Tiket dan Aktivitas Air Terjun KAKEK BODO Pasuruan - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas Air Terjun KAKEK BODO Pasuruan

Tiket dan Aktivitas Air Terjun KAKEK BODO Pasuruan

Harga tiket masuk Air Terjun Kakek Bodo : Rp 15.000. Jam buka: 07:00 – 16:00. Nomor Telepon: 0895 3505 22200. Alamat/Tempat: Jl Taman Wisata No.541, Area Sawah/Kebun, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia, 67157.

Wisata air terjun tidak selalu berkaitan erat dengan jalur gunung yang sulit dan menuntut. Di Pasuruan terdapat tempat wisata alam berupa air terjun yang mudah diakses. Meski harus menuruni anak tangga yang cukup menguras tenaga, wisatawan tidak pernah bosan ketika berkunjung ke tempat wisata bernama Air Terjun Kakek Bodo Ini.

Air terjun ini terletak di lereng Gunung Welirang, Pasuruan, Jawa Timur. Selain menampilkan keindahan air terjun alami setinggi 40 meter, ekowisata ini juga menawarkan tempat rekreasi lengkap yang cocok untuk piknik keluarga.

Tiket Masuk Air Terjun Kakek Bodo

Harga tiket masuk Air Terjun Kakek Bodo sangat terjangkau jika melihat semua fasilitas yang disediakan. Harga tiket yang berbeda berlaku untuk turis asing.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 15.000

Baca: AIR TERJUN PUTUK TRUNO, Tiket Masuk dan Pesona Pasuruan

Jam buka air terjun

Kawasan Wisata Cascade ini dibuka untuk umum setiap hari dari pagi hingga sore hari.

Jam operasional
Senin Jum’at 07.00 – 16.00 WIB
Sabtu Minggu 07.00 – 17.00 WIB

Objek Wisata Air Terjun Kakek Bodo

Ekowisata Wisata Air Terjun Kakek BodoAir Terjun Kakek Bodo berada di lereng utara Gunung Welirang, Pasuruan, Jawa Timur – Foto: Google Maps/Safitri Siyam Sari

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Agrowisata Bhakti Alam

Air terjun Kakek Bodo merupakan air terjun yang menjadi bagian dari kawasan wisata Tretes. Air terjun ini berada di tengah hutan lindung yang dikelola RPH Prigen, BKPH Lawang Barat. Mengalir di ketinggian 850 mdpl, air terjun ini berada di lereng utara Gunung Welirang.

Nama air terjun ini diambil dari legenda yang melingkupinya. Selain dihiasi legenda, Air Terjun Kakek Bodo juga memiliki berbagai fasilitas yang memadai. Ekowisata ini menawarkan pengalaman rekreasi yang dikelilingi alam dengan fasilitas yang nyaman.

Legenda kakek “bodoh”.

Makam Kakek BodoMakam Kakek Bodo dianggap keramat dan tidak boleh dikunjungi sembarangan – Foto: Google Maps/Airin Levina

Baca: Tiket Masuk dan Wahana TAMAN SAFARI PRIGEN

Nama air terjun ini dikaitkan dengan kisah seorang kakek di zaman Belanda. Dikisahkan ada seorang kakek tua yang mengabdikan hidupnya untuk sebuah keluarga Belanda. Selama pengabdiannya, hidupnya terjamin dan berkecukupan.

Namun, suatu hari dia memutuskan untuk menyerahkan semuanya. Tak paham akan hal itu, keluarga Belanda yang dulu menjadi majikannya heran. Mereka mengira Kakek bodoh karena meninggalkan hartanya.

Kakek ini pergi bertapa di bawah air terjun untuk memperoleh kesaktian. Kekuatan ini digunakan untuk membantu penduduk setempat yang kesulitan. Air terjun ini kemudian diberi nama “Kakek Bodo”, sesuai dengan julukan yang diberikan Belanda kepada kakek ini.

Makam Kakek Bodo masih ada sampai sekarang. Bentuknya berupa bangunan mirip rumah dengan atap limas. Makam ini dianggap keramat oleh penduduk setempat dan wisatawan tidak bisa sembarangan mengunjunginya.

Wisata anti bosan

Tangga menuju air terjunJalur berupa tangga menuju lokasi air terjun Kakek Bodo – Foto: Google Maps/David Webb

Baca: Tiket Masuk dan Wahana SAYGON Water Park

Berwisata ke Air Terjun Kakek Bodo merupakan pengalaman rekreasi alam yang cocok untuk keluarga. Meski berada di tengah hutan, lingkungan sekitar dan akses jalan sudah ditata sedemikian rupa. Sehingga perjalanan menuju air terjun tidak terkesan membosankan dan justru menyenangkan.

