Pulau Misool Raja Ampat, surga laut tersembunyi di Indonesia bagian timur - WisataHits
wisatahits

Pulau Misool Raja Ampat, surga laut tersembunyi di Indonesia bagian timur

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 400.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Lilinta, Misool Barat, Kab. Raja Ampat, Papua Barat; Kasus: Cek lokasi

Pulau Misool merupakan salah satu pulau di Raja Ampat yang memiliki keindahan luar biasa. Sayangnya, pulau ini tidak terlalu populer dibandingkan pulau lainnya. Hanya sedikit orang yang mengunjungi pulau ini. Meski menjelajah pulau eksotis ini tidak akan meninggalkan penyesalan dengan berbagai tempat menarik.

Misool sendiri merupakan salah satu dari empat pulau terbesar di kepulauan Raja Ampat dan berbatasan langsung dengan Laut Seram dan laut lepas tempat hewan-hewan besar seperti paus melintas. Di pulau ini juga terhampar bebatuan pulau-pulau karang ke arah barat dan timur. Deretan pantai di pulau ini tak kalah indah dengan pasir putih dan airnya yang jernih.

Pulau yang jarang dikunjungi membuat eksotisme Pulau Misool masih alami dan belum terjamah. Selain keindahan alam, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pengalaman melihat langsung adat dan budaya masyarakat setempat yang beragam. Salah satu peninggalan seperti lukisan di dinding gua di kawasan pulau ini.

Atraksi Pulau Misool

Atraksi Pulau MisoolKredit Gambar: Instagram Indonesia 360

Meski jarang dikunjungi dibandingkan pulau-pulau lain di kepulauan Raja Ampat, pulau ini sebenarnya memiliki banyak objek wisata yang sayang untuk dilewatkan.

1. Danau Cinta Karawapop

Salah satu objek wisata yang bisa ditemukan di Pulau Misool adalah Danau Cinta Karawapop. Terletak di geosite Karawapop, danau ini merupakan laguna yang memiliki bentuk hati yang sangat presisi. Keindahannya tersembunyi di balik tebing dan bebatuan. Konon tempat indah ini ditemukan oleh orang asing yang menjelajahi pulau ini untuk berlibur.

Untuk bisa melihat bentuk hati ini, pengunjung harus mendaki bukit selama kurang lebih 30 menit. Perjalanan ini lebih mudah karena ia membangun tanda tangga untuk sampai ke puncak bukit. Setibanya di sana, pengunjung akan dibuat takjub dengan keindahan perairan dengan nuansa biru kehijauan dan biru tua yang membentuk hati yang menawan.

2. Ya

Yapap merupakan destinasi wisata bahari dunia. Keunikannya terletak pada bebatuan karst yang menjulang tinggi, dikelilingi perairan dangkal, menjadikannya hijau pirus yang asri dan tenang. Airnya sangat jernih sehingga Anda bisa melihat dasarnya. Wisatawan juga bisa melihat ikan-ikan kecil, udang dan beberapa hewan laut lainnya. Juga tempat yang bagus untuk berenang.

Sebagai daya tarik, batuan karst ini juga menjadi tempat yang sangat cocok sebagai background foto. Keindahan bentuknya yang menyerupai sekumpulan candi tidak dapat ditemukan di tempat lain. Yapap adalah area yang wajib dikunjungi jika Anda berada di Pulau Misoo dengan perahu. Wisatawan akan merasa dibawa ke dunia fantasi.

3. Lenmekana

Lenmakana adalah danau air asin di wilayah Pulau Misool. Di danau ini hidup ubur-ubur tak bersengat yang tak terhitung jumlahnya. Memang ubur-ubur biasanya cukup berbahaya karena sengatannya, tapi tidak di daerah ini. Tidak adanya predator membuat ubur-ubur ini berkembang menjadi hewan yang tidak berbahaya dan ramah terhadap manusia.

Ubur-ubur tanpa sengat ini menjadi daya tarik yang membuat pulau ini wajib dikunjungi. Pengunjung dapat mengalami menyelam dengan ubur-ubur ini. Sebenarnya ada beberapa danau serupa di kawasan pulau ini, namun hanya dua danau yang boleh dikunjungi. Yang bisa dikunjungi dan menjadi primadona adalah Lenmakana.

4. Puncak Harfat

Atraksi Pulau MisoolKredit gambar: Google Maps Andi Lalu Asrawan

Puncak Harfat atau disebut Dapunlol oleh penduduk setempat merupakan puncak tertinggi di Pulau Misool yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Ini adalah tempat terbaik yang menjadi daya tarik utama saat menjelajahi pulau ini. Pada puncaknya, wisatawan dapat melihat keindahan seluruh pulau, termasuk laguna, terumbu karang, dan bebatuan karst.

Meski lokasi ini cukup terpencil dan akses menuju puncak membutuhkan perjuangan yang cukup berat, kawasan ini tetap menjadi lokasi yang populer. Sesampainya di puncak, rasa lelah akan terbayar dengan suguhan yang luar biasa. Tempat ini sangat cocok untuk menenangkan diri atau mengabadikan alam Papua yang masih terjaga dengan bantuan kamera.

5. Gua Suci

Gua Suci merupakan tempat yang menyimpan misteri sehingga mengundang rasa penasaran. Untuk melakukan ini, pengunjung harus menggunakan speedboard yang disewa di desa Harapan Jaya.

