Wakil Ketua DPRD Jateng mendesak pemulihan pariwisata pasca serentetan bencana - WisataHits
Jawa Tengah

Wakil Ketua DPRD Jateng mendesak pemulihan pariwisata pasca serentetan bencana

Wakil Ketua DPRD Jateng mendesak pemulihan pariwisata pasca serentetan bencana

Zona Wonosobo – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Heri Pudyatmoko mendorong pemulihan pariwisata pasca rentetan bencana.

Sebab sejumlah destinasi wisata di Jawa Tengah termasuk daerah yang sering dilanda bencana di kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini.

Puluhan objek wisata terdampak bencana akibat kondisi cuaca ekstrem yang berlangsung sejak 17 Desember 2022 hingga 4 ) hari libur nasional, catat data Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng. .

Baca Juga: Festival Pasar Rakyat Magelang Buka 1-3 Februari 2023, Ada Type-X dan Guyon Waton

Dalam waktu dua pekan, Disporapar Jateng menerima laporan puluhan properti wisata terdampak bencana. Mulai dari banjir, perampokan, tanah longsor dan pohon tumbang. Kawasan wisata pantai di Kabupaten Jepara merupakan objek yang paling banyak terkena dampak bencana, dengan 12 objek wisata.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Heri Pudyatmoko mendorong Disporapar Jateng membangun kembali pariwisata pascabencana. Ia berharap pariwisata yang terkena dampak bencana tidak mempengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung.

“Khususnya di kawasan pesisir Pantura yang rusak parah akibat gelombang tinggi kemarin, misalnya di Jepara, Pekalongan, Pantai Marina Semarang dan lain-lain. Pemulihan di sini bukan hanya membuka kembali setelah bencana tertangani atau cuaca ekstrem sudah reda,” kata Heri dalam rilis berita, Jumat, 20 Januari 2023.

Baca Juga: Melihat Keindahan Alam Wonosobo dari Atas, Ini Rekomendasi Wisata Bagi Para Penggemar Paralayang

Menurutnya, ada beberapa langkah pemulihan yang bisa dilakukan. Pertama, memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak akibat banjir atau angin kencang.

“Dalam kaitan ini, Disporapar Jateng perlu berkoordinasi dengan dinas terkait dan instansi lain. Misalnya kemarin di kawasan Pantai Marina Semarang yang jebol bendungannya, ini perlu diperbaiki. Kalau swasta misalnya, harus tetap dikomunikasikan,” kata Heri.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button