Tiket dan Aktivitas CURUG LUHUR - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas CURUG LUHUR

Tiket dan Aktivitas CURUG LUHUR

Harga tiket masuk Curug Luhur: Rp 45.000. Jam buka: 08:00 – 18:00. Nomor telepon: -. Alamat: Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16370.

Air Terjun Luhur Bogor merupakan salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Obyek wisata ini terletak di ketinggian 630 mdpl, di lereng Gunung Salak yang megah. Akses lokasinya yang berada dipinggir jalan raya membuatnya diminati banyak wisatawan.

Sedangkan Air Terjun Luhur memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Kata Luhur (Sunda) dalam bahasa Indonesia berarti tinggi. Jadi, penamaan Curug bisa berarti air terjun yang tinggi.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Luhur

Wisatawan yang datang mengunjungi air terjun ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk tidak bisa dibilang murah untuk objek wisata air terjun.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Luhur
Tiket masuk akhir pekan Rp45.000

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan CURUG CIAMPEA Bogor

Jam buka Curug Luhur

Obyek wisata air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka pagi hingga sore hari pada hari kerja dan akhir pekan.

Waktu operasional
Senin minggu 08.00 – 18.00

Beragam kegiatan wisata

2 air terjunCurug Luhur Bogor memiliki dua air terjun yang salah satunya merupakan hasil pengalihan sungai oleh warga sekitar. Foto: Instagram/muhamadnauvalkahfi

Untuk mencapai lokasi air terjun, hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit. Wisatawan hanya perlu berjalan sekitar 150 meter menaiki tangga dari area parkir kendaraan. Sedangkan lokasi Curug Luhur tidak jauh dari Curug Nangka, hanya berjarak 2 kilometer saja.

Setelah mendekati lokasi, terjadi luapan air di dinding tanah dari ketinggian sekitar 2 meter. Wisatawan bisa menikmati kesejukan air terjun mini ini untuk mencuci tangan dan kaki.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Curug Bidadari Sentul

Menikmati keindahan air terjun

kejernihan air terjun dengan warna kebiruan pada cekungan di bawah air terjunKolam alami yang terbentuk di bawah air terjun yang sangat jernih menghasilkan warna hijau toska. Foto: Google Maps/laulla17

Curug Luhur memiliki dua air terjun utama yang sejajar. Curug kedua merupakan cabang yang dibuat oleh warga setempat sebagai hasil dari pengalihan aliran sungai. Kedua air terjun tersebut memiliki air yang alami, dingin, dan lembut khas air pegunungan.

Air terjun di kaki Gunung Salak ini menawarkan panorama yang indah. Selain itu, udaranya sangat segar dengan suasana yang menyenangkan. Di sekitar air terjun juga terdapat tempat bersantai bagi wisatawan.

Baca: Tiket Masuk CURUG NANGKA Bogor, Kegiatan dan Itinerary

Bermain air di kolam bawah air terjun

Berenang di air terjunWisatawan bisa berenang di kolam di bawah air terjun atau sekedar bermain air yang mengalir dari air terjun. Foto: Instagram/ahmadsufandi22

Di bawah curahan Curug Luhur terdapat kolam besar berwarna biru. Kolam yang terbentuk secara alami ini cukup dalam karena merupakan hasil pengupasan luapan air. Selama ini pengelola memasang tali sebagai pembatas zona aman.

Wisatawan sering berenang, mandi atau sekadar bermain di perairan dangkal. Lalu ada larangan bermain di air melebihi batas yang dipasang dengan alasan keamanan. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Aliran air di air terjun ini sangat jernih. Wisatawan yang turun ke tepi kolam dapat melihat dengan jelas bebatuan dari dasar kolam. Tempat ini juga menjadi tempat favorit untuk berfoto dengan background air terjun.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Curug Ciherang Peak

Berenang dan berseluncur di taman air

Wahana kolam renang dan keagungan Water Park Air Terjun BogorWaterpark di Curug Luhur Bogor dengan berbagai wahana air. Foto: Google Maps/zulfa indah

Di lokasi Curug Luhur terdapat banyak kolam buatan yang airnya melimpah. Airnya berasal dari mata air alami Gunung Salak yang tidak pernah kering. Berbagai jenis kolam tersedia, baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Kolam buatan merupakan taman air lengkap dengan berbagai wahana. Seperti seluncuran air, seluncuran spiral, dan ember terbalik. Bahkan, ada juga pipa seluncuran panjang berkelok-kelok yang memacu adrenalin Anda.

Berenang di kolam buatan memang sangat menyegarkan dan kondusif untuk rekreasi keluarga. Airnya jernih alami, bersih, dingin, tidak pedih di mata dan tidak mengandung kaporit.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Cigamea Gunung Salak Endah Bogor

Salah satu kolam renang buatan waterpark Curug Luhur Bogor dengan seluncuran untuk anak-anakSalah satu kolam renang buatan dari taman air dengan seluncuran air untuk anak-anak. Foto: Google Maps/ione poetra

Meredakan

Kawasan wisata Curug Luhur menawarkan fasilitas yang cukup lengkap bagi wisatawan. Area parkir disediakan di area yang cukup luas. Tersedia juga fasilitas seperti toilet, mushola, ruang ganti dan flushing area.

Di dekat area parkir kendaraan banyak terdapat penjual makanan dan minuman, mulai dari snack hingga main course. Dengan udara kawasan yang masih segar, di sekitar tempat wisata ini banyak terdapat penginapan. Sayangnya, tidak ada area berkemah di sekitar kawasan wisata.

Akses ke Curug Luhur

Lokasi air terjun ini berada dipinggir jalan raya Bogor – Gunung Salak Endah. Untuk menuju ke tempat ini, wisatawan dapat menggunakan angkutan umum. Akses yang mudah membuat air terjun ini cenderung ramai dikunjungi wisatawan.

Jarak air terjun dengan kota Bogor sekitar 24 kilometer atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Untuk menuju ke sana, Anda bisa melalui dua alternatif. Yang pertama lewat jalur Ciapus atau yang kedua jalur alternatif lain dari Leuwiliang ke Ciampea lalu Tenjolaya.

Bagi pengguna angkutan umum dapat menempuhnya dari Bogor Trade Mall (BTM) menuju Ciapus – Ramayana. Sedangkan dari terminal Laladon, Anda bisa mengambil rute Laladon – Tenjolaya. Kemudian melanjutkan transportasi menuju Curug Luhur. Kedua alternatif transit tersebut akan membawa wisatawan ke depan pintu Curug Luhur.

Lokasi Air Terjun Luhur

Obyek wisata air terjun ini terletak di Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat 16370.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button