Air Terjun Cotton Blue, keindahan alam yang tersembunyi di Lumajang - WisataHits
Jawa Timur

Air Terjun Cotton Blue, keindahan alam yang tersembunyi di Lumajang

TEMPO.CO, jakarta – Nama Air Terjun Kapas Biru mungkin belum seterkenal Air Terjun Tumpak Sewu. Namun air terjun yang juga terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini memiliki keindahan yang tak boleh dilewatkan.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Aliran airnya cukup deras di antara dua bebatuan tinggi dengan dekorasi kayu alami.

Air yang dialirinya berasal dari sungai Lengkong dan Besukbang yang bersumber di kaki Gunung Semeru. Airnya sangat jernih dan bersih dengan warna kebiruan yang terlihat dari jauh di sepanjang sisi air terjun. Sisi-sisinya dihiasi dengan keindahan pepohonan.

Jika Anda tertarik dengan air terjun ini, berikut beberapa informasinya:

Lokasi Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru berlokasi di Dusun Mulyoharjo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Jalan menuju Air Terjun Kapas Biru

Jalan menuju Air Terjun Kapas Biru berangkat dari Malang, arahkan kendaraan menuju Kepanjen – Gondanglegi – Turen – Dampit – Tirtoyudo, kemudian tiba di Ampelgading kemudian Pronojiwo hingga akhirnya sampai di Polsek Pronojiwo. Dari situ, wisatawan bisa mengikuti rambu-rambu jalan yang ada.

Perjalanan dari Malang sekitar 70 kilometer dan perkiraan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Bagi yang berangkat dari kota Lumajang, jarak tempuhnya sekitar 50 kilometer jika menggunakan kendaraan di Jalan Nasional Lumajang – Malang. Setelah 300 meter dari lapangan Pronoyivo, wisatawan akan menemukan spanduk di Blue Cotton Coban. Ikuti rambu-rambu yang mengarahkan Anda ke tempat parkir.

Trekking ke Blue Cotton Waterfall

Untuk menuju air terjun, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 1,5 kilometer dari tempat parkir. Jalur yang akan ditempuh cukup terjal, dimana masih terdapat jalur berupa tanah perakaran.

Saat pertama kali masuk, pengunjung mengikuti jalan setapak dengan medan yang cukup terjal dan harus menuruni anak tangga dengan kemiringan hampir 90 derajat. Ada juga jalan yang sedikit menanjak.

Untuk mencapai kawasan air terjun, pengunjung harus melewati sungai yang agak sulit dengan bebatuan berserakan dengan ukuran berbeda. Penyeberangan sungai ini unik, meski batang pohonnya tidak terlalu besar. Pastikan memakai sepatu anti selip agar tidak terpeleset.

Jam buka air terjun Kapas Biru

Jam operasional Air Terjun Kapas Biru buka setiap hari mulai pukul 05:00 hingga 16:00 WIB. Mengingat jalur trekking cukup terjal dan tidak dilengkapi dengan penerangan yang memadai, usahakan berangkat pagi agar waktu pulang dari Coban Kapas Biru tidak terlambat.

Tata letak Air Terjun Kapas Biru

Pengunjung tidak akan menemukan fasilitas apapun di sekitar air terjun. Padahal, lokasinya masih alami. Semua fasilitas yang tersedia berada di sekitar tempat parkir mobil, seperti toilet, warung makan, dan mushola.

Aktivitas di Air Terjun Kapas Biru

Sepanjang jalur pendakian menuju air terjun Kapas Biru, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan alam yang mempesona. Hujan dan keindahan tanaman serta udara sejuk membuat Anda merasa seperti di rumah sendiri.

Saat tiba di lokasi air terjun, suara airnya terasa menenangkan. Duduk-duduk di bebatuan di sekitar sungai saja sudah menyenangkan.

Jika ingin merasakan lebih, Anda bisa bermain air. Namun tentunya Anda tidak bisa terlalu dekat dengan kawasan air terjun karena derasnya aliran air dari atas. Cukup mencelupkan kaki Anda ke dalam air dingin sudah cukup menyegarkan.

Tips berwisata ke air terjun

Untuk menuju air terjun ini, pengunjung harus mendaki atau berjalan kaki di luar ruangan. Oleh karena itu, beberapa persiapan diperlukan untuk memastikan perjalanan berjalan lancar dan aman.

Pastikan terlebih dahulu kondisi cuaca cerah karena saat hujan jalur trekking sangat licin. Sebaiknya gunakan alas kaki yang tidak licin dan nyaman agar tidak terpeleset.

Untung pengunjung membawa cukup makanan dan minuman. Namun jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan area tersebut.

Destinasi wisata ini tidak cocok untuk anak-anak atau orang tua karena jalur pendakiannya cukup terjal. Pengunjung juga disarankan untuk datang pada pagi hari agar bisa menikmati keindahan air terjun lebih lama.

Tiket air terjun Cotton Blue

Tiket yang harus dibayar untuk menikmati keindahan Air Terjun Kapas Biru ini sekitar Rp 5.000 per orang. Dengan harga tersebut, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alam yang menyegarkan pikiran.

JENIATI ARTAULI TAMPUBOLONE

Baca juga: Menikmati keindahan Air Terjun Cikaracak Kabupaten Bogor memberikan fisik yang kuat untuk trekking dan berkemah

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button