Nikmati Talaga Bodas, Garut, tiket masuk dan waktu terbaik untuk berkunjung - WisataHits
Jawa Barat

Nikmati Talaga Bodas, Garut, tiket masuk dan waktu terbaik untuk berkunjung

TEMPO.CO, jakarta – Pesona alam Garut tidak ada habisnya. Salah satu yang terbilang jarang terekspos adalah Mount Talaga Bodas. Talaga Bodas adalah gunung berapi tua. Dalam bahasa setempat, nama tempat ini berarti danau putih. Sebenarnya tidak ada yang salah, karena di puncaknya terdapat danau dengan air putih. Hampir mirip dengan objek wisata Bandung yang sangat populer yaitu Kawah Putih Ciwidey.

Bagi sebagian orang, bau belerang di Talaga Bodas mungkin sedikit lebih menyengat dibanding di Kawah Putih. Oleh karena itu, jika Anda mengunjungi Talaga Bodas, sebaiknya Anda membawa masker. Pengunjung disuguhi pemandangan danau kawah gunung berapi putih, dan disekitarnya terdapat pemandangan alam pegunungan yang menyegarkan mata. Selain itu, pengunjung bisa langsung merasakan hangatnya air belerang. Anda bisa berenang di kolam khusus yang telah disediakan.

2 kolam renang kecil untuk berendam

Danau ini memiliki dua kolam renang kecil. Untuk mengakses kolam renang, pengunjung harus menuju ke sisi kanan danau. Di sini pengunjung bisa berendam di perairan belerang yang baik untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Namun perlu diingat bahwa maksimal berendam adalah 15 menit. Selain itu, tidak dianjurkan dan juga tidak baik untuk tubuh. Setelahnya, pengunjung bisa langsung mandi dan berganti pakaian di kamar sebelah kolam renang.

Rute menuju danau ini tidak terlalu memusingkan karena tidak banyak pertigaan. Pengunjung harus menyiapkan kendaraan sendiri karena tidak ada angkutan umum yang menawarkan tumpangan di sini. Tempatnya mudah ditemukan, tinggal belok ke arah danau dari Wanaraja Square. Jaraknya kurang lebih 11 kilometer dari titik keberangkatan. Jalan menuju Talaga Bodas relatif baik, meski agak menanjak. Namun begitu memasuki 2,5 kilometer terakhir, harap ekstra hati-hati karena jalanan mulai rusak dan berbatu.

Pemandangan di sepanjang jalan sangat indah. Anda bisa melihat sejumlah bengkel batu bata, kebun dengan berbagai jenis sayuran, serta sejumlah pohon rindang. Anda juga bisa melihat keindahan Garut dari ketinggian. Begitu Anda tiba di selatan Talaga Bodas, Anda bisa melihat Gunung Sadahurip yang perkasa. Gunung berapi purba ini telah mengejutkan banyak orang dalam beberapa tahun terakhir karena bentuknya yang mirip piramida.

Tiket masuk ke Talaga Bodas

Tiket Talaga Bodas biasanya murah dan sudah termasuk asuransi. Wisatawan lokal cukup membayar Rp 7.000 pada hari kerja dan Rp 9.500 pada hari libur nasional. Sementara itu, turis asing akan dikenakan biaya Rp 105.000 pada hari biasa dan Rp 155.000 pada hari libur nasional. Jika Anda termasuk dalam kelompok pelajar atau mahasiswa, ada tarif khusus. Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang pada hari kerja dan Rp 6.5000 pada hari libur nasional.

Biaya parkirnya juga cukup murah. Sepeda pedal hanya dikenakan biaya Rp 2.000 pada hari kerja dan Rp 3.000 pada hari libur nasional. Penumpang kendaraan roda dua lainnya harus membayar Rp 5.000 pada hari kerja atau Rp 7.500 pada hari libur. Sedangkan untuk pemilik kendaraan roda empat akan dikenakan biaya masing-masing sebesar Rp10.000 dan Rp15.000 untuk hari biasa dan hari libur nasional.

Kawah Talaga Bodas dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti toilet, tempat parkir dan mushola. Bagi yang suka berfoto, ada beberapa tempat khusus untuk selfie. Selain itu, Talaga Bodas juga menawarkan beberapa warung dengan beragam makanan dan minuman.

Waktu terbaik untuk mengunjungi kawah Talaga Bodas

Waktu terbaik untuk mengunjungi Talaga Bodas adalah di pagi hari. Pengunjung bisa datang pada pukul 09.00. Langit akan terlihat bersih, terutama di musim kemarau. Selain itu, pengunjungnya juga tidak terlalu banyak, jadi Anda bisa lebih fleksibel.

Sebaiknya jangan datang saat musim hujan. Dikhawatirkan tidak akan bisa melakukan aktivitas apapun selain berteduh. Maka jangan lupa untuk membawa jaket saat berkunjung ke Talaga Bodas karena udara disini cukup dingin. Terakhir, jangan lupa untuk mengikuti semua aturan yang ada di destinasi wisata.

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI.

Baca Juga: Inilah Tempat Wisata di Garut yang Bisa Dicapai Dalam Sehari

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button