Tengok saja penampakan jembatan kaca yang membentang di KSPN Bromo-Tengger-Semeru - WisataHits
Jawa Tengah

Tengok saja penampakan jembatan kaca yang membentang di KSPN Bromo-Tengger-Semeru

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Jembatan Kaca Seruni Point di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur.

Saat ini sedang dilakukan uji beban (load test) pada Jembatan Kaca Seruni Point (prototype) untuk menguji kinerja struktur dan keamanan jembatan guna menjamin keamanan wisatawan setelah nantinya beroperasi.

Kehadiran jembatan kaca ini menjadi tujuan wisata yang memacu adrenalin yang menghubungkan terminal wisata Seruni Point dengan area shuttle yang menghadap Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru. Oleh karena itu, jembatan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke KSPN Bromo-Tengger-Semeru.

Jembatan Kaca Seruni Point di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur.  (Dok. Kementerian PUPR)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan infrastruktur di setiap KSPN direncanakan secara terpadu, meliputi zonasi, jalan, penyediaan air baku dan air minum, pengelolaan limbah, sanitasi, dan perbaikan perumahan melalui masterplan pembangunan infrastruktur.

Jembatan Kaca Seruni Point membentang sepanjang 120 meter di atas ngarai sedalam sekitar 80 meter. Jembatan ini tergolong jembatan gantung pejalan kaki.kabel yang ditangguhkan) dengan struktur lantai/dek berupa kaca pengaman laminasi (kaca laminasi) ketebalan masing-masing 12 mm dan direkatkan dengan lapisan vinil foil.

Kepala Balai Besar Geoteknik Terowongan dan Struktur (BGTS) Kementerian PUPR Fahmi Aldiamar mengatakan stress test pada jembatan kaca Seruni Point dilakukan dengan menggunakan beberapa instrumen untuk mendapatkan data kinerja struktur dan kabel baja pada jembatan dengan lebar 1, Dapatkan 8 meter dan 3 meter.

Keindahan Gunung Bromo memang tidak pernah berhenti membuat para wisatawan terpesona. Di tengah pandemi, wisata alam di Provinsi Jawa Timur sudah dipersiapkan dengan sederet protokol kesehatan. Baca selengkapnya di Destinasi di Indonesia Aja.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button