Taman Palalangon, tempat wisata keluarga dengan nuansa alam di Bandung - WisataHits
wisatahits

Taman Palalangon, tempat wisata keluarga dengan nuansa alam di Bandung

Harga tiket: Rp25.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Gambung, Cibodas, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Bandung telah membuktikan diri sebagai kota yang kaya akan destinasi wisata, termasuk Taman Palalangon. Lokasinya berada di Ciwidey, selatan Bandung dengan pesona alam yang masih segar dan jauh dari lokasi industri. Tak heran jika banyak wisatawan manca negara dan manca negara menyempatkan diri berkunjung ke sini saat datang untuk berlibur.

Pemandangan alam yang indah tak lepas dari lokasinya yang strategis, yakni perbukitan. Dengan konsep modern dan banyak tempat wisata, sebaiknya Anda pergi ke tempat yang selalu dekat dengan objek wisata Bukit Barusen ini. Apa saja daya tarik tempat wisata di kecamatan pasirjambu? Mari kita bahas semuanya di bab berikutnya.

Atraksi Taman Palalangon

Atraksi Taman PalalangonKredit gambar: Google Maps Taman Palalangon

Berbicara tentang daya tarik Taman Palalangon tentu tidak ada habisnya. Pasalnya, banyak hal yang perlu dibahas, mulai dari konsep bangunan, wahana yang tersedia, hingga pemandangan alam yang indah dilihat dari berbagai sudut.

1. Jalan-jalan di air terjun

Sebagai tempat wisata dengan panorama alam, tidak lengkap rasanya jika tidak ada wahana Waterboom. Anda bisa berenang sepuasnya bersama rombongan sambil menikmati suasana sejuk dan alami pegunungan. Anak-anak dan orang dewasa dipisahkan, tergantung pada kedalaman kolam.

Meski tidak sebesar tempat wisata lainnya, Anda bisa menikmati seluncuran air, cipratan air yang jatuh dari atas dan hal-hal menarik lainnya yang berkaitan dengan aktivitas kolam renang.

2. Pesona Alam

Liburan yang bagus yang bisa menyegarkan pikiran dari penat akibat aktivitas sehari-hari. Taman Palalangon adalah salah satunya yang bisa Anda lakukan untuk tujuan ini. Pesona alam yang indah dikelilingi persawahan bisa membuat Anda melupakan kerasnya hidup, meski hanya sesaat.

Selain persawahan, Anda bisa menikmati pemandangan pegunungan dan perkebunan penduduk setempat dengan hiasan bunga yang indah. Pastinya Anda ingin bersantai sambil menikmati alam bukan? Silakan gunakan gazebo yang tersedia di sana secara gratis. Anda juga dapat memesan makanan dan minuman jika diperlukan.

3. Berbagai spot foto

Atraksi PalalangonKredit Gambar: Ringkasan Google Maps 6626

Berlibur jika tidak membawa oleh-oleh bisa dianggap sia-sia. Banyaknya spot foto yang tersedia di Palalangon Park tidak pernah membuat Anda bosan untuk berswafoto atau selfie. Misalkan Anda mengambil foto dari atas dengan pemandangan di bawah. Hasilnya pasti menarik dan menakjubkan jika Anda bisa mengambil angle yang tepat.

Selain itu, ada juga bangunan yang mirip dengan kesultanan atau kerajaan Sunda dengan konsep modern. Tidak besar, tapi bisa muat di bingkai kamera. Buat kamu yang suka bunga, ada juga spot foto berupa tempat duduk dengan hiasan bunga di atasnya berbentuk melingkar.

4. Vila dan akomodasi

Meski bukan yang utama dan termasuk dalam salah satu fasilitas, namun vila juga menjadi daya tarik tempat wisata Jawa Barat ini. Apalagi jika konsep bangunan dan nama penginapannya diambil dari nama wayang, tentu terkesan unik.

Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Untuk yang lebih murah, biasanya tempat menginap dengan kamar. Berbeda dengan kelas villa yang harganya hanya bisa dijangkau oleh kalangan menengah ke atas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman PalalangonKredit gambar: Instagram Aliya312009

Pastikan untuk datang ke Jalan Gambung, Dusun Cisondari, Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat jika Anda tertarik dan ingin mengunjungi objek wisata Taman Palalangon.

Rute untuk lokasi dapat bervariasi tergantung dari mana Anda berasal. Kita ambil jalan umum saja, misalnya mulai dari Tol Soreang. Dari jalan tol, menuju Jalan Raya Ciwidey hingga kawasan Situ Patenggang. Lokasinya dekat dari situ, tinggal cari tandanya atau tanya ke warga sekitar.

Lain lagi jika anda start dari terminal Leuwi Panjang, maka anda harus menempuh jarak sekitar 30 km. Jalannya bagus dan lalu lintasnya lancar, jadi Anda bisa sampai ke lokasi hanya dalam waktu 30 menit atau kurang.

