Pantai Wediombo, pantai pasir putih yang menawan di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Pantai Wediombo, pantai pasir putih yang menawan di Gunung Kidul

Pantai Wediombo salah satu pantai indah di gunung kidul jogja memberikan kesenangan hari libur. Pantai dikelilingi pegunungan berbatu, hamparan pasir putih dan termasuk spot surfing terbaik.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Jogja masih menawarkan keindahan alam dengan ratusan kunjungan. Salah satu sirkuit yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah wisata tepi laut. Bagi Anda yang membutuhkan vitamin sea, Anda bisa mengunjungi pantai Wediombo yang sedang populer saat ini.

Wisata tepi laut Wediombo menjadi salah satu hal yang paling menggoda untuk dikunjungi saat ini. Karena memiliki pemandangan yang sangat bagus dengan bebatuan yang membuat semua orang datang ke wisata ini.

Karena merupakan salah satu destinasi wisata pantai dengan banyak bebatuan, tak heran jika pantai ini sering dikunjungi oleh pasangan yang ingin mengabadikan momen. Atau sering juga digunakan sebagai backdrop sebelum pernikahan.

Daya Tarik Pantai Wediombo

Aktivitas Pantai WediomboKredit gambar: Facebook Yogyakarta

Destinasi wisata ini tentunya memiliki keunikan tersendiri yang membuat banyak wisatawan ingin datang ke sini. Meski merupakan pantai yang sudah lama dibuka, buktinya pantai ini masih menjadi destinasi wisata yang menarik.

1. Rasakan sensasi berenang di kolam alami

Pantai Wediombo memiliki salah satu objek wisata yang paling banyak diminati oleh wisatawan, yaitu kolam renang alami. Kolam alami itu sendiri terbentuk berkat cekungan yang mengelilingi batu karang saat air surut, sehingga Anda bisa berenang dengan bebas di kolam alami.

Selain itu, Anda juga bisa melihat langsung ikan-ikan kecil berenang sambil terbawa arus air laut saat para kru sedang pasang. Jika Anda berada di area karang depan, Anda bisa merasakan sensasi deburan ombak dan buih yang berjejer di balik batu karang.

2. Menikmati panorama matahari terbenam di Wediombo

Pantai ini juga menawarkan pemandangan yang indah yaitu terdapat pemandangan matahari terbenam yang paling bagus dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di Gunung Kidul. Mengapa demikian? Karena posisi pantai ini hampir menghadap ke barat sehingga sunset sudah di ufuk. Di pantai ini Anda juga bisa melihat matahari terbenam sambil mendaki tebing.

Waktu terbaik untuk menikmati sunset di pantai Wediombo adalah pada bulan November hingga Mei. Karena pada bulan-bulan tersebut matahari akan lebih condong ke arah selatan.

3. Dianggap sebagai pantai perawan

Dibandingkan dengan wisata lain di Yogyakarta, pantai ini tergolong pantai perawan karena letaknya yang sangat jauh dari pusat kota. Sehingga pantai ini tidak terlalu sering dikunjungi wisatawan.

Namun pantai ini masih sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berada di tempat wisata yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Pantai Wediombo

Alamat Pantai WediomboKredit gambar: Google Maps zizu

Lokasi pantai ini berada di Gunung Kidul dan berbatasan dengan pantai lain seperti Pantai Indrayanti, Pantai Baron dan masih banyak lagi. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Yogyakarta.

Mengenai rute untuk bisa sampai ke tempat wisata, dari pusat kota Yogyakarta menempuh jarak 2 jam 20 menit karena jaraknya sekitar 73,4 km. Sebenarnya, ada banyak rute yang bisa Anda pilih. Jika Anda berada di luar Jogjakarta, Anda bisa naik bus umum ke Yogyakarta.

Baru setelah itu Anda bisa berganti bus dengan rute Yogyakarta-Wonosari. Dan perjalanan selanjutnya, Anda bisa berganti bus lagi dengan arah dari Wonosari ke Jepitu.

Setiap pengunjung yang ingin masuk ke pantai Wediombo akan dikenakan biaya masuk, per orang cukup membayar Rp 5.000 saja. Namun, ada biaya tambahan lain untuk biaya parkir kendaraan. Untuk biaya parkir kendaraan roda 2 hanya Rp 2000, tapi jika menginap akan dikenakan biaya Rp 4000.

Seperti halnya kendaraan roda empat akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000, dan jika menginap akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. Ada biaya lain jika ingin menikmati berbagai aktivitas karena ada beberapa layanan yang menyediakan perlengkapan untuk snorkeling, selancar, dan lainnya.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Wediombo

Aktivitas di Pantai WediomboKredit gambar: Google Maps Yusup Marwan

1. Lakukan aktivitas selancar

Bagi Anda yang berwisata ke Pantai Wediombo, tidak hanya bisa menikmati keindahan pantainya saja, namun Anda juga bisa melakukan aktivitas yang memacu adrenalin. Yaitu sambil berselancar.

Bagi Anda yang baru mengenal dunia selancar dan belum memiliki keahlian, tidak perlu khawatir karena Anda akan dilatih oleh komunitas selancar yang berada di tepi pantai. Aktivitas ini akan membantu Anda untuk bisa berselancar dengan nyaman di pantai yang indah ini.

2. Anda bisa menikmati keindahan pantai sambil bersantai

Berwisata ke pantai tentunya berarti bersantai sambil menikmati deburan ombak, Anda bisa bersantai menggunakan hammock sendiri untuk merasakan semilir angin pantai yang dilengkapi dengan es krim kelapa yang sejuk.

3. Pergi snorkeling

Snorkeling adalah salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan wisatawan ketika datang ke pantai. Sembari snorkeling, Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut yang dipenuhi biota laut yang menggemaskan.

