10 Foto Telaga Rambut Monte Blitar: Harga Tiket Masuk, Atraksi, Pemandian Kristal! - WisataHits
wisatahits

10 Foto Telaga Rambut Monte Blitar: Harga Tiket Masuk, Atraksi, Pemandian Kristal!

10 Foto Telaga Rambut Monte Blitar: Harga Tiket Masuk, Atraksi, Pemandian Kristal!

Telaga Rambut Monte merupakan salah satu tempat wisata yang sedang populer di Blitar. Telaga yang terletak di perkebunan teh ini menyimpan banyak hal unik.

Tidak hanya tempat untuk menyegarkan namun danau ini menyimpan cerita dan legenda sejarah yang menarik. Pura Rambut Monte dikelilingi oleh rerimbunan pohon besar yang menaungi tempat wisata Blitar. Danau ini tidak terlepas dari cerita mistis dan legenda para dewa ikan.

Lokasi

Terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gadunsari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, hanya membutuhkan waktu satu jam berkendara menuju pusat kota Blitar. Akses jalan menuju lokasi wisata Telaga Rambut Monte sudah diaspal dengan baik meskipun aspalnya sudah banyak yang rusak.

Akses jalan dapat digunakan oleh kendaraan roda dua atau empat. Suasana tenang dan hening akan menyambut siapa saja yang datang meski ramai pengunjung.

Tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang asri ini sangat memanjakan mata, belum lagi ditambah air danau yang jernih kebiruan. Kios-kios yang ada di sekitar tempat wisata danau menambah nyaman suasana untuk berkunjung ke tempat wisata Blitar.

Kunjungi juga: Kampung Cokelat Blitar

Harga Tiket Masuk Danau Rambut Monte

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata di Monte Hair, Anda perlu menyiapkan tiket masuk atau biaya parkir. Berikut daftar harga yang ditampilkan di depan loket masuk tempat wisata tersebut:

  • Dewasa: Rp 3000 per orang
  • Anak-anak : Rp 2000 per orang
  • Jika Anda memiliki grup minimal 25 orang, Anda akan menerima diskon 15%.

Tarif parkir kendaraan adalah sebagai berikut:

  • Bus Rp 3000 per kendaraan
  • Minibus Rp 2000 per kendaraan
  • Moto Rp.1000 per kendaraan

Tarif ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Keunikan Danau Rambut Monte

Tempat wisata dibuka sejak tahun 1996 dan dikelola oleh pemerintah setempat. Pada awalnya danau ini tidak seluas sekarang. Pada tahun 1965 setelah berakhirnya G30S/PKI, danau ini diperbesar oleh bekas tahanan PKI yang masih hidup.

Suasananya yang tenang, nyaman dan hening menghadirkan suasana yang romantis. Kemistikan tempat wisata ini masih terasa di kawasan wisata dan aktivitas masyarakat. Setahun sekali, penduduk setempat mengadakan prosesi – mengiringi semua jenis seni dengan mengorbankan Wedus Kendit.

Usai melakukan genduren (slametan), daging kurban dibagikan kepada warga desa. Hal ini bertujuan untuk memulai mata pencaharian masyarakat sekitar danau.

Danau Rambut Monte di Blitar, Jawa Timur (foto IG @indoflashlight)Danau Rambut Monte di Blitar, Jawa Timur (foto IG @indoflashlight)

Asal Usul Kolam Rambut Monte

Menurut rumor dari masyarakat setempat, Kuil Rambut Monte merupakan perwujudan dari Rahwana dan yang dikutuk oleh nenek Monte. Di sebelah candi terdapat artefak berupa lingga yoni yang melambangkan kesuburan.

Meski candi ini tidak terlalu besar, menurut Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Candi ini memiliki nilai sejarah yang sangat penting, terutama berkaitan dengan kerajaan Majapahit. Selama ini belum ada literatur yang dapat mengulas secara lengkap sejarah candi Mbah Monte.

Di sekitar candi terdapat danau yang sangat jernih dan indah. Masyarakat setempat percaya bahwa di danau tersebut terdapat ikan dewa yang akan muncul kapan saja.

Berbicara masalah ikan dewa, konon ikan yang ada di danau itu adalah prajurit Mbah Monte. Karena kelalaiannya, Mbah monte menjadi murka dan mengutuk para prajurit menjadi ikan yang hingga kini menghuni danau tersebut.

