Tiket & Aktivitas CURUG CIGENIS - WisataHits
wisatahits

Tiket & Aktivitas CURUG CIGENIS

Harga Tiket Masuk Air Terjun Cigentis : Rp 20.000 sd Rp 25.000 Jam Buka : 07.00-17.00 Telp.

Karawang memang bisa diidentikkan dengan kota yang padat kegiatan industri. Namun ternyata kota ini masih menyimpan keindahan alamnya yang terjaga dengan baik. salah satunya adalah Air Terjun Cigentis yang terletak di kawasan Gunung Sanggabuana.

Objek wisata riam ini kerap menjadi pilihan wisata bagi warga sekitar. Bukan hanya karena kejernihan dan kesegaran air terjunnya tetapi juga keindahan alam sekitarnya.

Tiket masuk

Kawasan wisata Curug Cigentis menerapkan tiket masuk dengan harga terjangkau. Tiket ini berlaku untuk anak-anak dan dewasa.

Biaya masuk
Tiket masuk di hari kerja Rp20.000
Tiket masuk akhir pekan Rp25.000

Baca: Tiket Masuk GUNUNG SANGGABUANA Karawang dan Berbagai Pesonanya

Jam operasional

Air terjun ini dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan.

Jam buka
Jam operasional 07.00 – 17.00 WIB

Air Terjun Cigentis

Cigentis.  Jembatan CurugCurug Cigentis terletak di Gunung Sanggabuana, Karawang – Foto: Google Maps/Jhiung channel 28

Curug Cigentis merupakan salah satu rangkaian air terjun di kawasan Gunung Loji dan Gunung Sanggabuana. Kawasan ini berada di bawah pengawasan RPH Cigunungsari BKPH Purwakarta.

Air terjun ini memiliki ketinggian total sekitar 25 meter dan berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Sebagai tempat wisata, air terjun ini menawarkan panorama indah air terjun yang dibalut dengan pemandangan alam yang indah.

Baca: 3 Tempat Wisata Terfavorit di Karawang

Kisah di balik Cigentis

Air Terjun CigentisCurug Cigentis memiliki ketinggian 25 meter – Foto: Google Maps/Siti Turiyati

Ada beberapa cerita terkait dan di balik keberadaan air terjun ini. Konon Gunung Sanggabuana yang menjadi lokasi air terjun ini merupakan kawasan yang tidak memiliki mata air atau sungai. Saat itu Wali Songo sedang berdakwah di wilayah Cigentis. Mereka dikawal oleh rombongan pengawal yang langsung diturunkan oleh Prabu Siliwangi.

Setelah Wali Songo terus berdoa kepada Allah SWT, tiba-tiba muncul mata air dari sebuah batu besar. Mata air tersebut kemudian membentuk air terjun yang kita kenal sekarang. Salah satu pengawal bernama Nu Geulis Nyi Gentis tiba-tiba melompat untuk menikmati air yang mengalir. Nama ini kemudian menjadi nama air terjun Cigentis.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Santasea Water Park

Namun, sumber cerita ini masih bisa diperdebatkan. Meski begitu, objek wisata ini tetap menjadi salah satu air terjun Karawang yang memiliki pesona luar biasa.

kawasan air terjun Cigentis.

Deretan kios dan gubukDeretan kios dan gubuk tertata rapi di sepanjang jalan menuju air terjun – Foto: Google Maps/Moch Taufik Firdaus

Sebagai tempat wisata yang dikelola pemerintah, Curug Cigentis memiliki akses yang mudah dan fasilitas yang lengkap. Perjalanan ke tempat wisata ini nyaman karena kondisi jalan sudah beraspal. Apalagi pemandangan persawahan dan pegunungan juga akan memanjakan mata Anda.

Setibanya di kawasan wisata ini, pengunjung harus berjalan kaki dari tempat parkir untuk menuju lokasi air terjun. Jaraknya sekitar 300 meter melalui jalan berbatu. Di sepanjang jalan terdapat warung dan warung makan serta gubuk peristirahatan. Jika lelah, pengunjung bisa istirahat dulu dan menikmati pemandangan alam sekitar yang masih hijau dan alami.

Baca: Tiket Masuk CURUG PANGERAN dan Aktivitas Wisata di Bogor

Pesona Air Terjun Cigentis

Panorama air terjunCurug Cigentis diapit tebing berbatu dengan tumbuhan liar yang diawetkan – Foto: Google Maps/Kasidi Kasidi

Curug Cigentis merupakan air terjun dengan ketinggian 25 meter. Air terjun ini memiliki debit air yang tinggi dan dikelilingi oleh tebing. Tebing tebing yang ditumbuhi berbagai tanaman liar membuat suasana asri dan segar.

Sumber aliran air air terjun ini berasal dari sungai kecil di atas tebing. Sungai ini merupakan gabungan dari berbagai mata air di Gunung Sanggabuana. Sanggabuana sendiri berarti “penopang alam semesta”. Nama ini mungkin menyimpang dari fakta bahwa daerah ini adalah titik tertinggi di Karawang.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana WONDERLAND Karawang

Dengan debit air yang tinggi, udara di sekitar air terjun menjadi sejuk berkat air panasnya. Air kemudian mengalir ke danau dan sungai dengan bebatuan licin berserakan. Pengunjung bisa leluasa bermain air di sekitar kawasan ini.

Hal yang Dapat Dilakukan di Curug

tempat perkemahanWisatawan bisa berkemah di sekitar Curug Cigentis – Foto: Google Maps/Herekk Motorider

Wisatawan bisa menikmati keindahan alam yang mengelilinginya sambil bermain air atau berenang di danau. Sungai yang mengelilinginya dihiasi dengan bebatuan yang bertebaran yang dapat berfungsi sebagai titik tumpuan dan peristirahatan. Sembari bersantai, abadikan momen dan panorama melalui kamera dari sini. Tempat lain yang tak kalah menarik adalah jembatan di atas Sungai Cigentis dengan tulisan “Curug Cigentis”.

Baca: Tiket Masuk CURUG LEUWI HEJO dan Kegiatan di Bogor

Jika ingin bermalam, terdapat fasilitas akomodasi di kawasan Curug Cigentis. vila dan homestay Tersedia disini. Bagi pecinta suasana alam diperbolehkan mendirikan tenda dan berkemah di sekitar air terjun. Pengalaman menghabiskan malam ditemani suara pegunungan dan gemericik air tentunya akan menyegarkan tubuh dan pikiran.

Fasilitas Air Terjun Cigentis

Sebagai kawasan wisata di bawah pengelolaan lokal Perhutani. Kawasan air terjun dilengkapi dengan server dan fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut adalah area parkir sepeda motor dan mobil, jalur pejalan kaki yang baik, toilet, mushola, serta deretan warung makan dan minum yang dilengkapi dengan pondok-pondok peristirahatan. Ada berbagai penginapan yang bisa menampung tempat bermalam serta area camping di sekitar air terjun.

Akses dan lokasi air terjun Cigentis Cu

Jalan menuju lokasi wisata ini dalam kondisi baik dengan beton cor dan aspal. Namun, pengendara harus selalu berhati-hati di jalan. Di beberapa tempat terdapat tanjakan atau turunan yang curam, sehingga diperlukan kondisi kendaraan yang baik dan keterampilan mengemudi yang baik, terutama dalam pengaturan rem.

Objek wisata air terjun ini terletak di Gunung Sanggabuana, tepatnya di Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Jaraknya kurang lebih 44 kilometer dari pusat kota Karawang dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat atau dua.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button