Dishub Bantul menambah jalur Damri YIA-Imogiri - WisataHits
Yogyakarta

Dishub Bantul menambah jalur Damri YIA-Imogiri

Dishub Bantul menambah jalur Damri YIA-Imogiri

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL – Dinas Perhubungan Bantul (Dishub) menambah jalur DAMRI untuk tujuan Yogyakarta International Airport (YIA) – Imogiri.

Peningkatan akses transportasi umum diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul.

Kepala Dinas Perhubungan Bantul Singgih Riyadi mengatakan, jalur baru DAMRI resmi beroperasi kemarin Selasa (10/1/2023). Rutenya adalah Makam Raja-Raja Imogiri – Terminal Palbapang – YIA.

Armada yang digunakan terdiri dari dua unit dengan kapasitas masing-masing 14 orang.

Baca Juga: Bupati Sleman Berencana Rp 7 Miliar Hapus Kemiskinan di 2023

Selama jam operasional, Imogiri – YIA dari pukul 04:00 – 13:00 dan YIA – Imogiri 08:00 – 16:00.

Dasar pengoperasian jalur wisata tersebut merupakan tindak lanjut dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sebagaimana tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP-DJRD 9842 Tahun 2022 tentang Jaringan Jalur Angkutan Jalan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Tahun 2023.

“Untuk tarif normal sebenarnya Rp 80.000, tapi karena program subsidi Kemenhub ada subsidi pemerintah Rp 60.000, jadi tarifnya Rp 20.000,” ujarnya, Kamis (12/1/2023). ).

Bantul merupakan kabupaten yang memiliki beragam wisata, baik wisata pantai, gunung, hutan, wisata sejarah maupun religi.

Oleh karena itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dengan memperbanyak angkutan umum.

Tindakan yang dilakukan adalah koordinasi dan kerjasama dengan Kementerian Perhubungan RI, dalam hal ini melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X, agar pelayanan transportasi dapat tersedia di KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional).

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan rasio konektivitas angkutan umum khususnya pariwisata di Kabupaten Bantul pada umumnya di DIY,” ujarnya.

Jadi, selain jalur Imogiri-YIA, ada juga jalur Malioboro (Bank Indonesia) – Titik 0 – Parangtritis – Pantai Baron – Taman Satya – Malioboro dengan armada dua unit.

Baca juga: Aksi Pemuda Asal Magelang Curi Ponsel dengan Cara Beli BBM di Toko Kelontong Kulon Progo Tertangkap Video Surveillance

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo juga berharap penambahan jalur Damri yang sebelumnya hanya menghubungkan Palbapang-YIA, bisa diperluas hingga mencakup jalur ke Terminal Imogiri.

Menurutnya, Kabupaten Bantul masih sangat minim sarana angkutan umum. Hingga akhirnya di sebelah Damri terdapat fasilitas Transjogja yang menghubungkan terminal Palbapang dan Ngabean. Menurutnya, jalur ini akan mendukung pariwisata di Kabupaten Bantul.

“Ini penting bagi Bantul karena selama ini wisatawan mengeluhkan banyaknya destinasi wisata di Bantul, padahal angkutan umum reguler sangat sedikit bahkan tidak ada. Meskipun ada taksi online, itu adalah taksi online,” katanya. (untuk)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button