Dengan berat hanya 2 gram, kelelawar bumblebee adalah mamalia terkecil di dunia - WisataHits
Yogyakarta

Dengan berat hanya 2 gram, kelelawar bumblebee adalah mamalia terkecil di dunia

Harianjogja.com, JOGJA—Kelelawar berhidung babi “Kitti” atau dikenal juga dengan sebutan kelelawar bumblebee telah disebut-sebut sebagai kelelawar terkecil dan mamalia terkecil di dunia.

Sejauh ini tercatat ada 1.200 spesies kelelawar di seluruh dunia. Namun, yang terkecil dari semuanya telah ditemukan di gua-gua di Thailand dan Myanmar, yaitu kelelawar bumblebee.

mulai pusat keanehan, Ukuran kelelawar ini berkisar antara 29 hingga 33 mm dan beratnya hanya 2 gram, sedangkan lebar sayap kelelawar bumblebee ketika dibentangkan hanya 170 mm. Sangat kecil sehingga mamalia ini dapat beristirahat di atas jari manusia.

DIDUKUNG:

Kepresidenan G20 Indonesia, momentum pemulihan dunia dari krisis global

Mamalia ini ditemukan oleh ahli biologi Thailand Kitti Thonglongya pada tahun 1973. Kemudian dia menempelkan namanya di jalan.

Saat ini, kelelawar bumblebee telah menjadi objek wisata populer di Thailand bagian barat. Ada 44 gua kapur yang biasanya menjadi tempat bertengger spesies ini. Selain itu, 5 gua tempat tinggal mereka juga telah ditemukan di Myanmar.

Sayangnya, perhatian manusia memiliki konsekuensi negatif bagi habitat kelelawar lebah. Pakar kelelawar Thailand Pipat Soisook mengungkapkan bahwa beberapa gua telah menjadi tempat, menghancurkan habitat kelelawar.

“Ekowisata seharusnya baik-baik saja jika wisatawan tidak merusak atau mengubah habitat alami. Namun, dalam banyak kasus, ketika sebuah gua diiklankan sebagai objek wisata [pemandu] Mereka biasanya memodifikasi gua agar lebih nyaman bagi wisatawan,” kata Soisook.

Saat ini, kelelawar berhidung babi “Kitti” adalah satu-satunya spesies yang masih ada dalam keluarga Craseonycteridae. Dalam survei yang dilakukan pada tahun 2009, populasi kelelawar bumblebee di Thailand saat ini adalah sekitar 45.000 individu. Sekarang tidak ada data pasti tentang jumlah di Myanmar, tetapi diyakini jumlahnya lebih sedikit.

Kelelawar Bumblebee diketahui hidup dalam koloni kecil yang terdiri dari 10 hingga 100 individu. Mereka adalah predator nokturnal yang menggunakan ekolokasi untuk berburu berbagai spesies serangga. Kelelawar kecil hanya meninggalkan sarang selama 30 menit di malam hari dan 20 menit saat fajar.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Sumber: Oddity Central

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button