Di pantai ini, Anda akan menemukan dua spot snorkeling. Untuk snorkeling pertama akan anda lakukan di area sekitar pantai. Namun untuk melakukan snorkeling kedua ini jaraknya cukup jauh karena harus naik perahu.

4. Berenang di kolam alami seperti milikmu

Untuk yang satu ini merupakan salah satu aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan ketika datang ke Pantai Wediombo. Seperti disebutkan di atas, pantai ini memiliki kolam alami, sehingga Anda dapat merasakan sensasi berenang di kolam renang pribadi.

5. Nikmati sunset bersama orang tersayang

Momen unik ini paling ditunggu dan tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan. Menikmati keindahan awan yang diselimuti sinar jingga keemasan pasti akan membuat Anda jauh lebih tenang. Dengan posisi pantai yang berada di sebelah barat, pasti akan membuat Anda lebih jernih saat menikmati sunset.

6. Ambil foto Ria

Mengabadikan momen dengan berfoto tentu sangat penting, apalagi di pantai ini Anda akan mendapatkan background yang indah dan segar. Untuk membuat hasil foto Anda terlihat keren dengan pose ala selebriti.

Bagi Anda yang menyukai fotografi, Anda bisa mengasah kemampuan fotografi Anda dengan memotret pemandangan alam di Pantai Wediombo. Dan dijamin kamu akan mendapatkan banyak foto dengan hasil yang menarik dan tentunya tidak kalah dengan pemandangan di luar negeri.

7. Kegiatan memancing yang menyenangkan

Bagi anda yang hobi memancing, anda bisa menggunakan keahlian anda untuk memancing di perairan pantai. Tidak hanya surga bagi para peselancar, pantai ini juga sangat cocok bagi para pemancing.

Di pantai ini Anda bisa menikmati betapa mendebarkannya sensasi pukulan keras. Karena di pantai ini Anda bisa menemukan ikan-ikan panjang yang memiliki ukuran cukup besar.

Penginapan murah di sekitar pantai Wediombo

Akomodasi Pantai WediomboKredit gambar: Google Maps Tom McGiffen

1. Pondok dan Restoran Joglo Wediombo

Untuk pertama kalinya, ini adalah salah satu hostel terpopuler di kawasan Pantai Wediombo. Desain hostelnya seperti joglo, jadi siapa pun yang berkunjung akan betah. Hostel ini terletak di desa Pendowo, kecamatan Jepitu, sangat dekat dengan pantai. Untuk kamar, Anda bisa memesan kamar medium atau kamar besar.

2. Sundak Indraprastha dengan pemandangan laut

Untuk yang kedua adalah hostel dengan rating terbaik di Pule Gundes II. Hostel ini memiliki pemandangan yang menarik dan sangat indah, apalagi hostel ini memiliki dinding kaca sehingga Anda bisa langsung melihat keindahan pantai.

Untuk fasilitas yang dimiliki tempat ini menawarkan pelayanan yang sangat baik. Selain itu, sarapan gratis di hostel ini untuk para pengunjungnya. Lokasi cukup strategis untuk datang hostel ini sangat recommended.

3. Rumah Joko Samudro

Hostel ini juga sangat terkenal karena menawarkan tarif yang sangat terjangkau. Dengan parkir gratis dan luas sehingga wisatawan tidak perlu khawatir mencari tempat. Hostel ini sendiri juga sangat dekat dengan beberapa pantai di Gunung Kidul dan salah satunya adalah pantai Wediombo.

4. Akomodasi Royal Joglo

Untuk akomodasi, memiliki fasilitas yang memadai. Tarif Terjangkau Anda sudah bisa menikmati free wi-fi di setiap kamar. Memiliki kamar mandi pribadi sehingga privasi Anda tetap terjaga.

Selain itu, ada tempat parkir yang sangat luas. Dalam hal ini, resepsionis 24 jam siap membantu Anda.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Wediombo Jogja

Fasilitas Pantai Wediombo JogjaKredit gambar: Google Maps Niken Satyawati

1. Toilet umum

Karena pantai ini merupakan tujuan wisata yang cukup ramai setiap tahunnya. Maka tak heran jika ada toilet umum untuk pengunjung.

Karena Tuhan menciptakan keindahan alam yang demikian, jangan sampai mencemarinya. Untuk itu, toilet umum disediakan untuk memudahkan wisatawan.

2. Tempat Ibadah (Mushola)

Setelah mengetahui siapa yang beragama Islam, Anda tidak perlu khawatir karena di pantai Wediombo terdapat musholla yang akan memudahkan Anda untuk mengamalkan ibadah. Masjid ini cukup bersih dengan mukena dan sarung yang tersedia.

3. Ada stand makanan

Setelah melakukan aktivitas berat, tak ada salahnya untuk mengisi ulang baterai dengan mencicipi berbagai menu di warung makan. Untuk warung makan di sekitar pantai, harganya cukup terjangkau.

Dan soal rasa, jangan diragukan lagi. Dengan menu seafood pasti akan membuat anda semakin ketagihan.

4. Parkir mobil luas

Jika anda membawa kendaraan pribadi anda tidak perlu khawatir karena tersedia tempat parkir yang sangat luas. Meski jaraknya cukup jauh dari pantai, setidaknya Anda tidak memarkir kendaraan secara sembarangan.

Demikian sekilas informasi yang diberikan kepada anda tentang destinasi wisata Pantai Wediombo yang merupakan wisata bahari untuk keluarga. Buat kamu yang ingin datang ke pantai ini, jangan lupa siapkan tenaga ekstra untuk melakukan beberapa aktivitas seru.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button