Temple Candle Operation 2022 : Peringatan Pospam, Gereja Aman, Tempat Wisata di Kota Solo - WisataHits
Jawa Tengah

Temple Candle Operation 2022 : Peringatan Pospam, Gereja Aman, Tempat Wisata di Kota Solo

RADARSOLO.ID – Operasi Lilin Bait Suci 2022 dimulai pada Kamis (23/12). Selain pengamanan gereja, kegiatan juga difokuskan untuk menghindari kemacetan saat libur Nataru di Kota Bengawan. Staf biasa akan melakukannya semuanya mati antisipasi semuanya.

Hal itu ditegaskan Wakapolres AKBP Surakarta Gatot Yulianto usai memimpin rapat di halaman Mapolresta kemarin. Gatot mengatakan, aparat keamanan akan disebar di lima kabupaten.

“Kami mendirikan empat posko pam (keamanan), kemudian satu posyan (layanan) dan satu posko terpadu. Nanti akan kami tempatkan di beberapa tempat,” kata Gatot.

Keenam lokasi tersebut adalah Pos Pam Faroka, Monumen Makuto, Kawasan Jebres, dan Banyuanyar. Pos terpadu tersebut terletak di Benteng Vastenburg di Kecamatan Pasar Kliwon. Terakhir, posko pelayanan berada di Terminal Tirtonadi.

Selain itu, sejumlah objek wisata saat ini sedang direvitalisasi atau belum dibuka. Personel gabungan akan terus mengamankan sejumlah objek yang beredar.

“Fasilitas wisata juga kami pastikan dijaga oleh beberapa orang. Jadi kita tidak serta merta hanya fokus ke gereja dan kegiatan masyarakat, tapi juga tempat rekreasi karena pada saat itu juga jatuh pada liburan sekolah,” jelasnya.

Selama pengamanan ini, kata Gatot, pengamanan akan diterapkan buka atau tutup selama 24 jam. Masyarakat diimbau tetap beraktivitas seperti biasa.

Mengingat ancaman serangan teroris selama liburan Nataru, staf gabungan akan melakukan sterilisasi di beberapa lokasi. Seluruh personel Tim Penjinak Bom (Jibom) Batalyon C Perintis Solo dan unit anjing pelacak atau K-9 dikerahkan.

“Kami sedang melakukan sterilisasi di setiap gereja yang melakukan kebaktian. Kami mengonfirmasinya. Mudah-mudahan tidak ada ancaman di Solo,” harap Gatot.

Total staf gabungan adalah 1.018 karyawan. Mereka akan melakukan pengamanan dan patroli besar-besaran di wilayah Kota Solo. Ada 267 gereja di Solo yang menggelar kebaktian Natal. Secara spesifik, 16 gereja prioritas satu, 43 gereja prioritas dua, dan 208 gereja prioritas tiga.

Di sisi lain, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta juga akan melakukan serangkaian pekerjaan rekayasa lalu lintas di beberapa titik gereja dan perubahan skema. Hari tanpa kendaraan bermotor. Mengingat ada sejumlah gereja di jalanan yang biasa dijadikan lokasi CFD.

Direktur Lalu Lintas Dishub Surakarta Ari Wibowo mengatakan gereja yang dimaksud adalah Gereja Baptis Indonesia (GBI) Penumping dan Gereja Santo Petrus Purwosari di Jalan Slamet Riyadi. Kemudian GPIB Penabur di Jalan Jendral Sudirman.

“Jadi nanti ada sekat berupa barikade dari Solo Grand Mall sampai Gendengan Junction. Di manakah area di dalamnya untuk memarkir kendaraan umat yang akan beribadah di kedua gereja tersebut? Nanti ada stiker sebagai penanda,” ujarnya.

Selain itu CFD yang biasanya juga berlangsung khusus pada Minggu (25/12) di Jalan Jendral Sudirman akan ditiadakan. Hal ini untuk memungkinkan akses kendaraan untuk penyemaian GPIB.

“Kemudian kami juga menutup jalan tengah di depan Gereja Maria Regina Purbowardayan agar tidak ada kendaraan yang bisa melintas Persimpangan Atau berbalik arah,” katanya. (atn/bun/dam)

Pengamanan Nataru di Kota Solo

Pos satpam

  1. Posting Pam Faroka
  2. Pos Peringatan Makuto
  3. Posting Pam Jebres
  4. Pos Pam Banyuanyar

surat terintegrasi

  • Benteng Vastenburg, Pasar Kliwon

pos

fokus keamanan

  • Penerjunan 1.018 personel gabungan TNI/Polri/Pemkot
  • Keamanan gereja untuk kebaktian Natal
  • Keamanan objek wisata
  • Sistem buka tutup 24 jam
  • Datanglah bersama tim Jihandak Brimob dan anjing pelacak

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button