Tiket dan Aktivitas Yogya Kidul Square - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas Yogya Kidul Square

Tiket dan Aktivitas Yogya Kidul Square

Harga Tiket Masuk Alun-alun Kidul Yogyakarta: Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Jl. Kidul Alun-Alun, Patehan, Kraton, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55133.

Alun-alun Selatan Yogyakarta merupakan salah satu wisata yang menawarkan pesona Jogja di malam hari. Alun – Alun Kidul atau lebih dikenal dengan sebutan Alkyd terletak tepat di belakang Keraton Yogyakarta. Tempat ini dulunya adalah tempat pelipur lara. Tempat yang diyakini sebagai tempat peristirahatan para dewa ini kini semakin diminati para wisatawan.

Selain gratis, banyak hiburan yang ditawarkan. Pengunjung datang dari berbagai latar belakang, mulai dari pelajar, warga sekitar hingga wisatawan. Di sini, pengunjung bisa menikmati aneka kuliner khas Yogyakarta, menyewa kereta kuda hias, dan mencari foto.

Baca: Tiket Masuk Kastil LOST WORLD dan 5 Spot Foto Keren

Tiket Masuk Gratis Alun-alun Kidul Yogyakarta Buka 24 JAM

Alcide menjelang malamAlkid di malam hari. foto: instagram/wajahalun2kiduljogja

Untuk sampai ke Alkid, ikuti saja nol mil ke selatan melalui Jalan Wijilan. Alun-alun ini pernah menjadi ajang uji ketangkasan prajurit keraton. Namun kini telah berubah fungsinya menjadi ruang publik bagi masyarakat umum.

Sementara itu, belum ada penanda untuk tiket masuk dan jam buka. Semua orang bisa datang ke sini secara gratis dan kapan saja. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore hari. Karena suasana yang berbeda akan muncul di alkyd menjelang sore hari. Pedagang tampaknya menyimpan barang dagangan mereka.

Tidak salah jika taman ini menjadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan yang berlibur di Yogyakarta. Meski gratis, berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa:

Baca: Tiket Masuk TAMAN SARI Yogyakarta dan 6 Spot Utama

Kegiatan Wisata di Alun-alun Selatan Yogyakarta

Semakin banyaknya pengunjung Alkid membuat para pedagang semakin kreatif dalam menampilkan berbagai jenis barang. Pengunjung akan berlama-lama bermalam di Alkid. Lentera animasi dan berbagai jenis hiburan membuat mata Anda tetap terjaga. Berikut beberapa aktivitas seru yang sayang untuk dilewatkan:

Baca: TEMPAT WISATA DI JOGJA: 49 Destinasi Anti Mainstream

1. Instal

Ritual beringin kembar masangin di alun-alun selatan YogyakartaRitual Masangin si kembar beringin di Alkid Yogyakarta. foto: instagram/mukaalun2kiduljogja

Masangin adalah salah satu mitos terkenal dari Alkid Yogyakarta. Dua pohon beringin besar yang berada di tengah alkid merupakan tempat dilakukannya ritual masangin. Masangin sendiri merupakan ritual berjalan di antara dua pohon beringin dengan mata tertutup. Konon, hanya mereka yang berhati suci yang bisa melewati pohon beringin kembar Alkid.

Mitos ini menarik pengunjung yang ingin membuktikan kebenarannya. Terlepas dari mitosnya, kegiatan ini mendatangkan rezeki bagi para pedagang di sekitar Alkid. Jika tidak membawa penutup mata, tersedia jasa sewa penutup mata seharga Rp 5.000.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Unik HEHA SKY VIEW

2. Injak pelampung

Kereta Hias Alun-alun Selatan YogyakartaTransportasi hias di Alkid Yogyakarta. foto: Instagram/kereta hias di Alkid Yogyakarta

Untuk berkeliling Alkid, pengunjung tidak perlu khawatir dengan berjalan kaki. Di sini tersedia persewaan sepeda tandem, becak mini, dan mobil mini. Semua kendaraan memiliki lampu hias dengan corak berbeda. Kerlap-kerlip lampu hias menambah semarak malam di Alkid Yogyakarta.

Pengunjung sering mengabadikan momen ini dengan mengelilingi alun-alun dengan kendaraan hias. Tentunya, berikut ini adalah jasa fotografer yang siap memotret dengan jepretan terbaik. Untuk merasakan keseruan berkeliling Alkid dengan kereta kuda hias, yang perlu Anda siapkan antara Rp 20.000 hingga Rp 60.000.

Baca: Tiket Masuk Candi PRAMBANAN dan 8 Kegiatan Utama

3. Wisata Kuliner Malam

Angkringan dan lesehan di sekitar Alun-alun Kidul YogyakartaAngkringan dan lesehan di sekitar Alkid Yogyakarta. foto: Instagram/wajahalun2kiduljogja

Lelah berkeliling alun-alun, pengunjung bisa rehat sejenak untuk mencicipi kuliner warung angkringan atau lesehan. Semuanya tersedia, dari makanan ringan hingga berat. Jajanan aneka rasa dan makanan khas Yogyakarta disajikan di warung sekitar Alkid. Kuliner yang sering menjadi incaran adalah Wedang Ronde dan Bajigur.

4. Pertunjukan khusus

Gedung pertunjukan wayang di Alkid YogyakartaGedung pertunjukan wayang di Alkid Yogyakarta. foto: Instagram/mukaalun2kiduljogja

Selama minggu kedua Sabtu, pengunjung akan dihibur dengan pertunjukan wayang. Pertunjukan yang berlangsung di Sasono Hinggil Dwi Abad ini berlangsung semalaman. Beberapa waktu sebelum upacara grebeg pengunjung dapat menghadiri latihan upacara grebeg. Saksikan langsung latihan prajurit keraton di Alun-alun Kidul.

5. Kandang Gajah dan Cilok Gajahan

Cilok Gajahan viral di Alkid YogyakartaCilok Gajahan viral di Alkid Yogyakarta. foto:/googlemaps/adhiesathya

Gajah istana yang menghuni kandang ini sudah pindah ke Kebun Binatang Gembira Loka. Gajah-gajah ini dulunya menjadi hiburan bagi anak-anak yang mengunjungi ALkid. Gajah ini juga merupakan simbol kebijaksanaan di Keraton Yogyakarta.

Kandang gajah kini menyisakan kenangan tersendiri bagi pengunjung yang pernah bermain dengan gajah keraton. Sekarang kandang gajah ini dikenal dengan nama daerah Gajahan. Di sini pengunjung akan menemukan Cilok Gajahan yang sedang viral. Untuk menikmati cilok Gajahan, Anda harus bersabar dalam antrean.

Cilok yang terkenal dengan harga murah dan enak menjadi daya tarik tersendiri. Banyak yang datang dari berbagai daerah pagi-pagi sekali untuk mengantri. Jangan heran jika sudah terjadi antrian panjang di kawasan Gajahan sebelum para pedagang datang.

Baca: Tiket Masuk ICE CREAM WORLD Jogja dan 6 Spot Foto Unik

Fasilitas di sekitar Alkid Yogyakarta

Alun-alun Kidul sudah menawarkan fasilitas yang cukup lengkap. Misalnya toilet umum, halte bus, tempat parkir dan fasilitas umum lainnya. Kemudian di sekitar Alkid akomodasi tersedia dari kelas ekonomi hingga bisnis.

Lokasi Alun-alun Selatan Yogyakarta

Lokasi taman wisata ini berada di Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button