Tiket dan Atraksi HUTAN KOTA SRENGSENG - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi HUTAN KOTA SRENGSENG

Tiket dan Atraksi HUTAN KOTA SRENGSENG

Harga tiket masuk Hutan Kota Srengseng: Rp 2.000. Jam buka: 07:00 – 17:00. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Jl. H. Kelik, RT.8/RW.6, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia, 11630.

Saat berada di Jakarta, nongkrong di mall adalah hal yang lumrah. Tapi jangan salah, Jakarta juga memiliki hutan yang indah sebagai tempat nongkrong seperti ini Hutan Kota Srengseng. Hutan ini merupakan ruang terbuka hijau yang terletak di Srengseng, Jakarta Barat.

Ini mencakup area seluas lebih dari 15 hektar dan berisi lebih dari 10.000 pohon. Suasana yang sejuk sangat cocok untuk menyegarkan jiwa dan raga. Jika Anda membutuhkan pelarian cepat dari hiruk pikuk kota, cobalah mengunjungi kota hutan yang tenang di Srengseng.

Tiket Masuk Hutan Kota Srengseng

Piknik di kawasan hutan ini terdapat tiket masuk bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Namun, tidak perlu khawatir karena harga tiketnya sangat terjangkau. Tiket ini belum termasuk biaya parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi. Tarif berbeda tergantung jenis kendaraan.

Tiket masuk
Biaya masuk Rp 2.000

Baca: Tiket Masuk KOTA TUA Jakarta dan Kegiatan Wisata

Jam buka

Hutan Kota Srengseng buka setiap hari. Pengunjung bisa datang dari pagi hingga sore hari. Periode tersibuk adalah sore dan akhir pekan. Saat itu hutan kota sering dijadikan sebagai tempat olahraga bagi masyarakat Srengseng dan sekitarnya.

Jam operasional
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng alias HKS merupakan kawasan hutan yang terletak di Kembangan, Jakarta Barat. Menempati area seluas 15,3 hektar dan berbatasan langsung dengan Sungai Pesanggrahan. Sebelum menjadi hutan kota, kawasan ini merupakan hutan lindung. Selain itu, juga berfungsi sebagai daerah resapan air yang penting.

Ada lebih dari 10.000 tanaman dan pohon yang tumbuh di sini. Hutan ini bahkan memiliki danau buatan yang besar. Saat ini, penduduk dan wisatawan terbuka untuk mengunjunginya sebagai tujuan rekreasi. Hutan Kota Srengseng seakan menghirup udara segar di tengah hiruk pikuk sebagian Jakarta.

Baca: Wisata HUTAN KOTA GBK Asri Urban People

Lahan Pembuangan Sampah

Hutan Kota Srengseng memiliki sejarah penting. Sebelum menjadi seperti sekarang ini, tanah tersebut merupakan tempat pembuangan sampah. Banyak warga sekitar yang mengeluhkan penggunaan lahan tersebut.

Selain baunya yang mengganggu, tempat tersebut juga menjadi ancaman bagi kesehatan lingkungan sekitar. Setelah itu, pemerintah setempat memutuskan untuk menjadikannya sebagai daerah tangkapan air dan materi genetik. Selain itu, pemerintah merencanakannya sebagai tempat wisata dan aktivitas masyarakat.

Diputuskan pada tahun 1994 dan dilanjutkan dengan konstruksi progresif. Metode penimbunan yang digunakan adalah metode sanitary landfill. Semua sampah ditumpuk dan dipadatkan dalam cekungan tanah yang sudah disiapkan. Tumpukan tersebut kemudian ditutup dengan lapisan tanah baru. Lahan ini sekarang menjadi tempat tumbuhnya Hutan Srengseng.

Baca Juga: 33 Tempat Wisata Terbaik di Jakarta

paru-paru kota

Suasana sejuk dan asriHutan Kota Srengseng bantu serap karbondioksida di wilayah Jakarta Barat sekaligus berikan udara bersih – Foto: Google Maps/Arief Demiawansyah

Dengan perubahan fungsi tersebut, tanah yang semula bermasalah menjadi pelayanan publik yang bermanfaat. Tercatat setidaknya ada lebih dari 10.000 pohon yang tumbuh di lahan tersebut. Jenisnya bermacam-macam, mulai dari tanaman hias hingga tanaman keras. Pohon seperti beringin, mahoni dan lamtoro banyak dijumpai di sini.