Harga tiket masuk objek wisata

Taman PalalangonKredit gambar: Tatang Rahmat

Ada perbedaan harga masuk tergantung pada hari dan kategori usia. Dari Senin hingga Jumat, harga tiketnya adalah 25.000 rupee. Sedangkan untuk weekend atau hari libur nasional yaitu Sabtu dan Minggu harganya agak mahal, yakni 30.000 per orang. Beda lagi dengan anak-anak yang hanya membayar tiket masuk 10.000 rupiah. Dengan harga tersebut Anda bisa menikmati wahana Waterboom dan spot foto gratis.

Selain perjalanan di atas, Anda dikenakan tarif terpisah. Sebut saja water duck point dengan tiket masuk Rp 15.000, boom boom mobil Rp 20.000, atau kalau mau naik kereta mini juga akan dikenakan biaya Rp 10.000. Masih sangat murah dibandingkan dengan rasa dan tingkat kepuasan yang dicapai.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Taman Palalangon

Aktivitas di Taman PalalangonKredit Gambar: Google Maps robbi saat ini

Hal terpenting saat berlibur di objek wisata yang menarik adalah melakukan aktivitas sesuai dengan apa yang ada. Taman Palalangon sendiri menawarkan banyak aktivitas seru baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

1. Selfie dengan lokasi yang unik

Bukan hanya pemandangan alam yang indah saja yang bisa kamu jadikan sebagai spot foto untuk dijadikan profil atau postingan di media sosial. Banyak juga spot untuk selfie dan foto bersama yang cukup unik. Contohnya adalah Titanic, tentu saja ini bukan kapal yang sebenarnya! Hanya tiruan yang jauh dari kata serupa, namun tetap cocok sebagai background foto tanpa harus melakukan proses editing.

Anda dapat mengambil bidikan depan seperti biasanya. Namun, kami sarankan untuk melihat dari bawah, karena ada hiasan air terjun untuk melengkapi. Meski hanya sebuah lukisan, namun hasilnya tak kalah menarik dari aslinya.

2. Berenang di Waterboom

Aktivitas menarik lainnya adalah berenang di Waterboom yang menjadi salah satu daya tarik objek wisata Taman Palalangon. Ukurannya memang agak kecil, tapi game di dalamnya cukup lengkap. Ada seluncuran air dengan trek berkelok-kelok yang bisa memacu adrenalin Anda, ada juga ember raksasa yang siap digulingkan saat air sudah penuh.

Wahana ini cocok untuk anak-anak dan orang tua yang ingin menghabiskan liburan bersama mereka. Dua kolam renang yang tidak terlalu dalam menjadi salah satu penyebabnya. Meski begitu, kamu tetap perlu mewaspadai anak di bawah umur agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Ikuti tur bebek

Aktivitas menarik di Taman PalalangonKredit gambar: Google Maps Ceplin Murabati

Selain Waterboom, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru dengan merunduk di sekitar danau. Tarifnya sudah kami sebutkan di bab harga tiket masuk di atas, yaitu 15.000 rupiah. Dengan harga yang murah ini, Anda bisa berkeliling danau dengan mengayuh bebek sekaligus mengayuh sepeda.

Selain menyehatkan, Anda juga bisa menikmati suasana alami danau dengan pepohonan rindang yang menyentuh permukaan air. Manfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya, karena ada batas waktu maksimum untuk membayar satu tarif. Biasanya petugas memanggil sesuai nomor bebek bila waktunya sudah habis.

4. Permainan untuk anak-anak

Jika Anda membawa rombongan keluarga dengan anak di bawah umur, silakan ajak mereka untuk melakukan aktivitas seru di area bermain anak. Ada tempat khusus yang bisa digunakan dengan permainan yang cukup lengkap. Beberapa andalannya adalah mobil mini, becak mini, dan sepeda roda dua dan tiga.

Jangan khawatir tentang keselamatan mereka, karena areanya di atas rumput, jadi aman dan ramah anak. Tapi ada baiknya jika Anda selalu menemani mereka bercanda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di PalanginKredit gambar: Google Maps Taman Palalangon

Dari segi fasilitas yang tidak kalah dengan tempat wisata lainnya, di lokasi utama Taman Palalangon Anda berhak mendapatkan tempat parkir yang aman. Terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai sambil melihat anak-anak bermain. Selain itu, tersedia juga restoran atau warung untuk mengisi perut yang lapar dengan menu yang bervariasi.

Fasilitas wajib yang tersedia adalah mushola dan toilet. Jika Anda ingin bermalam, villa atau resort siap menampung Anda dan rombongan. Beberapa lokasi atau sudut pandang menawarkan fasilitas Wi-Fi gratis, silakan tanyakan kepada agen untuk informasi lebih detail.

Kekayaan alam Indonesia tidak hanya berasal dari produksi alam, tetapi juga dari banyaknya tempat wisata yang menjadi buktinya. Lokasi wisata Taman Palalangon hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak objek wisata yang patut kita banggakan. Oleh karena itu, teruslah melestarikan dan selalu mencintai alam di sekitar Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button