Revitalisasi WGM Wonogiri Tak Terlaksana, Kontraktor Akui Kendala - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Revitalisasi WGM Wonogiri Tak Terlaksana, Kontraktor Akui Kendala – Solopos.com

SOLOPOS.COM — Jembatan beton menuju dermaga di Objek Wisata Bendungan Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri dibongkar karena akan menjadi kawasan yang terkena Proyek Perencanaan Kawasan Wisata (WGM) Bendungan Gajah Mungkur. Foto diambil pada Kamis (24/11/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Kontraktor pelaksana proyek revitalisasi Waduk Wonogiri Zona I Waduk Gajah Mungkur (WGM), PT Jaya Perfect Sakti, terkendala pembongkaran sejumlah bangunan milik Pemkot Wonogiri. Meski demikian, kontraktor bangunan menganggap revitalisasi WGM dapat selesai sesuai jadwal.

Semula, PT Jaya Perfect Sakti telah memulai revitalisasi WGM sejak kontrak selesai pada 5 September 2022. Dalam kesepakatan tersebut, waktu pembangunan proyek tersebut adalah 360 hari. Namun hingga akhir November 2022, pekerjaan revitalisasi belum juga dilakukan.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

Manajer proyek PT Jaya Sempurna Sakti Taufiq Budi Wibowo mengaku baru saja memasang pagar pembatas antara pengunjung dan staf proyek. Penghalangnya adalah seng. Tujuannya agar pengunjung tidak merasa terganggu dengan pelaksanaan proyek revitalisasi WGM.

Dia terus terang menemui hambatan dalam mencoba untuk mulai bekerja pada proyek revitalisasi WGM. “Kami prihatin dengan adanya proyek penghancuran sejumlah bangunan milik Pemkot Wonogiri. Karena kegiatan pembongkaran berada di area yang masuk dalam rencana tata ruang [revitalisasi] WGM,” Taufiq setuju Solopos.comKamis (24/11/2022).

“Kalau mau masuk, kami takut harta Pemkab tercampur dengan milik kami. Jadi kita tunggu sampai agak bersih dulu,” lanjutnya.

Baca Juga: Setelah Tertutup Material Longsor, Jalan Lingkar Kota Wonogiri Mulai Dibuka

Menurut perhitungan, pengerjaan proyek revitalisasi selama 74 hari terbuang sia-sia hingga Jumat (25/11/2022). Artinya, PT Jaya Perfect Sakti hanya memiliki waktu 286 hari untuk menyelesaikan proyek revitalisasi WGM. Taufiq yakin bisa menyelesaikan proyek revitalisasi dalam jangka waktu kontrak.

“Meski terlambat, kami masih bisa menyelesaikannya tepat waktu. Ini akan selesai sekitar Agustus 2023,” katanya.

Berdasarkan pengawasan Solopos.com, sejumlah bangunan milik pemkab yang dibongkar adalah pintu masuk timur, tempat parkir mobil tua, kantor administrasi dan jembatan beton di dermaga. Meski sudah dibongkar, sisa bangunannya masih belum dibersihkan.

Kepala Dinas Olahraga Pemuda dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri Haryanto mengatakan, pembongkaran gedung milik pemkab tersebut dimulai pada 24 Oktober 2022. Sesuai kontrak, kegiatan ini berlangsung selama 45 hari.

Baca Juga: Jalan yang Jadi TKP Kecelakaan Maut di Bumiharjo Bakal Ditutup untuk Mobil

“Biasanya 45 hari. Dengan pertimbangan bukan kesempitan sementara kondisi masih tidak menentu di musim hujan ini,” ujarnya Solopos.comKamis.

Haryanto juga mengaku berkomunikasi dengan pemenang tender untuk menambang aset yang akan dibangun oleh kontraktor pelaksana proyek revitalisasi WGM. Ia juga mengklaim pembongkaran seluruh aset Pemkab di WGM sudah selesai.

“Apa saja yang ingin dibangun akan dibongkar dulu. Kami telah berkomunikasi dengan perusahaan pembongkaran. Syukurlah pembongkaran sekarang selesai. Jadi kontraktor yang mengerjakan proyek revitalisasi sudah bisa membangunnya,” tambahnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button