Tiket dan Aktivitas Taman Nasional Gunung Gede Pangrango - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Harga: Rp 17.500 – Rp.

Indonesia memiliki banyak gunung, gunung berapi aktif dan mati. Bagi para pendaki tentunya sudah mengenal pegunungan di Indonesia. Tanpa pengecualian Gunung Gede Pangrango.

Gunung ini masih termasuk dalam lingkar Taman Nasional Pangrango. Yang menjadi salah satu taman nasional Indonesia sejak tahun 1980. Sejauh ini, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP)masih menjadi favorit para pendaki.

Harga tiket masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Harga tiket masuk ke TNGGP sangat murah. Padahal, ada objek wisata lain yang bisa dikunjungi.

Harga tiket masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Tiket Masuk Pelajar Panjat Tebing Hari Kerja Rp17.500
Tiket Masuk Student Weekend Hike Rp20.500
Tiket masuk untuk orang asing (weekdays) Rp 320.000
Tiket masuk untuk orang asing (hari libur) 470.000 rupiah
Tiket masuk WNI (hari kerja) 29.000 rupiah
Tiket masuk untuk warga negara Indonesia (hari libur) 34.000 rupiah

Baca: Tiket Masuk Mandalawangi Cibodas dan 5 Wisata Alamnya

Informasi penting sebelum mengunjungi TNGGP:

  • Harga tiket sudah termasuk asuransi pendakian 2 hari 1 malam.
  • Untuk pemesanan tiket secara online bisa melalui website resmi booking.gedalamgrango.org
  • Kegiatan wisata alam, camping, dan pendakian kembali dilanjutkan.
  • Wisatawan wajib mematuhi protokol kesehatan dan menunjukkan bukti vaksin minimal dosis pertama melalui Peduli Protect.

Jam Buka Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Untuk bisa masuk ke objek wisata TNGGP tidak ada batasan waktu. Biasanya pendaki akan berangkat pada malam hari atau pada sore hari. Hal ini dilakukan agar bisa mencapai puncak saat matahari terbit.

Kunjungan ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede PangrangoTaman Nasional Gunung Gede Pangrango. Foto: Gmap/Abhi Supryandi

Gunung Gede Pangrango adalah sebuah gunung di Jawa Barat. Ukuran gunung ini mencakup hingga tiga wilayah. Yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi.

Selama ini, ketinggian Gunung Gede mencapai 1000-3000 meter di atas permukaan laut. Dan masih termasuk dalam Taman Nasional Pangrango. Selain itu, memasuki kawasan wisata dapat dilakukan melalui beberapa tempat, antara lain Mandalawangi dan Cibodas.

Berada di daerah pegunungan, udara segar dan dingin siap menemani Anda. Suhu rata-rata pada siang hari adalah 18 derajat, sedangkan pada malam hari adalah 5 derajat. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di objek wisata ini.

Baca: Tiket Masuk Situs Gunung Padang Cianjur dan 5 Tempat Wisata

1. Nikmati keindahan Danau Biru

Danau Biru di Gunung GedeTelaga Biru, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Foto: Google Maps/Edwin Djaja

Mendaki gunung ini bisa dilakukan kapan saja. Jika ingin mengejar matahari terbit, Anda bisa mendaki pada sore atau malam hari. Namun, jika ingin berkemah, Anda bisa memulai pendakian di pagi hari.

Selama perjalanan, pengunjung akan dihibur dengan keindahan alam dan pemandangan hutan tropis. Ditambah dengan keberadaan Danau Biru. Merupakan danau kecil dengan luas 5 hektar di ketinggian 1.575 meter di atas permukaan laut.

Saat matahari terbenam, warna air danau akan menjadi biru muda. Warna biru ini berasal dari kandungan ganggang biru di danau. Sehingga membuatnya sangat menawan.

2. Air terjun Cibeureum dengan lumut merah yang khas

Air Terjun CibeureumAir Terjun Cibeureum. Foto: Gmap/Syibli Abu Rasyid

Terletak sekitar 2,8 km dari gerbang jalan Cibodas terdapat air terjun Cibeureum. Air terjun setinggi 50 meter ini memiliki air yang jernih dan dingin. Pengunjung juga bisa berenang, mandi atau sekedar bermain di bawah air terjun.

Kesejukan air terjun bisa menghilangkan kepenatan selama perjalanan panjang. Dan tentunya berfoto adalah pilihan yang tepat sambil bersantai di bawah air terjun.

Apalagi, keunikan air terjun Cibeureum adalah sejenis lumut merah. Lumut ini hanya tumbuh di sekitar air terjun. Itulah mengapa lumut merah ini istimewa, karena merupakan tumbuhan endemik di sini.

3. Tak kenal lelah dengan air panas Gunung Gede Pangrango

Sumber airPemandian air panas Gunung Gede Pangrango. Foto: Gmap/Aditya Nugroho

Selain air terjun Cibeureum, ada juga sumber air panas alami. Lokasi air panas ini berjarak sekitar 5,3 km dari pintu masuk jalan Cibodas. Jika ditempuh dengan berjalan kaki, akan memakan waktu 2 jam.

Air panas ini berasal dari mata air alami. Lokasinya tepat di tengah jalur pendakian. Inilah sebabnya mengapa tali disediakan untuk dipegang oleh pendaki.

Karena berada di tengah gang, sebaiknya jangan berenang lama-lama di sini. Jika ingin menikmatinya, pengunjung bisa membasuh muka atau sekedar membasuh kaki dan tangan.

4. Berkemah di kandang batu dan kandang badak

berkemah di gunung besarBerkemah di TNGGP bisa dilakukan di beberapa tempat. Foto: Google Maps/Mahard Sam

Jika Anda ingin berkemah, ada juga tempat untuk mendirikan tenda yang disebut Sangkar Batu dan Sangkar Badak. Selain berkemah, tempat ini juga menjadi tempat pengamatan fauna dan flora. Berada di ketinggian 2.220 meter di atas permukaan laut, lokasinya berjarak 7,8 km. Jika berjalan kaki, bisa memakan waktu hingga 3,5 jam.

5. Keindahan Panorama di Kawah Gunung Gede Pangrango

Di puncak Gunung Gede terdapat panorama yang sangat indah. Matahari terbit dan terbenam sangat indah dilihat dari sini. Ditambah dengan pemandangan kota Cianjur, Bogor dan Sukabumi yang terlihat jelas.

Selain itu, di puncak ini terdapat 3 buah kawah Gunung Gede. Diantaranya Kawah Lanang, Kawah Ratu dan Kawah Wadon. Semuanya berada di ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut dan berjarak 9,7 km dari Cibodas.

Baca: Tiket Masuk Wisata Panorama Pabangbon dan 5 Spot Foto Menakjubkan

6. Alun-alun Suryakencana yang misterius

Pada ketinggian 2.750 mdpl terdapat lapangan yang disebut Alun-Alun Suryakencana. Dataran yang memiliki luas minimal 50 hektar ini ditumbuhi hamparan bunga Edelweiss yang indah.

Namun keindahan ini begitu misterius karena menurut kesaksian, ada suara misterius yang terkadang terdengar. Itu adalah suara misterius dalam bentuk kuku kuda yang sedang berlari.

Lokasi dan Kontak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Tempat wisata ini terletak di Jalan Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi nomor telepon di (0263) 519415 atau melalui email di [email protected].

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button