Mengingat tempat ini cukup sakral, setiap pengunjung diwajibkan untuk mematuhi peraturan yang berlaku. Salah satunya harus menjaga perkataan dan perbuatan di sekitar tempat wisata ini. Karena Mbah Monte akan sangat marah dengan orang yang tidak bisa mengontrol perkataan dan perbuatannya.

Kunjungi juga: Taman Cambuk Kota Blitar

Tempat Menarik di Telaga Rambut Monte Blitar

Ada beberapa hal yang menarik dari tempat wisata Telaga Rambut Monte Blitar yang membuat tempat wisata ini sangat populer.

1. Kuil Rambut Monte

Kuil Rambut Monte melalui IndoflashlightKuil Rambut Monte melalui Indoflashlight

Bangunan pertama yang Anda lihat saat memasuki wisata ini. Ada sebuah candi yang menunjukkan bahwa itu adalah tempat bersejarah. Di bagian candi ini terdapat artefak “Phallus Yoni” yang merupakan simbol kesuburan.

Adanya artefak tersebut menandakan bahwa Pura Rambut Monte sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia. Candi Monte yang berbentuk monyet dan relief naga batu ini juga dikaitkan dengan sejarah Mbah Monte.

Kunjungi juga: Arung Jeram Soko Adventure Blitar

2. Danau Rambut Monte

Sifat hijau rambut Monte.  Foto oleh Gmap dhika railfansSifat hijau rambut Monte. Foto oleh Gmap dhika railfans

Telaga ini menjadi andalan wisata Rambut Monte. Dari danau yang memiliki air jernih dan sejuk, ditambah rimbunnya pepohonan menambah kesejukan tempat wisata ini.

Di tengah danau terdapat mata air yang menghasilkan warna biru tosca. Kesejukan Danau Rambut Monte terlihat sempurna dengan ratusan ikan sengkaring.

Lihat juga: 6 kegiatan di Makam Bung Karno Blitar

3. Ada ikan sengkaring

Ikan sengkaring penghuni Telaga Rambut Monte.  Foto: Gmap/Cashback ManIkan sengkaring penghuni Telaga Rambut Monte. Gmap Cashback Man Foto

Ada lebih dari 100 ikan Sengkaring di danau ini, dengan ukuran ikan mencapai 30cm. Warna ikan dewa ini abu-abu kecoklatan dengan sisik tegas, kepala ikan lebih besar dari badannya.

Secara umum, perawakannya merupakan persilangan antara lele dan hiu. Ikan sengkaring termasuk ikan keramat di berbagai daerah di Jawa.

Ikan purba yang hampir punah ini hanya bisa ditemukan di dua tempat, yaitu Pemandian Banyu Biru Pasuruhan dan Telaga Rambut Monte Blitar. Ini adalah ikan keramat, tidak ada yang berani menangkap, membunuh atau memasak ikan ini.

4. Mata Air Dandang

Sumber Dandang via MblitarSumber Dandang via Mblitar

Tak jauh dari danau, terdapat bendungan kecil bernama Sumber Dandang. Sebelumnya, tempat ini mirip dengan Danau Rambut Monte sebelum dibendung. Tempat ini biasanya digunakan untuk mandi oleh penduduk desa setempat. Karena di pagi hari airnya panas dan siangnya dingin.

Warna air Sumber Dandang juga tidak jauh berbeda dengan Telaga yaitu berwarna kebiruan pada sumbernya. Pada malam hari, suara air mengalir mirip dengan suara air mendidih di dalam panci.

Dari kejadian tersebut, nama tempat ini diberi nama Sumber Dandang. Sejak ada korban wisatawan yang tenggelam di sini, ada larangan keras mandi di sini.

5. Kolam renang

Jika ingin berenang, tour leader menyediakan kolam yang lebih aman di tepi danau. Dulu, tempat ini sering digunakan untuk mencuci pusaka keluarga.

Kolamnya sumber mata air dari Sumber Dandang, kalau pagi airnya hangat dan sorenya dingin. Jadi anda bisa memilih untuk berenang di tempat yang aman atau berenang di tempat yang keramat.

* * * * *

Demikian ulasan tentang Telaga Rambut Monte Blitar yang layak dikunjungi saat akhir pekan atau di musim liburan yang akan datang. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan untuk Anda dan keluarga atau pasangan tercinta.

Kunjungi juga: Kebun Taman Rojo Blitar

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button