Tiket dan Aktivitas Talaga Bodas Garut - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas Talaga Bodas Garut

Harga Tiket Masuk Talaga Bodas Garut : Rp 5.000 – Rp 7.500

Talaga Bodas Garut merupakan objek wisata gunung berupa danau yang terbentuk di kawah gunung. nama keluarga Boda digunakan karena air danau berdiameter 2 km ini tampak berwarna putih. Memang kandungan air danau yang terbentuk dari kawah ini mengandung belerang.

Kawah Talaga Bodas terletak di lereng Gunung Galunggung pada ketinggian 1512 meter di atas permukaan laut. Area seluas 23,85 ha ini berbatasan langsung dengan hutan hijau dan pegunungan yang asri. Airnya banyak dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai sumber air panas dan untuk pengobatan.

Harga tiket masuk Talaga Bodas Garut

Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini akan dikenakan biaya tiket. Harga masuk yang ditawarkan masih terjangkau. Cukup membayar beberapa ribu saja sudah memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan tempat wisata ini.

Harga tiket masuk Talaga Bodas Garut
Tiket hari kerja Rp 5.000
Tiket liburan Rp 7.500
Tiket kendaraan
Tiket parkir R2 di hari kerja Rp 5.000
Tiket parkir akhir pekan R2 Rp 7.500
Tiket parkir R4 di hari kerja Rp 10.000
Tiket parkir akhir pekan R4 Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Darajat Pass Garut

Jam Buka Talaga Bodas Garut

Wisatawan dapat mengunjungi tempat wisata ini setiap hari. Kawasan wisata tepi danau ini buka dari pagi hingga sore hari.

Jam operasional
Jam buka 06.00 – 17.45

Aktivitas dan atraksi wisata

Pemandangan Danau Bodas Garut dari ketinggianPemandangan Danau Bodas Garut dari ketinggian.
Foto: Instagram/riki_rikarya

Talaga Bodas Garut merupakan salah satu kawah Gunung Galunggung yang meletus ratusan tahun lalu. Suhu kawasan wisata kawah di sisi utara gunung ini cukup dingin. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah pada siang hari untuk menikmati jutaan pesona kawahnya.

Kawah ini memanjang dengan pemandangan perbukitan di sekitarnya. Banyak kegiatan wisata yang dapat dilakukan oleh wisatawan di kawasan wisata ini. Seperti trekking dan hiking, berkeliling kawah, mandi di kolam air panas dan selfie.

Trekking dan Hiking

Sebelum sampai di tempat wisata, wisatawan akan disambut dengan pemandangan alam yang sangat menawan. Medannya berbukit, dengan derajat kemiringan yang tinggi dan cenderung terjal. Kondisi ini dimanfaatkan warga dengan menanami kebun sayur, seperti kubis dan tomat.

Hiking dan trekking diHiking dan trekking di Talaga Bodas Garut. Foto: Instagram/ahdi_h369

Kendaraan wisata hanya bisa mengakses area parkir Kawah Talaga Bodas. Selain itu, perjalanan bisa dilakukan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km atau menyewa sepeda motor. Namun pemandangan alam yang indah dengan hutan lebat akan membuat wisatawan semakin nyaman berjalan kaki.

Selama trekking dan hiking ringan, wisatawan disuguhi panorama perbukitan yang mengelilingi kawasan wisata. Suasananya sejuk dan segar, khas alam pegunungan. Begitu sampai di kawah, segala penat terbayar dengan pesona keindahannya.

Jelajahi keindahan Talaga Bodas

Air kawah berwarna putih karena kandungan belerangAir di kawah ini berwarna putih karena kandungan belerangnya.
Foto: Instagram/imaz_azgar

Sesampainya di lokasi wisata, wisatawan akan disuguhkan pemandangan danau berwarna putih kehijauan. Danau ini berisi air dengan kandungan belerang alami. Kawah gunung ini masih aktif, tetapi tidak memiliki dampak vulkanik yang berbahaya.

Kawah Talaga Bodas berada di sebuah lembah yang dikelilingi oleh dinding bukit. Air danau tidak boleh digunakan untuk minum atau berenang karena kandungan belerangnya yang tinggi.

Mandi di pemandian air panas

Kolam Air Panas Telaga Bodas GarutKolam air panas di Telaga Bodas Garut.
Foto: Instagram/lukman_euy

Di kanan bawah objek wisata ini terdapat tiga kolam air panas alami. Tersedia dua kolam renang untuk anak-anak dan satu untuk dewasa. Suhu air di kolam pendayung ini relatif hangat, sehingga cukup nyaman bagi wisatawan.

Kolam air panas alami ini terletak di sebelah kawah Talaga Bodas. Wisatawan dapat berenang di kolam renang secara gratis untuk bersantai. Berendam di kolam air panas ini membuat tubuh terasa segar kembali.

Danau dengan latar perbukitan

Telaga Bodas Garut terlihat seperti pantai dengan ombak dan bebatuan putihTelaga Bodas Garut terlihat seperti pantai yang luas dengan ombak dan bebatuan putih.
Foto: Instagram/nendi85

Setiap wisatawan akan dibuat takjub dengan pemandangan di kawah di sini. Tempat wisata ini sangat Instagenic Apalagi bagi para traveler milenial, setiap sudutnya memiliki pesona yang membuat wisatawan ingin mengabadikan momen liburan.

Kawah putihnya terlihat seperti danau lebar seperti pantai sejauh mata memandang. Airnya mengalir tenang, daratannya seperti pasir pantai dengan bebatuan putih. Warna airnya putih kehijauan dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan yang hijau, yang menjadikannya unik.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan Words of Nature Garut

Wisatawan bisa berkeliling kawah untuk menikmati keindahan Kawah Talaga Bodas. Pemandangan tersebut didukung oleh hamparan perbukitan berpohon pinus di sekitar danau. Panorama megah ini banyak dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berfoto bersama teman dan keluarga.

Meredakan

Di ujung jalan kawah, terdapat beberapa gubuk dan toilet. Tempat parkir dikelola dan diatur dengan baik. Mushola dan deretan toko kuliner juga melengkapi fasilitas ruang ini.

Penataan juga dilakukan di gerbang depan, membuat pagar antara area danau dan daratan. Serta perbaikan dan pembuatan pipa dari sumber di daerah sekitar danau.

Di sekitar pemandian air panas terdapat toilet dan ruang ganti. Pengelola terus mengembangkan fasilitas yang ada untuk mengedepankan kenyamanan wisatawan.

Lokasi Talaga Bodas Garut

Tempat wisata kawah ini terletak di Wanajaya, Jalan Talaga Bodas No. 5, Sukamenak, Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44183.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button