Pulau Pombo, pulau eksotik dengan keindahan bawah laut di Maluku - WisataHits
wisatahits

Pulau Pombo, pulau eksotik dengan keindahan bawah laut di Maluku

Biaya kunjungan: Dari Rp 100.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Wah, Kek. Salahutu, Kab. Maluku Tengah, Maluku; Kasus: Verifikasi lokasi

Membahas kekayaan alam Kepulauan Maluku sepertinya tidak ada habisnya. Banyak sekali tempat-tempat indah yang bisa menjadi referensi tujuan wisata saat liburan tiba. Pulau Pombo adalah salah satu tempat yang mempesona untuk dikunjungi ketika berkunjung ke Maluku.

Pulau Maluku yang kecil ini memiliki pesona yang luar biasa. Lokasinya yang jauh dari pemukiman penduduk menjadikan pulau ini sangat asri dan alami. Selain itu, ragam fauna dan flora turut menambah kekayaan dan pesona pulau kecil ini.

Tak hanya di darat, keindahan pulau cantik ini juga terwujud dalam keanekaragaman biota laut yang mampu memukau siapa saja yang melihatnya. Tak heran jika banyak wisatawan dari luar daerah yang rela datang agar bisa menikmati semua keindahan alamnya.

Daya Tarik Pulau Pombo

Obyek wisata Pulau PomboKredit gambar: Google Maps Noor Fitriya

1. Pesona alamnya yang menakjubkan

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Pombo, pengunjung akan disambut oleh pemandangan alam yang sungguh mempesona. Pemandangan alam yang terbentang sejauh mata memandang akan memanjakan mata Anda saat berkunjung ke sini.

Jernihnya air laut berpadu dengan putihnya pasir pantai menciptakan pesona alam yang luar biasa. Pemandangan tersebut semakin terhias sebagai bagian dari keindahan alam yang dimilikinya.

2. Wisata bawah laut yang eksotis

Selain kekayaan hayati yang terhampar di permukaan, Pulau Pombo juga menyimpan potensi pesona bawah laut. Keindahan bawah lautnya bahkan bisa dinikmati di atas permukaan airnya yang sangat jernih.

Terumbu karang warna-warni dan rumput laut yang dikelilingi ikan-ikan cantik seakan menciptakan tontonan bawah air yang sungguh menawan. Beberapa biota laut bahkan berenang di dekat wisatawan yang menyelam di sekitar laut.

3. Suasananya selalu asri

Letak pulau yang jauh untuk dijangkau membuat ekosistemnya tetap terjaga. Semilir angin pantai sangat sejuk, serta pemandangan alam yang indah di sana pasti akan memanjakan mata dan pikiran para wisatawan.

Suasana alam yang benar-benar syahdu ini mampu menghilangkan penat dan stress sehingga wisatawan menjadi lebih rileks.

4. Kekayaan flora dan fauna

Sebagai kawasan lindung, kekayaan flora dan fauna Pulau Pombo tentunya tetap terjaga. Burung Pombo adalah salah satu hewan yang menjadi maskot pulau sejuk ini. Pengunjung akan melihat banyak burung Pombo terbang di sekitar area pulau.

Laut yang merupakan kawasan perlindungan laut ini juga memiliki kekayaan bahari yang tak kalah mempesona. Aneka biota laut yang beraneka warna akan terlihat sangat indah jika dilihat dari atas permukaan laut yang benar-benar jernih ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Pulau PomboKredit gambar: Google Maps Gary Murakami

Letaknya yang berada di tengah laut membuat pulau kecil ini tidak memiliki banyak akses, selain menggunakan transportasi air seperti perahu atau speedboat. Pulau indah ini terletak sekitar 38 km dari kota Ambon atau memakan waktu sekitar satu jam tiga puluh menit perjalanan darat dan laut.

Bagi pengunjung yang datang dari Bandara Patimura bisa melalui jalan provinsi hingga tiba di pelabuhan Tulehu. Dari pelabuhan, Anda bisa menyewa speedboat atau menggunakan jasa kapal nelayan yang ada di sekitar dermaga.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Pelabuhan Feri Waii sebagai alternatif penyeberangan ke Pulau Pombo. Jarak dari Pelabuhan Feri Waii yang lebih dekat dengan pulau, membuat perjalanan laut Anda lebih cepat untuk sampai ke lokasi.

Biaya perjalanan ke pulau

Biaya Wisata Pulau PomboKredit gambar: Google Maps Alan Teo

Wisatawan dapat memilih dua layanan transportasi yang tersedia di dermaga untuk menuju pulau. Bagi wisatawan yang ingin menyewa speedboat, harus menyediakan dana mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 300.000 untuk satu orang.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa jasa nelayan dari pelabuhan. Hanya dengan biaya sekitar Rp 100.000 per orang atau bahkan kurang, para nelayan akan menemani wisatawan ke Pulau Pombo.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Pombo

Aktivitas wisata di Pulau PomboKredit gambar: Google Maps Ria Radamusa

1. Snorkling

Salah satu penawaran yang menarik dan selalu disukai oleh pulau cantik ini adalah menjelajahi keindahan alam bawah lautnya, banyak pilihan untuk menikmatinya, salah satunya adalah snorkeling di perairan pulau kecil ini.

