TAMAN LANGSAT 5 Tempat Wisata - WisataHits
wisatahits

TAMAN LANGSAT 5 Tempat Wisata

TAMAN LANGSAT 5 Tempat Wisata

Harga tiket masuk Taman Langsat : Gratis. Jam buka: 06:00 – 18:00. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Jl. Barito, RT.1/RW.1, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia, 12130.

Kota besar seperti Jakarta memang penuh dengan berbagai bangunan. Namun siapa sangka, di kawasan padat penduduk Jakarta Selatan pun ternyata ada taman kota yang nyaman. Taman Langsat adalah salah satunya.

Letaknya tidak jauh dari Pasar Mayestik dan Pasar Burung Barito. Lebih mudah ditemukan jika Anda melihat Taman Ayodya yang berseberangan. Taman yang cukup luas ini menyuguhkan suasana alam di tengah hiruk pikuk kota. Jika ingin mencari udara segar di kawasan Jakarta Selatan, Taman Langsat bisa menjadi pilihan.

Tiket masuk Taman Langsat

Taman Langsat adalah taman kota yang merupakan bagian dari lembaga publik. Masyarakat dapat menggunakan fasilitas ini tanpa harus membayar biaya apapun. Siapapun bisa mengunjungi taman ini.

Tiket masuk
Biaya masuk Bebas

Baca: 6 Taman Kota Terbaik di Jakarta

Jam buka

Taman Langsat dibuka untuk umum setiap hari. Jam buka mulai pagi hingga larut malam. Taman ini biasanya tutup pada malam hari. Kunjungan malam sangat jarang karena taman ini masih lekat dengan cerita mistis.

Jam operasional
Setiap hari 06.00 – 18.00 WIB

Rekreasi teduh di tengah kota

Alun-alun di Taman LangsatTaman Langsat sering disebut sebagai ‘The Hidden Park’ alias Taman Tersembunyi – Foto: Google Maps/Ari Wibowo

Taman Langsat adalah sebuah taman kota yang terletak di Jalan Gandaria Tengah III. Posisinya tepat di depan Taman Ayodya. Taman yang diresmikan oleh Gubernur DKI Fauzi Bowo pada tahun 2010 ini memiliki luas mencapai 3,6 hektar dan memiliki berbagai fasilitas rekreasi yang memadai.

Dibandingkan Taman Ayodya, Taman Langsat memang agak tertutup dan terkesan tersembunyi. Pepohonan yang tinggi dan rimbun menjadi salah satu ciri khasnya. Ini juga yang membuatnya sering dikaitkan dengan cerita misteri. Terlepas dari kebenarannya, taman ini tetap nyaman dan menyenangkan sebagai tempat istirahat sejenak.

Baca: 5 Kegiatan Menarik di SUROPATI PARK

Tanaman subur

Bunga teratai bermekaran memenuhi sungaiSalah satu keistimewaan Taman Langsat adalah sungai yang dipenuhi bunga teratai – Foto: Google Maps/Séverine Bambang

Kawasan Taman Langsat yang luasnya mencapai 3,6 hektar memberikan ruang yang cukup luas bagi pertumbuhan pohon. Taman ini identik dengan tanaman yang rimbun dan berbagai pepohonan yang menghiasinya. Ada lebih dari 500 jenis tanaman yang tumbuh di sini. Mulai dari tanaman hias hingga pohon langka.

Sejak lama, kawasan taman memang difungsikan sebagai lumbung benih pohon. Berbagai jenis pohon untuk kebutuhan penghijauan perkotaan dikembangkan di sini. Gedung Taman Bina merupakan salah satu fasilitas yang ada di taman ini. Di sinilah pengunjung bisa melihat sekilas pembibitan.

Di taman ini juga banyak terdapat area berumput yang terbuka dan luas. Sebuah danau kecil dan sungai buatan mengalir di sana. Puluhan bunga teratai putih dan merah muda menutupi sebagian besar permukaannya. Pemandangan indah yang jarang dan sulit ditemukan di tengah kota besar bukan?

Baca: 5 Kegiatan Seru di TAMAN SITU LEMBANG

Ramah dan kekeluargaan

Area bermain anak di sudut tamanSelain arena bermain untuk anak-anak, kawasan taman ini juga memiliki fasilitas olahraga yang sederhana dan memadai – Foto: Google Maps/ishaktongtong

Taman Langsat memiliki sejumlah fasilitas rekreasi yang dapat dinikmati oleh segala usia. Salah satunya adalah taman bermain untuk anak-anak dengan wahana. Komidi putar ini terdiri dari ayunan dan tanjakan tangga.

Selain itu, banyaknya area berumput membuat taman ini menjadi tempat piknik yang nyaman. Banyak daerah yang terlindung di bawah pohon rindang. Tak sedikit pengunjung yang sengaja menggelar karpet di area taman. Spot favorit biasanya di sekitar danau yang dipenuhi teratai.

Baca: 5 Tempat Wisata di Taman Menteng

tempat berolahraga

Jalur jogging dilindungi oleh pepohonan lebatSuasana Taman Langsat yang teduh dan memiliki fasilitas yang baik kerap menjadikannya sebagai arena olahraga sederhana seperti jogging atau bulu tangkis – Foto: Google Maps/Dwithea Putri

Taman kota juga lekat dengan fungsi lapangan olahraga. Begitu pula dengan Taman Langsat yang menawarkan sejumlah fasilitas olahraga gratis. Taman ini memiliki jalan setapak joging Panjang 750 meter yang mengelilingi taman. Jalan dari paver Itu juga dikelilingi oleh pohon-pohon rindang, yang melindunginya dari terik matahari.

Di sudut lain, mungkin juga ada lapangan bulu tangkis dan jalur berpikir. Jalur pantulan ini berupa jalan berlapis batu dengan permukaan yang halus. Orang dewasa dan orang tua dapat menggunakannya sebagai titik pijat kaki.

Tempat foto alami

Sungai di Taman LangsatBanyak sudut yang teduh dan dipenuhi tanaman hias yang rimbun – Foto: Google Maps/Ari Wibowo

Rasa angker cukup banyak disematkan di Taman Langsat. Hal ini bisa jadi karena penampilannya yang dipenuhi pepohonan tinggi seperti pohon beringin. Pada malam hari, kawasan taman yang ditumbuhi pepohonan ini tampak lebih sepi dan gelap.

Namun, dari pagi hingga malam, taman ini hanyalah sebuah taman kota sederhana. Fungsinya sebagai tempat rekreasi bagi penduduk ibu kota dan paru-paru kota. Banyak juga tempat menarik di Taman Langsat yang bisa dijadikan latar foto. Salah satunya adalah sungai dengan terowongan tanaman yang indah.

Fasilitas Taman Langsat

Fasilitas umum di taman ini antara lain toilet, gazebo, bangku taman, jaringan wifi, dan area parkir. Terdapat fasilitas olahraga berupa jogging track, peralatan outdoor gym, lapangan bulu tangkis dan jalur berpikir. Ada juga area bermain anak dengan wahana seperti jungkat-jungkit, seluncuran, dan jungkat-jungkit.

Lokasi Taman Langsat

Taman kota ini terletak di Jalan Gandaria Tengah III, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Selain kendaraan pribadi, pengunjung juga bisa menggunakan transportasi umum seperti bus, subway, dan angkutan jalur. Angkutan umum yang melewati taman ini adalah Metromini jalur 69, 72 dan 74. Anda juga bisa menggunakan bus Transjakarta menuju halte Mayestik atau halte Blok M kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button