Dinporapar Pati mengajak Pemdes untuk meningkatkan akses ke tempat wisata - WisataHits
Jawa Tengah

Dinporapar Pati mengajak Pemdes untuk meningkatkan akses ke tempat wisata

Dinporapar Pati mengajak Pemdes untuk meningkatkan akses ke tempat wisata

PATI, Lingkarjateng.id – Musim hujan menyebabkan banyak ruas jalan di Kabupaten Pati yang rusak. Ternyata kondisi jalan yang rusak ini berdampak pada kunjungan wisatawan ke tempat wisata.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati melalui Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata (Kabid) Muhammad Roni menekankan pentingnya kerjasama antara Dinporapar dengan dinas terkait lainnya dalam penyediaan sarana dan prasarana (sarpras) yang baik guna mendukung potensi atraksi wisata tersebut.

“Pariwisata di Pati terus terang terkendala infrastruktur. Juga, kami dibatasi di sana di musim hujan ini. “Di desa wisata, kewenangannya ada di desa. Jadi kalau kami berkunjung ke sana dan melihat jalan rusak, kami akan mengimbau kepada pemerintah desa untuk segera memperbaikinya,” ujarnya.

Menurutnya, rusaknya jalan atau infrastruktur (sarpras) di tempat wisata membuat masyarakat enggan berwisata.

Oleh karena itu, diperlukan partisipasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bersama Pemerintah Desa (Pemdes) dalam mempromosikan desa wisata.

Tak hanya desa wisata, lanjut Roni, objek wisata yang dikelola Pemkab Pati juga tak kalah penting untuk menarik perhatian. Karena itu, kerja sama dengan Departemen Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) dalam menangani kerusakan jalan terus diintensifkan.

Sehingga jika sarana infrastruktur mumpuni, dia optimistis pengembangan pariwisata di Kabupaten Pati dapat berjalan lancar. Berbagai jenis promosi juga selalu diulang Dinporapar, dengan tujuanmerek Nama Pati di kancah nasional.

“Kami terus berupaya untuk mempromosikan pariwisata. Baik melalui media sosial, media on line, serta media cetak. Potensi wisata di Pati masih kami garap untuk dikenal oleh kabupaten lain, minimal di Jawa Tengah,” imbuhnya.

Promosi pariwisata tidak hanya digencarkan dengan berbagai cara melalui media sosial acara Olahraga. Kemudian kunjungan para seniman di Pati juga dimanfaatkan untuk mempresentasikan potensi wisata lokal.

“Februari nanti acara Sepeda onthel lingkup nasional. Atau kalau artis berkunjung ke Pati, itu bisa kita manfaatkan untuk mengangkat nama Pati,” pungkasnya. (lingkaran jaringan | Arif Febriyanto – surat kabar daerah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button