Tiket & Atraksi GUNUNG TIDAR Magelang - WisataHits
wisatahits

Tiket & Atraksi GUNUNG TIDAR Magelang

Harga tiket masuk Gunung Tidar : Rp 3.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Magersari, Magelang Selatan, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 59214.

Magelang yang berada di tengah Pulau Jawa merupakan daerah yang dikelilingi oleh pegunungan besar. Misalnya, Merbabu, Merapi, Sindoro, dan Sumbing sepertinya menjadi tembok kota ini. Namun ada satu gunung yang cukup unik karena terletak di tengah kota Magelang. Gunung itu Gunung Tidar. Berbeda dengan yang lain, gunung ini tidak terlalu tinggi dan lebih mirip bukit.

Kawasan tersebut merupakan objek wisata alam dan religi. Keindahan alam yang asri dengan hutan yang masih sangat lebat menjadi ciri khasnya. Selain itu, kawasan ini juga menyimpan berbagai kisah sejarah yang panjang. Di puncak gunung terdapat 3 makam yang dianggap keramat oleh masyarakat. Yakni makam Syekh Subakir, Kyai Sepanjang dan Kyai Semar. Kemudian di gunung ini setiap tahun juga diadakan acara adat yaitu Slametan Paser Bumi.

Harga tiket masuk Gunung Tidar

Untuk menikmati keindahan alam Gunung Tidar atau mendaki ke puncaknya, wisatawan perlu membayar tiket masuk. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harga tiket di tempat ini sangat murah. Cukup bayar sekali, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alam sambil belajar sejarah.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp3.000

Baca: Tiket Masuk dan Pesona KETEP PASS Magelang

Jam Buka Gunung Tidar

Untuk mengunjungi objek wisata Gunung Tidar, wisatawan bisa datang kapan saja. Karena tempat ini selalu buka 24 jam sehari.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Pernah dijuluki gunung kematian

Suasana hutan begitu asri dan rindangPesona asri masih terasa di tempat ini dengan pepohonan yang rindang. Foto: Gmaps/Trunan Tidar Magelang Channel

Gunung ini pada zaman dahulu dianggap memiliki kekuatan mistik yang besar. Dinamakan Gunung Tidar karena dahulu gunung ini dipercaya angker. Menurut kepercayaan orang yang memasuki gunung ini tidak akan bisa keluar darinya. Tidar sendiri merupakan gabungan dari dua kata yaitu die dan modar. Namun di masa sekarang, tempat ini justru berubah menjadi destinasi wisata unggulan di Magelang.

Selama di sini, wisatawan bisa berwisata di alam maupun di bidang pendidikan. Gunung Tidar kini telah dipugar menjadi kebun raya dengan koleksi ratusan jenis tumbuhan dan pohon. Wisatawan juga bisa melihat berbagai satwa asli tempat ini. Kemudian ada juga beberapa makam yang dianggap keramat dan sering dikunjungi wisatawan berziarah. Selain itu, masih banyak kegiatan menarik lainnya yang tersedia.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas CANDI BOROBUDUR

Keindahan Kebun Raya Gunung Tidar

Salah satu area favorit disini adalah area Botanical Garden. Di Kebun Raya Gunung Tidar, wisatawan dapat menikmati keindahan alam dengan berbagai jenis tumbuhan. Beberapa tumbuhan yang ada antara lain Enau, Asem Jawa, Asem Londo, Bambu Cendani, Bringin, Benying dan masih banyak lagi lainnya. Berada di ketinggian 503 mdpl, udara di tempat ini cukup segar dan pastinya bebas polusi.

