Ridwan Kamil mengeluarkan dana Rp 21,6 miliar untuk revitalisasi Situ Rawa Kalong - WisataHits
Jawa Barat

Ridwan Kamil mengeluarkan dana Rp 21,6 miliar untuk revitalisasi Situ Rawa Kalong

Ridwan Kamil mengeluarkan dana Rp 21,6 miliar untuk revitalisasi Situ Rawa Kalong

Merdeka.com – Pemprov Jabar menghidupkan kembali Situ Rawa Kalong di Desa Curug, Kecamatan Cimanggis, Depok. Danau seluas 8,25 hektar ini memiliki panggung terapung di tengahnya.

Untuk menuju ke panggung tersebut, terdapat jembatan terapung yang dapat dilalui dari dua pintu masuk yaitu sisi selatan dan sisi utara Situ Rawa Kalong.

Artikel media taboola

Situ Rawa Kalong dihidupkan kembali dari anggaran yang dikeluarkan Pemprov Jabar dengan total anggaran Rp.

Anggaran tersebut akan dibagi sesuai tahun kerja, yakni Rp 3,7 miliar pada 2019, Rp 15 miliar pada 2021, dan Rp 2,9 miliar pada 2022.

“Kali ini gubernur sangat mencintai Kota Depok. Revitalisasi ini harus multifungsi, selain menyediakan air baku, juga bisa menjadi tempat wisata untuk membahagiakan warga,” ujarnya. Ridvan KamilJumat (5/8).

Dana Rp 21,6 miliar itu digunakan untuk pengerukan Situ Rawa Kalong, penataan sempadan, perbaikan WC, balai, dan fasilitas umum penunjang. Pengelolaan Situ Rawa Kalong saat ini berada di bawah Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat.

Situ Rawa Kalong adalah salah satu dari 130 danau yang dialiri oleh Sungai Cisadane. “Dengan revitalisasi ini kita bisa lebih melestarikan danau. Kegiatan ini sejalan dengan pemulihan ekonomi akibat dampak Covid-19 dan juga perkembangan pariwisata,” ujarnya.

2 dari 2 halaman

Ada dua fungsi Situ Rawakalong setelah direvitalisasi, yaitu fungsi ekologis dan fungsi sosial. Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Sumber Daya Air meyakini Situ Rawakalong berpotensi menjadi destinasi wisata unggulan berbasis wisata air.

Situ juga berfungsi sebagai sarana irigasi dan penyimpanan air. Untuk itu, Pemprov Jabar terus mengupayakan keberlanjutan dan kualitas air bersih tanpa limbah. “

“Pemprov Jabar melakukan upaya pelestarian dan perlindungan aset situs-situs di DAS Cisadane melalui program revitalisasi ini. Di Depok salah satunya, selain mengembangkan destinasi wisata,” kata Kepala Provinsi Jabar itu. Dinas Sumber Daya Air, Dicky Achmad Sidik.

Situ Rawa Kalong konon memiliki pesona keindahan alam. Selain itu, danau juga memiliki fungsi yang lebih optimal dalam konservasi dan penyimpanan air untuk mendukung sektor pertanian.

Sebelumnya, kawasan itu hanya dimanfaatkan warga sekitar untuk memancing. Kini kawasan itu bisa mendongkrak sektor pariwisata, perekonomian nasional dan pelestarian budaya.

Penataan kembali Situ Rawakalong bertujuan untuk mengembalikan fungsi pariwisata yang sudah mulai berubah akibat banyaknya perubahan fungsi di kawasan tersebut.

“Setelah revitalisasi, masyarakat sekitar dapat memanfaatkan kawasan Situ Rawakalong sebagai destinasi wisata unggulan yang akan berdampak positif pada sektor pariwisata, ekonomi, sosial dan budaya,” ujarnya.

Area ini sekarang memiliki kubus apung yang ikonik dan dapat digunakan untuk jalan setapak di atas air. Selain itu, Situ Rawakalong telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas lainnya, antara lain menara air, taman senior, pembangunan toilet, pengerukan sedimen dan perbaikan bendungan, pembangunan hall, kios ritel, pagar pembatas, lansekap (jalur pejalan kaki) hingga taman vertikal.

Situ Rawa Kalong yang dulu terlihat kotor dan kurang terawat, kini mulai menjelma menjadi kawasan yang menarik sebagai destinasi wisata unggulan berbasis wisata air.

Beberapa lokasi di Situ Rawa Kalong sangat Instagramable dan ikonik, mulai dari keberadaan kubus apung, jembatan apung yang menghubungkan kubus (floating deck) hingga pinggiran Situ Rawakalong yang lebih tertata.

“Masyarakat akan merasa lebih nyaman mengunjungi tempat tersebut. Semakin tinggi jumlah wisatawan lokal dan mancanegara, maka perekonomian masyarakat di daerah tersebut bisa semakin berkembang,” pungkasnya. [tin]

Baca juga:
Ridwan Kamil berharap media mengurangi politik identitas dan fokus pada narasi yang menyatukan NKRI
Ridwan Kamil Soal Capres 2024: Jika Ada Nasib Bismillah
Ridwan Kamil dan Bonge Style di panggung danau
Ridwan Kamil jalan kaki, ketemu lukisan sendiri, beli pelukisnya, tolak dibayar
Dianggap cocok menjadi Wakil Presiden KIB, RK: Tugas saya adalah bekerja maksimal di Jawa Barat
Bandung Tuan Rumah Pekan Mode Pemakaman Alam, Ridwan Kamil memberikan pesan ini

Source: www.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button