18 Tempat Wisata di Bandung Gratis yang Akan Membuat Anda Bahagia Tanpa Keluar Uang - WisataHits
Jawa Barat

18 Tempat Wisata di Bandung Gratis yang Akan Membuat Anda Bahagia Tanpa Keluar Uang

bandung

Bandung memiliki tempat wisata gratis yang bisa dikunjungi bersama keluarga atau teman. Sebagai salah satu kota wisata terpopuler di Indonesia, Bandung memiliki banyak tempat wisata yang menarik.

Namun perlu anda ketahui bahwa tidak semua tempat wisata di bandung bersifat komersial atau berbayar. Pemerintah Kota Bandung menawarkan tempat wisata di Bandung gratis untuk memberikan hiburan bagi semua kalangan tanpa mengeluarkan biaya apapun.

Tempat wisata gratis merupakan sarana bagi masyarakat untuk menikmati wisata tanpa harus membayar tiket masuk. Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang mungkin tidak memiliki cukup uang untuk membayar tiket objek wisata.

Ini memungkinkan orang untuk mendapatkan hiburan tanpa mengeluarkan uang. Tidak hanya wisata gratis yang menghibur di Bandung yang menawarkan pendidikan kepada pengunjung juga.

Namun meski gratis, artinya Anda tidak mengeluarkan uang untuk tiket masuk, bukan berarti tidak ada fasilitas yang menarik. Beberapa tempat wisata gratis di Bandung dilengkapi dengan permainan yang membuat anak betah.

Jika ingin berhemat dengan wisata gratis, Anda bisa mencoba aktivitas di tempat wisata berikut ini.

Simak daftar wisata gratis di Bandung berikut ini:

1. Jalan Braga

Pohon tabebuya di Jalan Braga Bandung mulai mekar.Jalan Braga Free Tour di Bandung Foto oleh Rifat Alhamidi

Lokasi: Jalan Braga

Ada banyak bangunan bersejarah di sepanjang Jalan Braga. Hal ini membuat Braga menjadi spot foto yang menarik bagi wisatawan. Tak hanya menarik bagi wisatawan, banyak warga Bandung yang menginap di sini sekadar untuk jalan-jalan atau berfoto.

Wisatawan biasanya akan menyukai sensasi berbeda saat berjalan-jalan di sekitar Braga, khas deretan pohon tabebuya, kursi kayu dan ornamen batu bulat serta lampu jalan yang unik. Ada banyak tempat wisata menarik di sini. Deretan lukisan di trotoar, pertunjukan jalanan atau orang-orang yang mengambil foto.

2. Gedung Negara

Pemandangan udara Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Indonesia dengan langit yang indah dan pemandangan kota.  Bangunan bersejarah tua dengan gaya dekorasi seni, jabatan gubernurGedung Sate, pilihan wisata gratis di Bandung Foto: Getty Images/iStockphoto/Ismail Rajo

Lokasi: Jalan Diponegoro

Gedung Sate adalah ikon paling populer di Jawa Barat. Gedung ini dibangun pada tahun 1920. Saat itu pemerintahan masih berada di bawah naungan Hindia Belanda. Proses pembangunan Gedung Sate memakan waktu empat tahun.

Gaya arsitektur Gedung Sate merupakan perpaduan wajah budaya Timur dan Barat yang didukung oleh teknik bangunan Barat yang maju. Desain Gedung Sate merupakan karya arsitek J Berger.

Kegubernuran juga sering dipilih wisatawan untuk berswafoto. Belum ke Bandung kalau belum berfoto dengan background Gedung Sate.

3. Jalan Asia Afrika

Pengendara melintasi ruas jalan Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (6/12/2021).  Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung berencana menutup kembali 10 titik jalan raya di Kota Bandung selama libur Natal dan Tahun Baru untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di PPKM level 3 serentak di seluruh Indonesia.  ANTARA FOTO/Novrian Arbi/aww.Jalan Asia Afrika Free Tour di Bandung Foto: ANTARA PHOTO/NOVIAN ARBI

Lokasi: Jalan Asia Afrika, dekat alun-alun kota Bandung.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan. Ada banyak spot foto di jalan ini, mulai dari Gedung Merdeka, Tugu Titik Nol Kota Bandung, kursi taman hingga deretan tiang bendera yang menjadi spot foto populer para wisatawan.

Selain itu, para cosplayer hantu, power ranger, Kamen Rider, karakter Marvel, dan cosplayer kartun selalu diajak wisatawan untuk berfoto selfie.

4. Jalan hutan Babakan Siliwangi

Jelajah hutan di SiliwangiWisata Gratis Siliwangi Forest Walk di Bandung Foto oleh Mochamad Solehudin

Lokasi: Jalan Siliwangi No.7 Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung.

Kawasan hutan kota Babakan Siliwangi Forest Walk merupakan wisata gratis di Bandung. Rasakan pengalaman berbeda menjelajah dan menikmati kesejukan hutan kota. Wisatawan bisa menjelajahi hutan kota di ketinggian 3-4 meter di atas permukaan tanah dengan luas hutan 3,8 hektar dan panjang jembatan 2,3 kilometer.

Jembatan di Babakan Siliwangi Forest Walk dilengkapi dek kayu selebar 1,5 meter dengan pagar besi setinggi 1 meter sebagai jalur pejalan kaki bagi wisatawan. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan ditabrak oleh pengunjung lain.

