Tiga hari kemudian, Candi Borobudur menjadi pusat atraksi bagi 900 pelaku budaya melalui bahasa Indonesia - WisataHits
Yogyakarta

Tiga hari kemudian, Candi Borobudur menjadi pusat atraksi bagi 900 pelaku budaya melalui bahasa Indonesia

TEMPO.CO, Yogyakarta – Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, terpilih sebagai pusat perhelatan akbar festival seni bertajuk Indonesia Speak 2022 pada 7-11 September 2022. Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini merupakan wadah untuk mengajak generasi untuk melestarikan warisan budaya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada festival ini, hingga 900 seniman dan pegiat budaya akan memamerkan lebih dari 100 karya di acara megah ini. “Para pelaku seni dan budaya ini akan menampilkan 20 warisan budaya sebagai bahan utama karya yang akan mereka pamerkan ke publik di Candi Borobudur,” kata Direktur Artistik Indonesia Speaking 2022 Melati Suryo Dharmo pada Jumat malam, 2 September 2022 di Yogyakarta.

Melati menjelaskan, “Indonesia Bertutur” menjadi ajang media terbesar karena beberapa program besar digelar selama lima hari dengan melibatkan ratusan pekerja budaya dari berbagai daerah di destinasi prioritas. Dimulai dari aksi Selamatan Lima Gunung dengan 300 penari topeng. Ada juga Festival of Lights atau peta video yang diproyeksikan ke Candi Borobudur untuk festival tari.

Sejumlah Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) terlibat dalam acara ini untuk memperkenalkan, mempromosikan dan menawarkan edukasi langsung kepada masyarakat dan wisatawan. Seperti BPCB Sangiran (Jawa Tengah), Liang Bua (Nusa Tenggara Timur), Leang-Leang (Sulawesi Selatan), Gugus Misool (Papua Barat), Sangkulirang (Kalimantan Timur), Lore Lindu (Sulawesi Tengah), Kutai Kartanegara (Kalimantan Timur). ). ), Tarumanegara (Jawa Barat), Kompleks Candi Dieng, Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, Candi Prambanan (Jawa Tengah), Candi Gunung Kawi (Bali), Muara Takus (Riau), Muaro Jambi (Jambi), Candi Jago, Candi Singosari, Trowulan (Jawa Timur) dan Candi Bahal (Sumatera).

“Tujuan dari acara ini utamanya anak muda, untuk merangsang minat mereka terhadap isu cagar budaya, menanamkan cara berpikir tentang cagar budaya yang selama ini hanya dilihat sebagai bagian dari pariwisata, ternyata ada yang menarik lagi. sampingan untuk belajar,” kata Melati.

Indonesia Speaking sendiri akan dimeriahkan oleh penampilan sejumlah artis milenial antara lain Tulus, Letto, The Fox, Ardhito Pramono, The Finest Tree, OM Wawes, Paksi Band, Teater Garasi dan masih banyak lagi. Selama acara ini, pengunjung bebas.

WICKSONO PRIBADI

Baca Juga: Wisata Ke Borobudur Edupark, Cari Tahu Bagaimana Candi Borobudur Dibangun

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button