Di mulut goa terdapat kuburan bagi sepasang suami istri yang menyebarkan agama Islam di Misool. Di dalam goa terdapat stalaktit dan stalagmit yang indah serta air yang dangkal dengan air yang jernih.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau MisoolKredit gambar: Google Maps Aditya Utomo

Setelah sampai di Pulau Misool, Anda bisa terbang ke Bandara Domne Eduard Osok di Sorong. Kemudian anda bisa menuju lokasi pulau menggunakan kapal phinisi. Anda memang akan menggunakan transportasi laut yang menjadi sarana transportasi utama di kepulauan Raja Ampat, Papua. Juga akan lebih mudah bagi Anda untuk berkeliling pulau dengan perahu.

Untuk memudahkan perjalanan dan liburan Anda di Raja Ampat, Anda bisa menggunakan paket wisata. Selain tempat menginap, Anda juga akan mendapatkan akomodasi di lokasi, Anda juga akan diarahkan ke tempat-tempat indah di sudut-sudut pulau. Beberapa resort di kawasan ini menawarkan layanan wisata bahkan menawarkan layanan penjemputan dari Bandara Sorong.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya perjalanan ke Pulau MisoolKredit gambar: Ferdy Ferdy Google Maps

Untuk menuju ke Pulau Misool, Anda harus membayar tiket masuk ke pulau Raja Ampat sebesar Rp 500.000 yang dapat digunakan selama satu tahun. Sedangkan harga sewa speedboard rata-rata Rp 7.500.000 tergantung jarak. Akan lebih murah jika Anda datang dalam kelompok.

Untuk biaya menginap jika memilih homestay cukup membayar Rp 300.000 hingga Rp 400.000, sedangkan jika memilih resort modern harga sewa berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000 tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Misool Pulau

Kredit gambar: Google Maps Endah K

1. Snorkeling atau menyelam

Keindahan pemandangan bawah laut membuat Anda tidak boleh melewatkan aktivitas ini. Anda dapat menikmati pemandangan terumbu karang dan berenang dengan ikan laut berwarna-warni yang indah.

2. Mendaki

Anda bisa mendaki puncak tertinggi pulau eksotis ini. Meski cukup melelahkan, namun akan terbayar dengan keindahan yang didapatkan. Dari atas Misool Anda bisa melihat setiap sudut pulau dari ketinggian.

3. Naik perahu Kajang

Cobalah untuk naik perahu kanopi. Perahu Kajang sendiri merupakan alat transportasi tradisional masyarakat Kajang kuno. Perahu ini terbuat dari kayu dengan atap daun sederhana. Dari perahu ini Anda bisa melihat dasar perairan Pulau Misool yang sangat jernih.

Akomodasi murah terdekat

Kredit Gambar: Google Maps Vera Lie

1. Homestay Jam Tangan Kacang

Hostel ini berada di distrik Misool Timur. Tempatnya tidak terlalu jauh dari Danau Lenmakana. Dibangun di atas air dengan bahan kayu, serta jembatan kayu ke pantai, hostel ini tidak hanya nyaman, tetapi juga menawarkan pemandangan yang indah. Dengan pelayanan yang baik Anda juga akan mendapatkan listrik selama 24 jam dan tersedia air minum.

2. Resor Eco Misool

Hostel ini tidak hanya menawarkan tempat menginap, tetapi juga pantai pribadi. Kamar yang ditawarkan juga langsung menghadap ke laut seperti yang ada di Maladewa. Di malam hari, Anda juga bisa melihat keindahan langit dengan bintang-bintang. Jika Anda menginginkan akomodasi yang menawarkan fasilitas yang memanjakan, Anda bisa memilih untuk bermalam di hostel ini.

3. Homestay di Yalapale

Terletak di desa Harapan Jaya di Kepulauan Raja Ampat, hostel ini menawarkan kamar yang bersih dan terawat. Bangunannya terbuat dari bahan alami, seperti kayu, sehingga terlihat seperti alam. Pemilik penginapan juga sangat ramah. Begitu juga dengan warga sekitar hostel yang sangat ramah turis.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di area Pulau Misool.Kredit gambar: Instagram YoExplore

Untuk menuju Pulau Misool, Anda dapat dengan mudah menemukan akomodasi berupa perahu yang menjadi sarana transportasi utama di kepulauan Raja Ampat. Wahana seperti pelampung saat mengunjungi Goa Keramat atau perahu kajang juga tersedia. Anda juga bisa menggunakan jasa pemandu untuk menuju pulau ini.

Menginap di pulau cantik ini juga bukan sesuatu yang sulit. Terdapat sejumlah resort dan homestay dengan harga sewa per malam yang berbeda-beda. Hostel ini akan menyediakan fasilitas kamar yang cukup nyaman untuk beristirahat. Sebagian besar dibangun dengan bahan seperti kayu, yang memberikan nuansa tradisional.

Beberapa resort juga menawarkan fasilitas berupa persewaan peralatan untuk menyelam atau snorkeling. Selain itu, fasilitas tersebut juga dilengkapi dengan akomodasi di tempat-tempat menyelam dan pemandu terbaik sehingga Anda dapat lebih mudah menikmati keindahan terumbu karang dan ekosistem yang terdapat di sekitar perairan pulau.

Pulau Misool belum banyak dikunjungi. Namun, ada banyak destinasi yang menjadi daya tarik tersendiri dari eksotisme pulau Raja Ampat ini. Mengunjungi tempat ini, Anda akan merasakan wisata alam yang terlindungi dari campur tangan manusia.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button