Di tengah jembatan di Babakan Siliwangi Forest Walk, terdapat kursi-kursi dengan berbagai bentuk untuk bersantai pengunjung. Dengan sedikit keberuntungan, pengunjung dapat menemukan tupai dan burung di hutan ini.

5. Teras Cikapundung

Sungai Cikapundung di Bandung yang berubah indah.Wisata Gratis Teras Cikapundung di Bandung. Foto: (nfadils/d’Traveler)

Lokasi: Jalan Babakan Siliwangi, dekat Forest Walk.

Obyek wisata yang dibangun oleh BBWS Citarum ini sangat nyaman karena suasananya masih alami dan masih banyak pepohonan. Aliran Sungai Cikapundung tentunya menjadi spot yang populer.

Selain bisa selfie dan naik perahu karet, bagi Anda yang mengajak anak-anak ke objek wisata ini bisa langsung bermain air bahkan berenang karena aliran sungai yang cukup dangkal di kawasan Teras Cikapundung.

6. Alun-alun Bandung

Alun-alun Kota Bandung ditutup sementara sehingga menyebabkan keramaian menjadi berserakan.  Ratusan warga yang tidak bisa masuk berhamburan keluar dari kawasan itu pada Jumat (6/5/2022).Alun-alun Bandung Wisata Gratis di Bandung Foto oleh Wisma Putra

Lokasi: Jalan Asia Afrika

Kawasan Alun-alun Bandung merupakan wisata gratis yang populer. Area rumput sintetis yang luas memastikan penghuni betah di sini. Hotel ini terletak di pusat kota, dekat dengan kawasan wisata gratis lainnya yaitu Jalan Asia Afrika dan Jalan Braga.

Alun-alun Kota Bandung berada di depan Masjid Raya Jawa Barat yang memiliki dua menara ikonik. Namun karena sering membuang sampah sembarangan akibat ulah pengunjung yang tidak disiplin, Alun-alun Bandung kini ditutup sementara.

7. Lapangan Gasibu

Suasana jelang sholat Idul Fitri di Lapangan Gasibu.Wisata Lapangan Gasibu di Bandung Foto: Sudirman Wamad/detikJabar

Lokasi: Jalan Diponegoro, depan Gedung Negara

Wisata gratis di Bandung lainnya yang bisa Anda coba adalah Lapangan Gasibu yang terletak di depan Gedung Sate. Ini adalah area pergerakan bagi penduduk. Letaknya yang strategis dan sejuk membuat banyak orang datang ke sini.

Bahkan saat sedang tidak berolahraga, Anda bisa duduk-duduk di area taman di samping tapak. Berfoto di Lapangan Gasibu juga menarik karena Anda bisa mengabadikan latar belakang Gedung Sate, salah satu landmark kota Bandung

8. Taman Balai Kota Bandung

Rhinoceros Park dan Dewi Sartika di Balkot Bandung semakin cantikTaman Balai Kota Bandung, Wisata Gratis di Bandung. Foto: Tri Ispranoto

Lokasi: Jalan Wastukencana No.2

Ada banyak taman terbuka di kawasan ini yang bisa dikunjungi siapa saja secara gratis. Taman Balai Kota Bandung merupakan salah satu taman dengan fasilitas penunjang yang sangat lengkap. Mulai dari toilet, tempat ibadah, akses internet hingga alat olahraga.

Selain itu, destinasi wisata kota Bandung ini juga didesain dengan sangat apik, terdapat aliran sungai kecil yang melintasi area taman. Membuat suasana menjadi lebih indah dan menenangkan.

9. Museum Konferensi Asia Afrika

Museum KAA, tempat yang akan membuatmu bangga menjadi IndonesiaMuseum KAA, tempat wisata gratis di Bandung Foto: Elvina Herdiani/d’Traveler

Lokasi: Jalan Asia Afrika No.65

Tempat wisata gratis di Bandung lainnya yang bisa dikunjungi adalah Museum Konferensi Asia Afrika (MKAA). Sebagai puncak peringatan 25 tahun Konferensi Asia Afrika pertama, Museum Konferensi Asia Afrika diresmikan pada 24 April 1980 oleh Presiden Soeharto. Museum ini didirikan oleh Prof.DR.Mochtar Kusumaatmadja,SH,LL.M untuk meneruskan semangat, semangat dan pengaruh Konferensi Asia Afrika 1955.

Museum ini menyajikan film dokumenter tentang kondisi dunia hingga tahun 1950-an, Konferensi Asia-Afrika, perpustakaan dengan dokumen dan pra-konferensi, pameran sementara untuk mendidik masyarakat tentang kebijakan luar negeri dan sejarah diplomasi di Indonesia dan masih banyak lagi. Museum buka pada hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

10. Indonesia menggugat bangunan

Indonesia menggugat bangunanIndonesia Gugat Wisata Gedung Gratis di Bandung Foto oleh Yudha Maulana

Lokasi: Jalan Perintis Kemerdekaan No. 5, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.

Sebagai salah satu saksi bisu tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan Belanda, Gedung Gugatan Indonesia (GIM) menjadi tempat dimana Soekarno memberontak di pengadilan pada tahun 1930 dan membela diri dengan gelar Indonesia Menggugat. Sukses itu mengejutkan Belanda, gelar pertahanan kini menjadi nama museum yang dibuka untuk umum pada Juni 2007.

Pengurus GIM berusaha menghadirkan tidak hanya sebagai ruang publik tetapi juga fungsi dan dekorasi bangunan seperti dulu. Beragam foto Bung Karno bersama para pejuang Partai Nasional Indonesia diadili terpajang rapi di sini. Buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button