2 pemandangan kontras di tanjakan Spongebob Lembang - WisataHits
Jawa Barat

2 pemandangan kontras di tanjakan Spongebob Lembang

bandung

Wisatawan dan pengendara motor yang sering berkunjung ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pasti sudah tidak asing lagi dengan Spongebob Ramp.

Tanjakan ekstrem di Jalan Bukagara, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, KBB. Pendakian tersebut merupakan jalur alternatif dari Lembang menuju Bandung melalui Punclut.

Kata ekstrem yang tertanam di lereng bukanlah isapan jempol belaka. Hal ini karena kontur lereng yang terjal dan sempit. Bahaya mengintai pengemudi yang tidak hati-hati saat berusaha meratakan jalur.

Di balik bahaya yang mengintai, tanjakan dengan nama lain, Tank for the Sky, Tank for the Sky, dan Tank for Caringin, memiliki daya tarik yang berbeda.

“Setiap musim liburan pasti banyak turis yang mampir ke sini. Biasanya sekitar jam 12 siang ramai banget,” kata Rafly (22), pemuda asal daerah itu, Kamis dalam wawancara dengan detikJabar. (29 Desember 2022).

Dilihat dari bawah, tanjakan agak sempit dengan panjang sekitar 200 meter, dengan deretan rumah dan rumah kaca di kiri dan kanannya.

“Dari bawah ke atas kayak jalan-jalan di pohon aja. Ya, jangan lihat ke atas,” kata Rafly.

Kebangkitan Spongebob di Lembang, Kabupaten Bandung BaratKebangkitan Spongebob di Lembang, Kabupaten Bandung Barat Foto: Whisnu Pradana/detikJabar

Sedangkan viewnya sedikit berbeda dari sisi lain atau dari atas tanjakan. Dari atas, pengendara dan pengendara sepeda motor dapat melihat deretan rumah serta pemandangan perbukitan dengan pepohonan hijau. Anda bahkan bisa melihat Gunung Tangkuban Parahu yang gagah di arah barat laut.

“Dari atas viewnya lumayan bagus, ada bukit dan gunung (Gunung Tangkuban Parahu),” kata Rafly.

Disinggung sejarah namanya, Ineu (40), salah seorang tokoh setempat, mengatakan, lereng itu sebenarnya bernama Tanjakan Bukaagara, mengacu pada lokasinya. Namun ada nama lain yang dikenal penduduk setempat, yaitu Kenaikan Surgawi.

“Sebenarnya di sini kita lebih familiar dengan sky climb. Jadi kalau kata anak-anak komunitas Land Rover, kalau naik ke sana, pengemudi dan penumpang akan melihat langit,” kata Ineu.

Sementara itu, nama Ascension berubah menjadi Spongebob’s Ascension dalam beberapa tahun terakhir. Ineu mengatakan salah satu alasannya adalah karena menyerupai kemiringan 90 derajat dalam sebuah episode kartun Spongebob.

“Jadi nama lereng spongebob sama dengan anak muda disini, katanya mirip lereng spongebob di kartun spongebob. Jadi dia akhirnya terkenal,” kata Ineu.

(bola / lezat)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button