Tertimbun Longsor, Jalan Menuju Pantai Siung Gunungkidul Terputus Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Tertimbun Longsor, Jalan Menuju Pantai Siung Gunungkidul Terputus Solopos.com

SOLOPOS.COM – SAR Linmas dan warga sekitar longsoran jalan menuju Pantai Siung membersihkan longsoran yang menutupi jalan, Selasa (13/12/2022). – Spesial

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Jalan menuju tempat wisata Pantai Siung terputus setelah longsor melanda jalan di Desa Purwodadi, Kapanewon Tepus, Prefektur Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur kawasan tersebut pada Selasa (13/12/2022). Setidaknya ada dua kejadian longsor di Gunungkidul. Lokasi pertama di Desa Purwodadi dan lokasi kedua di Desa Girijati, Kapanewon Purwosari menyebabkan pohon tumbang dan rumah di sekitar lokasi lebih rawan longsor.

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul mengatakan, dua lokasi longsor tersebut sudah dilakukan penanganan. Jalan menuju Pantai Siung yang dulunya tidak bisa dilalui sudah kembali normal dan pohon tumbang yang menghalangi jalan di Purwosari juga sudah dibersihkan.

Kepala BPBD Gunungkidul Purwanto mengatakan, pihaknya langsung bergegas ke lokasi bencana longsor pada Selasa pagi setelah mendapat laporan detail.

“Untuk Tepus dalam perjalanan menuju Pantai Siung sudah ditangani oleh SAR Linmas, sedangkan di Purwosari kita sudah menurunkan tim reaksi cepat untuk membantu warga,” ujarnya Selasa sore.

Baca Juga: Sejumlah Siswa SMP Sleman di Bali Terobsesi Karena Tawaran Game

Korban dari dua longsor tersebut, jelas Purwanto, tidak ditaksir oleh BPBD Gunungkidul.

“Kami masih menganalisis detailnya, laporannya belum masuk, tapi sepertinya tidak merusak jalan yang terkena longsoran,” ujarnya.

Dua ruas jalan yang tertimbun tanah longsor selanjutnya Purwanto kini dibuka kembali untuk digunakan.

“Pemantauan di jalan lapangan di dua tempat itu sudah bisa dilalui lagi dan arus normal. Karena tim sudah melakukan perawatan sejak subuh sehingga tidak sempat mengganggu lalu lintas,” ujarnya.

Baca Juga: Santri Miliki 2 SMP Negeri di Sleman DIY di Bali, Bupati: Sudah Dirawat

Koordinator Operasi I SAR Linmas Sunu Handoko Bayu yang juga menangani longsor di Jalan Pantai Siung menyatakan longsor terjadi pada pukul 05.00 WIB.

“Hujan tadi malam dari Senin malam sampai Selasa pagi menyebabkan longsor karena cukup deras. Kondisi longsor juga teridentifikasi sebagai tanah yang labil,” ujarnya Selasa siang.

Sunu mengatakan, jalan Pantai Siung tidak bisa dilalui karena longsor dan pohon tumbang cukup tinggi di pinggir jalan.

“Kami bekerja sama dengan warga sekitar, Pokdarwis Pantai Siung dan tim lainnya untuk segera membersihkan longsoran agar tidak menutup akses jalan,” ujarnya.

Baca juga: Perhatian! Ombak Tinggi 4 Meter, Larangan Mandi Wisatawan di Pantai Selatan oleh DIY

Wisatawan, jelas Sunu, diminta berhati-hati. “Jika Anda berencana untuk bepergian dan melintasi daerah dengan fluktuasi, terutama saat hujan, harap berhati-hati,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Diterjang Erdslide, Akses Jalan Menuju Pantai Siung Terputus

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button