Bupati Tegal meminta Festival Budaya Cacaban menjadi program wisata tahunan - WisataHits
Jawa Tengah

Bupati Tegal meminta Festival Budaya Cacaban menjadi program wisata tahunan

Bupati Tegal meminta Festival Budaya Cacaban menjadi program wisata tahunan

PORTAL BREBES – Kawasan Waduk Cacaban Kabupaten Tegal siap menjadi destinasi wisata unggulan melalui pelestarian seni budaya lokal.

Bupati Tegal Dra. Hj Umi Azizah meminta penyelenggara acara Cacaban Culture Festival (CCF) rutin diadakan setiap tahun dan masuk dalam kalender event pariwisata tahunan Kabupaten Tegal.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Umi Azizah saat membuka acara CCF pada Jumat, 30 Desember 2022 yang berfokus pada dermaga objek wisata Waduk Cacaban.

Baca Juga: Masa tahanan kurir penyelundupan intan di Polres Bandara Ngurah Rai Bali berakhir pada 30 Januari 2023.

Menurutnya, pelaksanaan CCF oleh komunitas seniman dan budayawan yang sempat terhenti selama pandemi terbukti memicu minat masyarakat untuk mengunjungi Wisata Waduk Cacaban.

Dalam penyelenggaraan acara hiburan seni dan budaya CCF, anggota keluarga bahkan wisatawan lainnya yang berkunjung ke objek wisata Waduk Cacaban juga ikut serta dalam tarian massal peserta bersama anak-anak sekolah.

“Semoga (CCF) ini tidak hanya menghibur, tetapi siapapun yang menyaksikan juga dapat memaknai esensi dari melestarikan budaya asli Kabupaten Tegal yang kaya akan tradisi, adat istiadat dan kesenian tradisional,” ujar Umi.

Baca juga: Dua oknum jurnalis ditangkap Polres Pemalang setelah memeras dan mengancam seorang kepala desa

Dengan pesatnya perkembangan seni rupa kontemporer yang mendominasi ruang publik dan media sosial, Umi berharap upaya pelestarian seni budaya lokal tidak ditinggalkan. Seni dan budaya lokal harus tetap dipertahankan, dikembangkan lebih lanjut dan dikemas dengan lebih menarik.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button