Pengalaman ini akan didapatkan khususnya bagi pengunjung yang akan melewati loket 1. Dengan melintasi portal, pengunjung tidak akan mendapat kesan memulai perjalanan di tengah hutan. Perjalanan sejauh 1 kilometer ini memang tidak akan melelahkan.

Lingkungan yang asri didukung dengan suasana hutan yang selalu terjaga. Di beberapa tempat terdapat spesies monyet yang hidup di alam bebas. Asal tidak mengganggu dan merusak, wisatawan bisa dengan nyaman menikmati rekreasi di kawasan wisata ini.

Surga selfie

Pintu masuk menuju air terjunSelain air terjun, Wana Wisata menawarkan berbagai tempat rekreasi alam lainnya – Foto: Google Maps/uletz bhulu

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas KEBUN PAK BUDI

Jalan setapak dihadirkan berupa deretan anak tangga yang lebar dan tertata rapi dihiasi berbagai tanaman hias. Pepohonan besar terhampar dan memberikan suasana teduh. Terkadang jalan ini akan melintasi jembatan yang melintasi sungai berbatu.

Di sepanjang jalan, pengunjung akan dengan mudah menemukan toilet, mushola, warung, dan penjual makanan. Pengunjung tidak perlu memaksakan diri jika sudah lelah, terutama bagi anak-anak dan orang tua. Pengunjung dapat beristirahat di rest area yang telah disediakan sebelum melanjutkan perjalanan.

Kolam renang anak-anakTersedia kolam renang untuk anak-anak yang nyaman dan aman – Foto: Google Maps/rudy atmoko

Baca: Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi dan Berbagai Taman

Ada juga beberapa spot foto yang sengaja dibuat dengan bahan dari alam. Jembatan yang dilintasi juga beragam bentuk dan warnanya. Bagi para penghobi foto, berwisata ke air terjun merupakan “surga” untuk mengumpulkan kenangan visual.

Dalam perjalanan, wisatawan akan menemukan kolam renang anak. Lumayan luas, kolam air jernih ini juga dilengkapi seluncuran. Anak-anak dapat berenang dengan aman dan bahagia di alam.

air terjun alami

Air Terjun Kakek BodoAir Terjun Kakek Bodo mengalir dari ketinggian 40 meter – Foto: Google Maps/Ips Tio

Baca: Tiket Masuk dan Wahana di Taman Dayu Water Park

Setelah melewati berbagai spot foto dan tempat tinggal monyet, pengunjung akan tiba di lokasi. Pengunjung akan disambut oleh air terjun setinggi 40 meter yang mengalir dari Sungai Kaligetik. Airnya jernih dan arusnya mengikuti musim.

Bermain air di danau air terjunPengunjung bermain air dan bersantai di danau sekitar air terjun – Foto: Google Maps/Nobita Noby

Di bawahnya terdapat kolam alami dengan kedalaman hingga 5 meter. Daerah sekitarnya didominasi oleh bebatuan besar yang licin. Pengunjung memiliki banyak kegiatan di sini. Pengunjung bisa berenang, bermain air, atau sekedar duduk santai di atas batu sambil menikmati keindahan air terjun.

Akses Air Terjun Kakek Bodo

Ada tiga gerbang masuk untuk mengakses air terjun wisata ini. Dari ketiganya, Counter 1 di Pines Garden Resort adalah gerbang yang paling banyak dikunjungi. Gerbang ini memiliki rute terdekat dan termudah untuk dilalui.

Sedangkan Loket 3 merupakan pintu gerbang bagi para pendaki Gunung Arjuna. Rute dari gapura ini lebih cocok untuk pendaki berpengalaman karena jaraknya yang jauh.

Instalasi Air Terjun Kakek Bodo

Fasilitas Air Terjun Wana Wisata antara lain tempat parkir yang luas, toilet, mushola, bumi perkemahan, kolam renang, taman bunga, amphitheater dan beberapa warung makan yang tersebar. Tangga atau jalan setapak yang harus dilintasi telah ditata dan dirapikan sehingga nyaman untuk dilalui.

Lokasi Air Terjun Kakek Bodo

Obyek wisata air terjun ini berada di kawasan wisata Tretes, tepatnya di desa Pecalukan, kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Ada beberapa pintu masuk yang bisa dipilih untuk mengakses lokasi. Counter 1 berada di lokasi yang sama dengan gerbang masuk ke Pines Garden Resort. Loket 2 ada di Taman Safari II Prigen. Sedangkan Counter 3 berada di belakang Surya Hotel.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button