Adanya zona vegetasi seluas hutan kota Srengseng berdampak positif. Hutan ini merupakan daerah resapan air yang berguna untuk mencegah banjir. Vegetasi juga membantu menyerap ratusan ton karbon dioksida. Dengan demikian, hutan-hutan ini membantu meningkatkan kualitas udara di daerah padat penduduk.

Baca juga 5 aktivitas menarik di SUROPATI PARK

Waktu luang keluarga

Berlatih memanah di kawasan hutanSiapa sangka TPA lama kini menjadi destinasi wisata yang mendukung kegiatan rekreasi hingga olahraga – Foto: Google Maps/- indra hidayata

Banyak penduduk setempat dan wisatawan menggunakan Hutan Kota Srengseng sebagai tujuan rekreasi. Manajemen berupaya mendukung kegiatan tersebut dengan menyediakan berbagai fasilitas umum. Beberapa di antaranya adalah taman bermain anak dan jalan setapak.

Tak heran jika tempat ini menjadi magnet rekreasi keluarga. Jalur jalan kaki juga bisa dijadikan jogging track bagi yang ingin berolahraga. Jalur ini akan mengantarkan pengunjung melewati kawasan hutan. Suasananya rindang, dan pepohonan yang rindang membuat olahraga semakin nyaman. Selain itu, terdapat area pendakian yang berguna bagi individu atau komunitas.

Baca Juga: 7 Wisata Taman Terbaik di Jakarta

Selain itu, terdapat danau buatan yang menjadi salah satu daya tarik hutan kota ini. Meski airnya tidak sejernih danau wisata, namun banyak pemancing yang mengunjunginya. Pengunjung diperbolehkan menangkap lele ikan nila di danau ini. Hasilnya bisa dibawa pulang tanpa membayar sepeser pun.

Baca Juga: TAMAN TABEBUYA 5 Tempat Wisata di Kota Rata-Rata

Pendidikan Flora Fauna

Papan nama kayu mahoniHutan ini merupakan rumah bagi berbagai jenis hewan seperti burung, ular, kadal dan serangga. Demikian juga berbagai varietas tanaman, yang mencakup lebih dari 65 spesies – Foto: Google Maps/- Aditya Diveranta

Saat ini Hutan Kota Srengseng juga menjadi kawasan konservasi dan penelitian. Berbagai jenis flora yang tumbuh di sini menjadi wadah materi genetik. Untuk mengedukasi pengunjung, ada papan nama tanaman.

Dengan berbagai jenis tumbuhan menjadi habitat berbagai jenis fauna. Sebut saja berbagai jenis burung kecil dan biawak yang banyak ditemukan di sini. Ekosistem hutan lebih lengkap dengan ular yang tidak berbahaya. Ditambah lagi dengan kehadiran sejumlah besar serangga.

Keanekaragaman flora dan fauna nampaknya menjadi daya tarik utama tempat ini. Hutan ini sering menjadi tujuan kegiatan edukasi seperti study tour. Pengelola bahkan menyediakan berbagai bibit tanaman yang bisa ditanam sendiri oleh pengunjung. Dengan cara ini, pengunjung tidak hanya menikmati fasilitas, tetapi juga memastikan kelestariannya.

Sarana Kehutanan Kota Srengseng

Hutan kota ini memiliki pos jaga dan tempat parkir. Jika ingin ke kamar mandi, pengunjung bisa menuju gedung pengelola hutan. Ada juga musala dan pusat informasi di sini. Kios dan penjual makanan bertebaran mulai dari luar gerbang hingga area alun-alun. Sarana rekreasi terdiri dari jalur joging, taman bermaindanau, fasilitas pendakian dan amfiteater.

Lokasi Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng terletak di Jalan H. Kelik, Kelurahan Srengseng, Kecamatan Kembangan, Kota Jakarta Barat. Pilihan kendaraan yang dapat digunakan adalah kendaraan pribadi dan angkutan umum. Butuh usaha lebih jika menggunakan transportasi umum karena pengunjung harus berjalan kaki dari halte bus terdekat. Cara paling nyaman adalah menggunakan transportasi online ke pintu depan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button