Tiket dan Aktivitas Jamus Tea Gardens - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas Jamus Tea Gardens

Tiket dan Aktivitas Jamus Tea Gardens

Harga tiket masuk Kebun Teh Jamus: Rp 15.000. Jam buka: 07:00 – 17:00. Nomor telepon: -. Alamat: Girikerto, Sine, Ngawi, Jawa Timur, Indonesia, 63264.

Perkebunan Teh Jamus adalah wisata hamparan kebun teh yang menghijau di lereng Gunung Lawu. Obyek wisata ini memiliki bentang alam yang mempesona dan alam yang lestari. Dengan ketinggian 800 hingga 1200 mdpl, udaranya sejuk dan sering berkabut.

Kawasan wisata ini terletak sekitar 45 km dari kota Ngawi dan 240 km dari Surabaya. Taman seluas 478 ha telah dilestarikan selama lebih dari seratus tahun. Agrowisata ramah lingkungan ini telah dikonsepkan sejak tahun 1993 dan meraih penghargaan Kalpataru Award 2004.

Harga Tiket Masuk Jamus Tea Garden

Pemandangan indah dengan hamparan hijau pohon teh bisa dinikmati dengan biaya murah. Anda hanya perlu merogoh kocek beberapa ribu saja untuk bisa masuk ke kawasan wisata perkebunan teh ini

Harga Tiket Masuk Jamus Tea Garden
Tiket masuk Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana SRAMBANG PARK Ngawi

Jam Buka Kawasan Wisata Kebun Teh Jamus

Pengunjung bisa menikmati kawasan perkebunan teh ini setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari.

Jam kerja
Senin minggu 07.00 – 17.00

Beragam kegiatan wisata

Perkebunan Teh Jamus NgawiPerkebunan teh Jamus Ngawi.
Foto: Instagram/roybarbershop

Akses jalan menuju lokasi wisata berupa jalan aspal yang bisa dilalui satu mobil. Daya tarik wisata utama tentu saja hamparan kebun teh. Tuk Pakel. Segarnya udara kebun teh Jamus juga didukung oleh air terjun Gerojokan Songo.

Juga ada Bukit Jamus Borobudur (Bukit Borobudur) dan Kolam Sumber Larang. Berbagai fasilitas juga tersedia, seperti Gardu Polo, Flying Fox dan tempat perkemahan.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan di Bukit Tawangmangu Sekipan

Mengunjungi pabrik pengolahan teh

kawasan perbukitan hijau dengan hamparan pohon tehLihat pemandangan Kebun Teh Jamus Ngawi dari atas. Foto: Google Maps/Nukikik

Pemberhentian pertama, di lokasi Pabrik Teh Jamus, merupakan spot yang asri dan teduh. Di tempat parkir mobil dan motor, terdapat pos pengamatan panorama kebun teh. Lokasi ini hanya persinggahan karena masih ada lokasi wisata yang lebih lengkap.

Pabrik Teh Jamus merupakan pabrik pengolahan teh yang didirikan pada masa penjajahan Belanda. Kini pabrik yang berlokasi di Kampung Jamus, Ngawi tersebut dikelola oleh PT. Candi Loka. Lokasi adalah lokasi yang indah dan strategis untuk pengolahan teh berkualitas tinggi.

Baca: Tiket Masuk Taman Lawu Tawangmangu dan Kegiatannya

Di sini, daun teh berdasarkan kriteria masing-masing produk kemudian diolah. Oleh karena itu, dihasilkan teh kering siap seduh yang berkualitas baik dan bermanfaat bagi kesehatan.

Trekking menyusuri area perkebunan teh Jamus

Di tempat ini terdapat tempat parkir yang luas dan beberapa warung yang menjual makanan dan teh. Setelah menempuh jarak 200 meter ada penukaran tiket dengan sekotak kecil teh. Untuk melihat pemandangan dari atas, wisatawan harus menempuh jalan yang berliku dan menanjak.

Menikmati pemandangan kebun teh

Pemandangan perkebunan teh hijau segar Jamus Ngawi membuat udara segar dengan suasana alamiPemandangan perkebunan teh Jamus Ngawi yang hijau dan segar membuat udara segar dengan suasana alam.
Foto: Instagram/hakimsunjoyo

Perkebunan Teh Jamus merupakan unit perkebunan terbesar di Ngawi dengan luas 478 hektar. Sekitar 460 hektar di antaranya ditanami tanaman teh, sedangkan sisanya ditumbuhi pohon-pohon tinggi.

