Gunung Merapi, jalur pendakian via Selo Boyolali - WisataHits
Yogyakarta

Gunung Merapi, jalur pendakian via Selo Boyolali

Gunung Merapi, siapa yang tidak kenal dengan gunung berapi paling aktif yang satu ini. Apalagi setelah merebaknya tahun 2010, yang menewaskan Mbah Marijan selaku juru kunci Merapi saat itu.

Gunung Merapi terletak di 4 kabupaten yaitu Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten. Dan terletak di 2 provinsi yaitu Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Sisi utara dan timur berada di Kabupaten Boyolali, pemandangan selalu menghadap Gunung Merbabu. Meski merupakan gunung berapi aktif, Merapi tetap menjadi kawasan pendakian dan tempat wisata yang menarik.

Penyembuhan Hulang di Ketinggianlubang penyembuhan di ketinggian. Google Maps. Sumber: Wahyu Agus Firmanto

Lihat juga: Merapi Park

Letusan Gunung Merapi tidak hanya membawa bencana tetapi juga anugerah dengan hadirnya tempat-tempat wisata baru.

Berikut ini adalah deskripsi atau ulasan Gunung Merapi dan jalur pendakiannya sebagai bahan referensi pertama untuk menentukan tempat wisata yang sejuk dan berhubungan dengan gunung.

Sejarah Gunung Merapi

Asal kata Merapi berasal dari dua kata yaitu kata Meru dan Api. Meru berarti gunung, sehingga dapat diartikan bahwa Gunung Merapi adalah gunung berapi. Berdiri di ketinggian sekitar 2.930 meter di atas permukaan laut, terlihat menawan dan juga gagah.

Telah disebutkan di atas bahwa status Gunung Merapi adalah gunung berapi aktif dan termasuk gunung purba karena sudah ada sejak ratusan ribu tahun lalu.

Gunung Merapi menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Anda bahkan akan menemukan hamparan awan putih.

Maka tak heran, meski terlihat menakutkan karena Gunung Merapi yang masih aktif, Gunung Merapi selalu menjadi tujuan para pendaki untuk mendaki.

pasar bubrapasar bubar. Google Maps. Sumber: Ahmad Fatah

lihat juga: selo baru

Jalur pendakian via New Selo Boyolali

Rute via Selo dimulai di Selo Baru dengan memasukkan trail pada trail yang sudah tersedia. Pendekatannya cukup mudah untuk dilalui, karena sudah ada jalan setapak yang sering digunakan, ikuti saja jalurnya.

Dari Selo Baru jalur yang harus dilalui terus menanjak, dengan syarat hanya bisa dilalui oleh pendaki. Ini adalah trek pertama menuju pintu gerbang Gunung Merapi.

Petunjuk arah ke Pasar Bubrah dapat ditemukan dari pintu gerbang atau shelter pertama. Jalur trekkingnya masih menanjak, sekitar setengah kilometer untuk sampai ke pole 1. Paling tidak, Anda akan melewati hingga dua tiang sebelum tiba di Pasar Bubrah

Dengan perkiraan jarak dan waktu sebagai berikut :

  • Selo Baru menuju pintu gerbang Taman Nasional Gunung Merapi berjarak sekitar 1 km, estimasi waktu tempuh sekitar 1 jam.
  • Dari Gerbang TNGM menuju Pos 1 jaraknya sekitar 0,5 km dengan waktu pendakian sekitar 45 menit.
  • Dari Pos 1 ke Pos 2 jaraknya sekitar 0,6 km, waktu pendakian sekitar 1 jam.
  • Dibutuhkan sekitar 1 jam dari Pos 2 ke Pasar Bubrah.

gerbang tngmgerbang tng. Google Maps. Sumber: senyuman

lihat juga: kastil dunia yang hilang

Jadi kalau dijumlahkan waktu yang dibutuhkan sekitar 4 sampai 5 jam dan jaraknya hampir 4 km. Namun, perkiraan waktu dapat bervariasi…

Perlu diketahui bahwa untuk mencapai puncak Gunung Merapi membutuhkan banyak usaha, tidak hanya medan yang curam tetapi juga angin yang cukup kencang.

Oleh karena itu para pendaki disarankan agar tempat yang aman hanya di pasar Bubrah. Selain Via Baru Selo, jalur pendakian Gunung Merapi juga bisa dilakukan dari arah Sapuangin, Klaten.

Tempat wisata di sekitar gunung merapi

Setelah hujan datang pelangi, mungkin ini gambar lain gunung merapi erupsi. Ini bukan hanya bencana, tetapi juga berkah.

Hal ini dibuktikan dengan adanya tempat wisata keren dan bersejarah di sekitar Gunung Merapi yang wajib dikunjungi, misalnya:

  • Museum Gunung Merapi,
  • Taman Merapi,
  • kastil dunia yang hilang,
  • Bunker Kaliadem,
  • selo baru,
  • Pura Sari Boyolali merupakan salah satu tempat wisata yang menunjukkan kegagahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Museum Peninggalan Letusan Gunung MerapiMuseum Peninggalan Letusan Gunung Merapi. Google Maps. Sumber: Liburan Petualangan

Lihat juga: Museum Gunung Merapi

Karena jalur trekking via Selo merupakan jalur yang paling populer, maka itinerary yang kami sajikan juga akan membawa Anda ke New Selo Boyolali.

Lokasi dan alamat New Selo berada di Desa Samiran, bila ditempuh dari pusat kota Boyolali menuju Jl. Magelang – Boyolali, lalu belok kiri menuju Joglo – Merapi. Lanjutkan di Jl. Dusun – Plalangan, sampai akhirnya kita tiba di Selo Baru.

Akses menuju New Selo lebih menanjak dan berkelok-kelok namun bisa dilalui dengan sepeda motor dan mobil menuju tempat parkir.

Tiket Masuk Gunung Merapi

  • Bagi anda yang ingin mendaki Gunung Merapi via Selo Baru dengan membayar Rp. 10.000 per orang.
  • Ditambah dengan tiket masuk New Selo Rp 3.000, tapi tanpa biaya parkir mobil ya.

lokasi Selo barulokasi Selo baru. Google Maps. Sumber: Sambel Trasi

Lihat juga: Pura Boyolali Sari

Jam buka Gunung Merapi

Jam operasional dan jalur kerja di New Selo buka 24 jam sehari

Menyimpulkan

Perlu diketahui bahwa Gunung Merapi adalah salah satu gunung berapi paling aktif hingga saat ini. Jadi pantau dan cari informasi terkait sebelum memutuskan untuk mendaki. Tetap sehat, keselamatan adalah yang utama.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button