Prodi PMI UIN Bertujuan Memberdayakan Warga Sungai Gadjah Wong – KRJOGJA - WisataHits
Yogyakarta

Prodi PMI UIN Bertujuan Memberdayakan Warga Sungai Gadjah Wong – KRJOGJA

YOGYA-KRJOGJA.com – Pelatihan-pelatihan mulai dari pemberdayaan perempuan hingga kewirausahaan warga dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) dilaksanakan oleh Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam di UIN Sunan Kalijaga (PMI UIN Suka) dalam sebuah penyelesaian yang dilaksanakan di bantaran sungai Gadjah Wong, Ledok Gowok, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

“Berkarat sejak tahun 2020, Program Pemberdayaan Lingkar Kampus terdiri dari fase penyadaran, aksi pemberdayaan, dan fase monitoring, evaluasi dan terminasi,” kata Ketua PMI UIN Suka Siti Aminah SSosI, MSi kepada KRJOGJA.com, Kamis (11/8). .) Sore.

Di sela-sela Dies Natalis ke-24 prodi PMI UIN Suka.

Berbagai jenis aksi pemberdayaan dilakukan bersama dosen. “Saya (direktur program studi) telah mengisi materi pemberdayaan perempuan berupa pendidikan kesehatan reproduksi dan kepekaan ramah lingkungan (kebersihan kain),” jelasnya dalam kegiatan yang diikuti sekitar 30 warga sekitar dengan antusias.

Kemudian materi bisnis disampaikan dengan pelatihan digital marketing oleh Beti Nur Hayati SSos MA (Dosen). Dilanjutkan dengan pengenalan pengelolaan wisata air oleh Yan Aditya Pradana Putra, Manajer Bendungan Lapen, Mrican, Giwangan. Juga pelatihan BUMDes oleh Syarif Hidayat SSos selaku Alumni PMI UIN Suka dan Duta Global Mutual Cooperation Tetra Preneur Wukirsari yang diadakan bagi calon alumni Prodi PMI UIN Suka.

“Tujuan dari program Lingkar Kampus adalah merangkul masyarakat terdekat di sekitar kampus UIN Suka sebagai bentuk tanggung jawab sosial dengan mengerahkan potensi sumber daya manusia program studi untuk bersama-sama melakukan advokasi, pemberdayaan dan gerakan bantuan berkelanjutan untuk menjadi mampu.” jelasnya.

Siti Aminah berharap program ini berkelanjutan sehingga menjadi contoh nyata bagi warga yang berwenang mendukung program studi PMI UIN Suka. Bukan hanya laboratorium sosial, tapi juga pusat inkubasi mahasiswa dan sivitas akademika PMI UIN Suka,” ujarnya.(Wein)

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button