Di kawasan wisata perkebunan ini, wisatawan akan menemukan pemandangan kebun teh yang hijau dan segar. Udaranya segar dengan suasana alami dan tenang. Jika datang sebelum tengah hari, wisatawan bisa melihat aktivitas petik daun teh.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Karanganaar Sumilir Valley

Ada beberapa jenis teh yang tumbuh di lokasi penanaman ini. Diantaranya adalah teh hitam, teh putih, teh hijau dan teh benalu untuk bahan obat. Di kawasan ini juga terdapat makam pendiri Kebun Teh Jamus Van Der Rappart (1826-1910).

Grojokan Songo Tuk Pakel

Grojokan Songo Tuk Pakel merupakan salah satu tempat wisata di kawasan wisata Kebun Teh Jamus. Di Grojokan Songo, air mengalir melewati teras batu sepanjang 25 meter. Pepohonan rindang dengan cipratan air yang mengalir menjadi sajian alami.

Kolam Sumber Lanang

Kolam Sumber Lanang di Perkebunan Teh JamusKolam Sumber Larang berada di tengah area yang ditanami dan dikelilingi oleh pepohonan yang menyejukkan. Foto: Instagram/asta666

Di kebun teh ini terdapat air terjun bernama Sumber Larang beserta kolamnya. Kolam Sumber Larang berada di tengah areal perkebunan teh dan pepohonannya menyejukkan. Di sekitar kolam terdapat cabana kecil untuk menikmati segarnya air sambil mengagumi pemandangan yang indah.

Air yang mengalir ke kolam sangat jernih dan sejuk. Airnya berasal dari Sumber Lanan yang airnya tidak pernah habis, selalu mengalir. Suhu air relatif dingin, sekitar 15 hingga 22 ÂșC.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Grojongan Sewu Tawang Mangu

Kolam ini dikelilingi oleh pohon-pohon tinggi dari berbagai jenis seperti Preh, Ipik dan Banyan Kantil. Ada jenis pohon besar berdiameter sekitar 300 cm, yaitu pohon Bulu. Pohon ini sengaja tidak ditebang karena menghasilkan air yang melimpah.

Selfie di perbukitan Borobudur

Bukit BorobudurBorobudur Hills adalah tempat sensasional di kawasan wisata kebun teh.
Foto: Instagram/i.majiner

Bukit Borobudur (Bukit Borobudur) adalah salah satu daya tarik utama Perkebunan Teh Jamus. Di Perkebunan Teh Jamus, terdapat hamparan berundak setinggi 35,4 meter seperti candi. Tempat ini dinamakan Borobudur Hills karena dari kejauhan terlihat seperti Candi Borobudur.

Bukit yang mulai beroperasi pada tahun 2003 ini menjadi spot sensasional di kawasan Perkebunan Teh Jamus. Dengan sekitar 35.400 pohon teh, udaranya segar khas pegunungan. Di tempat ini, wisatawan bisa berfoto selfie dan mendaki gunung.

Untuk mencapai puncak tertinggi perbukitan Borobudur, wisatawan harus menaiki 117 anak tangga. Dari tempat ini wisatawan bisa melihat hamparan perkebunan teh dan kolam Sumber Lanang. Jika tidak ada kabut, wisatawan bisa menikmati pemandangan Gunung Lawu hingga ke puncaknya.

Gardu Polo

aktivitas off-road dengan sepeda trailHamparan tanah Polo Gardut juga dimanfaatkan untuk aktivitas off-road atau track. Foto: Instagram/ervansarpend112

Berada di ketinggian 1000 mdpl, dari Polo Gardu wisatawan dapat menikmati keindahan kota Ngawi. Hamparan perkebunan teh terlihat sejuk dan damai. Hamparan tanah di Polo Gardu juga seru untuk beraktivitas off road atau Melacak.

Selain itu, Kebun Teh Jamus juga memiliki taman bermain yang lengkap dengan Flying Fox.

Berkemah di Bumi Perkemahan ‘Kanthil Idaman’

Area Perkebunan Teh Jamus adalah lokasi yang sempurna keluar dan perkemahan, baik secara individu maupun kelompok. Lokasinya berada di Bumi Perkemahan Kantil Jamus, dengan suasana yang dinaungi oleh pepohonan Kantil. Tempatnya berada di bawah 3 pohon kanthil besar yang berumur lebih dari 100 tahun.

Sekitar 0,7 hektar lahan yang tersedia dapat menampung hingga 400 orang berkemah. Kawasan ini lengkap dengan masjid besar dan banyak kamar mandi. Dari tempat ini wisatawan bisa melihat pohon pinus, persawahan dan hamparan perkebunan teh.

Kontak dan Lokasi Perkebunan Teh Jamus

Kawasan wisata kebun teh ini terletak di Girikerto, Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63264. Berjarak berkendara dari kawasan wisata Karanganyar, Jawa Tengah.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button