi pantai di desa Ujungnegoro ini.

Untuk itu pengelola menyediakan jalan setapak untuk menemani pengunjung yang ingin mendaki ke puncak tebing. Dari tebing, orang akan tahu bahwa di sisi tebing adalah sebuah gua. Gua yang tidak begitu besar ini dikenal dengan nama Gua Aswatama. Di bagian atas goa, pengunjung akan menemukan sebuah makam yang merupakan makam Cheikh Maulana Maghribi.

Makam ini dinilai memiliki pemandangan yang sangat bagus, karena terletak di bukit gua Aswatama, di tepi pantai Ujungnegoro. Karena terdapat anak tangga yang melingkari bukit, peziarah setelah sholat bisa langsung turun menikmati deburan ombak pantai. Awalnya Pantai Ujungnegoro hanya digunakan sebagai jalur ziarah, namun karena menawarkan pemandangan yang indah, akhirnya dijadikan jalur pantai dan jalur ziarah.

Apakah Anda ingin menemukan hal yang berbeda di pantai yang indah di dekat ruang makan Syekh Maulana Maghribi ini? Di pantai ini ada hal yang unik, yaitu adanya sumur dengan air tawar. Kedengarannya sangat aneh, bukan? Karena sumur ini terletak hanya beberapa meter dari pantai, bukannya terasa seperti air asin, sumurnya malah sejuk. Jika Anda pemasaran, Anda bisa langsung menuju pantai Ujungnegoro.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai Ujungnegoro

Alamat dan rute menuju lokasi pantai UjungnegoroKredit gambar: Wisatajateng.com

Secara administratif, Pantai Ujungnegoro terletak di Desa Ujungnegoro, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jalan Pantai Utara atau lebih dikenal dengan Jalan Pantai Utara. Tepatnya, sekitar 14 kilometer dari pusat Batang lalu ke arah timur laut, Anda akan menemukan garis pantai yang tidak terlalu lebar namun indah dan nyaman untuk tempat wisata.

Pantai ini termasuk dalam Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD), sehingga kondisi alam dan kebersihan pantai tetap terjaga. Rute menuju ke tempat ini juga cukup mudah, karena tidak terlalu jauh dari pantai Sigandu yang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Sehingga pengunjung tidak kesulitan mencari lokasi pantai.

Untuk mencapai pantai, Anda bisa melalui jalan pantai utara lalu masuk dari utara melalui jalan raya Bakalan. Setelah itu Anda harus melewati jalan Syekh Maulana Maghribi dan terus ke utara menuju gerbang pantai. Jika kesulitan menemukan penunjuk arah, Anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar. Masyarakat Batang yang ramah pasti akan menunjukkan lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Ujungnegoro

Harga Tiket Masuk Pantai UjungnegoroKredit Gambar: Perbaikan Google Maps

Sebagai tempat wisata, pantai harus dikelola dengan baik. Salah satu sumber pendapatan pantai berasal dari tiket masuk yang dibayarkan oleh pengunjung. Untuk itu pengelola juga membebankan biaya masuk bagi pengunjung pantai. Dimana biaya masuk ke kawasan pantai ini cukup terjangkau, cukup merogoh kocek sekitar Rp 5.000 per orang, maka anda sudah bisa menikmati pemandangan pantai yang indah.

Selain itu, di pantai ini juga terdapat persewaan perahu yang ditawarkan oleh para nelayan. Sehingga wisatawan bisa beraktivitas di perairan laut sekitar pantai. Namun, perahu tersebut hanya disewakan pada saat hari libur atau pada saat nelayan melaut. Untuk harga sewanya tergantung dari masing-masing nelayan yang menyewakan perahu.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Ujungnegoro

Fasilitas yang tersedia di Pantai UjungnegoroKredit gambar: Mbatang.com

Pantai yang terletak di kabupaten Batang ini memiliki pemandangan yang sangat menawan. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh pemerintah daerah setempat, menjadi tempat wisata yang berkualitas dengan menambah berbagai fasilitas umum. Demi menjaga keindahan pantai, pengelola memelihara pepohonan di sekitar pantai. Dimana pepohonan dapat dimanfaatkan pengunjung sebagai tempat bersantai bersama keluarga.

Tak hanya itu, di pantai ini juga banyak terdapat warung yang menjajakan makanan dan minuman. Jadi ketika Anda haus atau lapar setelah bermain air, Anda tidak perlu khawatir lupa membawa bekal, para pedagang akan dengan senang hati menawarkan kartu makanannya kepada Anda. Selain itu, ada juga beberapa kios yang menawarkan berbagai oleh-oleh dan oleh-oleh khas daerah, seperti terasi, ikan asin, produk seafood lainnya, kerajinan tangan dan mainan.

Agar pengunjung lebih betah berlama-lama di pantai, pengelola juga menyediakan area bermain anak, gazebo untuk berteduh dan berkumpul, toilet yang bersih dan ruang flushing, juga terdapat mushola untuk tempat ibadah umat Islam. Tak hanya itu, pengelola juga menambahkan mainan seperti perosotan dan ayunan untuk menarik pengunjung.

Bagi pengunjung yang ingin menginap untuk menikmati malam di Pantai Ujungnegoro atau yang lelah menempuh perjalanan jauh, terdapat banyak penginapan di sekitar pantai. Akomodasi murah hingga hotel berbintang juga tersedia, jadi Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki tempat untuk bermalam. Harga yang ditawarkan masih terjangkau dan ramah kantong.

Demikian informasi mengenai Pantai Ujungnegoro Batang yang perlu anda ketahui. Memiliki potensi yang besar, pantai yang berbatasan dengan wisata religi ini dikelola sedemikian rupa dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menarik wisatawan. Jika Anda berkunjung ke Batang, jangan lupa untuk memasukkan pantai ini ke dalam daftar tempat wisata alam yang harus dikunjungi. Selamat berlibur!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button