Tempat Wisata di Jabar Diserang 1,3 Juta Orang Selama Nataru, Kapolda imbau pengelola waspadai - WisataHits
Jawa Barat

Tempat Wisata di Jabar Diserang 1,3 Juta Orang Selama Nataru, Kapolda imbau pengelola waspadai

Laporan wartawan Tribun Jabar Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT – Diperkirakan hingga 1,3 juta wisatawan akan mengunjungi properti wisata yang tersebar di wilayah Jawa Barat selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023 karena pembatasan saat ini dicabut.

Selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023, wisatawan diharapkan mengunjungi tempat-tempat wisata populer seperti Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Pangandaran, Subang hingga Puncak Bogor.

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana mengatakan dengan kondisi tersebut pasti akan terjadi kemacetan lalu lintas, keterlambatan tiba di tempat tujuan dan pastinya kemacetan di setiap jalur wisata.

“Kemarin Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengumumkan sekitar 1,3 juta orang diperkirakan akan berwisata ke Jawa Barat,” ujarnya dalam pertemuan di Padalarang, Kamis (22/12/2022).

Baca Juga: Gubernur Jabar Pastikan Nataru Berjalan Aman, Imbau Masyarakat Laporkan Jika Terjadi Tawuran

Untuk itu, pihaknya mengimbau seluruh pengelola properti wisata di Jabar tidak menerima wisatawan hingga melebihi kapasitas, meski jumlah kunjungan saat ini sudah disetujui pemerintah.

“Masyarakat akan datang ke seluruh objek wisata yang tersebar di wilayah Jawa Barat antara lain Lembang, Subang, Bandung dan lain-lain. Pengelola perlu menjual tiket secukupnya agar wisatawan tetap nyaman dan tidak berdesak-desakan,” kata Suntana.

Selain itu, pihaknya juga menginstruksikan kepada seluruh polres dan polsek di Jabar untuk menyiapkan kantong parkir guna mencegah kemacetan di setiap jalur objek wisata tersebut.

“Ada tempat wisata yang tempat parkirnya masih kurang memadai, sehingga dikhawatirkan dia parkir di pinggir jalan lalu menyerbu lingkungan masyarakat sehingga merasa terganggu,” ujarnya.

Meresahkan masyarakat, kata dia, tarif parkir liar dipungut dengan tarif yang tidak wajar, sehingga memiliki kantong parkir di masing-masing properti wisata tersebut menjadi sangat penting.

Baca Juga: Puluhan Ribu Personel Gabungan TNI dan Polri Siap Lindungi Nataru di Jabar

“Untuk itu saya sudah perintahkan kepada Kapolres, Kapolsek dan Satlantas untuk menyiapkan kantong parkir terutama di tempat-tempat wisata yang tidak tersedia lahan parkir yang cukup, agar seimbang dengan jumlah kunjungan,” kata Suntana. .

Ia mengatakan, instruksi kepada Polres dan Polsek untuk menyiapkan tas tersebut berlaku untuk semua objek wisata di Jabar, khususnya Lembang, Subang, dan Puncak Bogor.

Silahkan baca berita terbaru Tribunjabar.id lainnya di Google News

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button