Airnya sangat jernih sehingga semua biota laut terlihat dari permukaan. Berenang di permukaan laut yang sangat bersih dan segar sambil menikmati keindahan bawah laut yang tiada tara tentunya menjadi pengalaman yang sangat berkesan.

2. Menyelam

Bagi Anda yang belum puas dengan aktivitas snorkeling, Anda bisa mencoba aktivitas menyelam untuk menikmati kekayaan laut dengan sensasi yang berbeda. Anda akan dapat menikmati buih fauna dan flora dasar laut dari dekat.

Berenang dengan biota laut yang sangat indah dan berwarna ini tentu membuat siapa saja tidak ingin segera beranjak dan berlama-lama di laut, namun tetap berhati-hati dan patuhi semua petunjuk dari pemandu agar aktivitas menyelam Anda tetap aman dan menyenangkan. .

3. Berenang

Mengunjungi Pulau Pombo rasanya kurang pas jika tidak berenang dan menikmati kesejukan airnya. Memiliki ombak yang relatif kecil tentu menjadi nilai tambah bagi pulau sukses ini, sehingga pengunjung bisa berenang dan bermain air sepuasnya tanpa takut tersapu ombak.

Rasakan kesegaran air lautnya yang sangat jernih dan selalu begitu indah. Berenang bersama teman atau keluarga tercinta di tengah alam yang masih sangat terjaga tentunya akan menambah keceriaan dan keseruan liburan Anda.

4. Di Sekitar Pulau

Melewati permainan air, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya di daratan pulau hits ini. Salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke sini adalah mengunjungi pulau tersebut. Luas pulau yang hanya sekitar 4 kilometer persegi ini tentu medannya cukup mudah untuk dijelajahi.

Seluruh bagian pulau tak berpenghuni ini bisa Anda jelajahi dengan aman, karena tidak ada hewan yang berbahaya. Sambil menjelajah, Anda akan menemukan berbagai kekayaan flora dan fauna yang mendiami pulau sejuk ini.

Jalan-jalan keliling pulau sambil menyeruput keindahan alam yang sungguh kaya ini tentu akan memberikan pengalaman berharga selama liburan Anda. Apalagi, banyaknya populasi burung Pombo yang menemani perjalanan di perjalanan juga akan membuat aktivitas Anda semakin menarik.

5. Kamp

Sebagai pulau yang tidak berpenghuni, Pulau Pombo tentu saja bisa ramai semau Anda. Bagi wisatawan yang tidak hanya sekedar menikmati keindahan alam pulau ini, maka kegiatan camping tentunya menjadi pilihan yang menarik untuk memuaskan hasrat anda.

Sifatnya yang sangat alami dan udaranya yang segar membuat pantai yang indah ini sangat menyenangkan untuk dijadikan tempat perkemahan. Menghabiskan malam di alam terbuka yang tidak ada penghuninya tentu merupakan aktivitas yang cukup menantang namun juga menyenangkan.

Pepohonan yang cukup rindang di sekitar pulau dapat digunakan untuk berteduh atau untuk kegiatan lain seperti memasak atau makan bersama. Jadi bagi yang membawa pancing tentunya bisa digunakan untuk memancing sebagai tambahan menu makanan saat camping di pulau keren ini.

6. Berburu Foto Keren

Keindahan panorama alam yang terbingkai indah di sebuah pulau kecil tentunya wajib untuk diabadikan. Hampir setiap sudut pulau sejuk ini memamerkan keindahan tiada tara.

Menggunakan background Pulau Pombo yang keren ini untuk gaya pasti akan membuat foto kamu semakin keren dan menarik. Gradasi warna natural yang sangat indah juga mampu memberikan sentuhan artistik pada setiap bidikannya.

Anda juga bisa menggunakan kamera anti air yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen langka di laut.Berpose dengan biota laut yang indah berwarna-warni pasti akan menghasilkan foto yang bagus untuk diunggah ke media sosial.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Wisata Pulau PomboKredit gambar: Google Maps Ririn Ambar

Letak pulau yang terpencil dan ketiadaan penduduk membuat pulau indah ini sangat minim fasilitas. Anda tidak akan menemukan fasilitas apapun yang tersedia di sekitar pulau ini. pengunjung juga akan disuguhkan hanya dengan pasir putih dan pepohonan tanpa manusia.

Satu-satunya fasilitas umum yang bisa dinikmati adalah transportasi air yang mengantarkan Anda ke lokasi. Meski begitu, kapal atau speedboat tidak akan berlama-lama di Pulau Pombo dan kembali ke dermaga.

Jika wisatawan ingin menikmati serunya diving atau snorkeling, mereka bisa menyewa peralatan sekaligus pemandu aktivitas dari jasa persewaan sebelum menuju ke pulau. Sedangkan jika ingin berkemah, wisatawan harus menyediakan segala perlengkapannya sendiri, mulai dari tenda hingga perbekalan obat-obatan dan makanan.

Pulau kecil ini sebenarnya memiliki potensi keindahan alam yang sungguh luar biasa. Keistimewaan panorama alamnya mampu menarik banyak hati wisatawan untuk singgah di Pulau Pombo.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button