Curug Mandala, Obyek Wisata Alam Tersembunyi di Cilacap - WisataHits
Jawa Tengah

Curug Mandala, Obyek Wisata Alam Tersembunyi di Cilacap

LANGIT7.ID, Jakarta – Curug Mandala adalah air terjun tersembunyi di daerah Cilacap. Air terjun ini terletak tepat di Desa Mandala, Kecamatan Legi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kawasan wisata ini menawarkan suasana alam yang tenang dan asri.

Dari Bandara Tunggul, Curug Mandala berjarak sekitar 8 kilometer. Akses jalan menuju air terjun juga sudah cukup lengkap. Sebagian besar jalan menuju air terjun ini sudah beraspal, meski ada juga yang masih berbatu.

Menurut laporan dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, air terjun ini juga memiliki akses jalan yang tidak terlalu terjal, sehingga mudah diakses dengan kendaraan roda dua atau empat.

Baca juga: Pilihan Wisata Akhir Pekan yang Berbeda untuk Dikunjungi

Namun, untuk menuju kawasan wisata ini disarankan menggunakan kendaraan pribadi.

Sobat Langit7 juga hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Menuju ke air terjun, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 500 meter dari tempat parkir. Jalurnya naik turun berupa tangga, meski berat, udara di sepanjang jalur cukup dingin karena pepohonan masih rimbun.

Setelah perjalanan, Sahabat Langit7 bisa beristirahat di pendopo dan warung-warung kecil di sekitar air terjun. Sahabat Langit7 juga menemukan fasilitas seperti kamar mandi, spot foto, pendopo, warung dan mushola bagi wisatawan yang ingin beribadah.

Curug Mandala memiliki volume air yang bergantung pada musim dimana volume air cukup tinggi pada musim hujan, namun pada musim kemarau volume air akan rendah.

Baca Juga : Desa Wisata Pandanrejo, Lumbung Strawberry Kota Batu

Menurut cerita masyarakat setempat, Curug Mandala terbentuk akibat ledakan bom pada zaman Belanda. Dulunya kawasan Curug Mandala digunakan sebagai tempat perlindungan dari tentara Belanda.

Curug Mandala akhirnya dibom oleh tentara Belanda karena mereka tahu daerah ini digunakan sebagai tempat perlindungan dari tentara Belanda. Hal ini terlihat dari lubang besar aliran air Curug Mandala.

Tepat di bawah sungai Mandala Waterfall yang membentuk kolam, Sahabat Langit7 bisa berenang di area tersebut, apalagi saat airnya jernih, dingin dan menyegarkan.

Air terjun mandala ini merupakan tempat yang cocok untuk bersantai dari berbagai aktivitas sehari-hari. Sobat Langit7 juga bisa bersantai sambil menikmati segarnya udara di area air terjun sambil merasakan suara gemericik air yang turun dari atas tebing.

(Lembut)

Source: langit7.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button