Wisatawan juga bisa melihat monyet bergelantungan di pohon atau aneka burung berwarna-warni. Beberapa tips untuk berkunjung ke sini, Jika membawa makanan, simpan di dalam tas. Karena biasanya monyet sangat nakal dan karena itu suka mengambil makanan dari wisatawan.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana TAMAN KYAI LANGGENG Magelang

Mencapai puncak Gunung Tidar

Naik dan turun dari Gunung TidarDi lokasi ini telah disediakan tangga untuk mengakses puncak. Foto: Gmaps/Arya Bajak Laut Sneakerhead

Wisatawan juga bisa mencapai puncak Gunung Tidar. Tidak butuh waktu lama untuk mencapai puncak karena ketinggian gunung ini tidak lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut. Selain itu, terdapat pula akses menuju puncak berupa tangga dengan pegangan tangan di kedua sisinya.

Sepanjang jalan, pemandangan hutan hijau yang menyegarkan siap menemani Anda. Meski tidak terlalu tinggi, Anda tetap harus memperhatikan kondisi fisik sebelum memutuskan untuk mendaki ke puncak.

Baca: Tiket Masuk SVARGABUMI BOROBUDUR dan Tempatnya Indah

3 makam suci

Makam Keramat Gunung TidarDiantara ketiga makam tersebut, salah satunya adalah makam Kyai Semar yang memiliki dinding melingkar. Foto: Gmaps/Andrey Sevotyasnov

Selain untuk menikmati keindahan alam pegunungan, tujuan lain wisatawan datang ke tempat ini adalah untuk berziarah. Di Gunung Tidar terdapat tiga makam keramat. Ketiga makam itu milik Syekh Subakhir, Kyai Sepanjang dan Kyai Semar. Siekh Subakhir adalah seorang tokoh Islam yang menyebarkan ajaran Islam ke tanah Jawa, khususnya ke Magelang.

Selanjutnya Kyai Sepanjang adalah jelmaan tombak yang digunakan Syekh Subakhir untuk mengalahkan jin Gunung Tidar. Kemudian yang terakhir adalah Kyai Semar, seorang perkasa jenius yang pernah menguasai Gunung Tidar di masa lalu. Biasanya orang yang percaya akan mengadakan ritual di area kuburan pada malam-malam tertentu.

Baca: Tiket Masuk HUTAN PINUS KRAGILAN dan selfie di lokasi

Tengara dan Tengara

Gunung dengan monumen di dalamnyaDi kawasan wisata ini terdapat bangunan tugu dan tugu yang memiliki makna tersendiri. Foto: Gmaps/Sun Chaser Magelang

Hal unik lainnya dari tempat wisata ini adalah adanya landmark dan monumen. Yang pertama adalah tugu “Sa” yang merupakan simbol dari Gunung Tidar yang konon menjadi puncak dari tanah Jawa. Sa sendiri berarti Sapa, Shalat dan Seleh.

Lalu ada Monumen Tanah Air Satu Bangsa. Gedung tersebut merupakan simbol persatuan olahraga di Indonesia. Keberadaan tugu ini dikarenakan kawasan pegunungan ini juga sering digunakan oleh masyarakat setempat untuk kegiatan olahraga.

Baca: Tiket Masuk SILANCUR HIGHLAND Magelang dan Berbagai Aktivitasnya

Acara adat Ruwat Bumi

Setiap tahun juga akan ada acara Ruwat Bumi. Acara ini berlangsung setiap peringatan Maulid Nabi. Ini adalah bentuk rasa syukur masyarakat setempat atas berkah hidup. Selama kegiatan berlangsung, berbagai rangkaian acara akan ditampilkan. Mulai dari pembersihan (cleansing) Gunung Tidar, wayang golek sepanjang malam, pawai tari hingga kirab budaya yang berlangsung di hari terakhir.

Fasilitas di Gunung Tidar

Obyek wisata alam sudah memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai. Ada area parkir, toilet, mushola, bangku taman, gazebo, dan warung makan di sini.

Alamat Gunung Tidar

Secara administratif, Gunung Tidar terletak di Magersari, Kabupaten Magelang Selatan, Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya sangat strategis karena hanya berjarak 2,4 km dari pusat kota yang hanya membutuhkan waktu 10 menit perjalanan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button