Tempat Wisata di Dlingo Jogja : Rumah Mewah Bantul Wajib Dikunjungi - WisataHits
Yogyakarta

Tempat Wisata di Dlingo Jogja : Rumah Mewah Bantul Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Dlingo Jogja : Rumah Mewah Bantul Wajib Dikunjungi

solo

Membicarakan tempat wisata di daerah jogja sepertinya tidak akan ada habisnya. Kawasan wisata menarik begitu apik tersaji di berbagai lokasi mulai dari timur hingga barat. Salah satu yang menghadirkan tempat wisata menarik yaitu di daerah Bantul. Di bagian kota ini, lebih tepatnya di Dlingo, terdapat banyak sekali tempat wisata yang menarik.

Di bagian kota ini banyak terdapat tempat wisata baru yang bernuansa alam. Bagi pecinta Sedulur suasana pegunungan sangat cocok menghabiskan liburan di kawasan wisata Dlingo.

Hutan Pinus Instagrammable di BantulHutan Pinus Instagramable di Bantul Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

dikumpulkan detikJateng, Ada berbagai tempat wisata yang wajib dikunjungi di Dlingo, Bantul Mangunan pada Rabu (2/1/2023). Berikut daftarnya:

1. Hutan Pinus Pengger

Yang pertama adalah Pengger Zirbenwald. Wisata alam dataran tinggi ini menawarkan pengalaman menikmati pemandangan indah Jogja dari atas. Suasana alam yang sejuk dan aroma hutan pinus memberikan perasaan menyegarkan.

Tidak heran tempat ini adalah suatu keharusan menyegarkan dan matikan. Hutan Pinus Pengger terletak di Jalan Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Dlingo, Bantul, tak jauh dari Puncak Becici. Jarak tempuh dari Kota Jogja sekitar 25 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit.

Zirbenwald Pengger bisa dikunjungi mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. Sehingga pengunjung dapat menikmati keindahannya matahari terbenam hingga kelap-kelip lampu malam kota Jogja.

Harga tiket masuk ke Pengger Zirbenwald relatif murah, hanya Rp 5.000.

Spot foto dan fasilitas di Pengger Zirbenwald

Ada banyak spot foto Instagramable di tempat ini. Pengelola telah mendesainnya dengan sangat indah, spot foto yang menawan untuk memberikan hasil terbaik.

Panca wara, tangan raksasa

Spot foto yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan saat ke Pengger Zirbenwald. Spot foto susunan kayu yang berbentuk menyerupai tangan raksasa menjadi salah satu ikon dari Pengger Arvenwaldes.

Tangan raksasa ini berada di tepi jurang. Wisatawan bisa mendapatkan latar belakang pemandangan yang indah saat mengambil foto dari tempat ini.

jembatan pinus pengger

Jembatan pinus ini dibangun di antara dua pohon pinus yang berjauhan. Jembatan ini tidak dibangun sebagai penyeberangan, hanya untuk spot foto.

lubang raksasa

Spot foto selanjutnya adalah Giant Hole yang berbentuk seperti sangkar burung. Wisatawan biasanya berfoto di sini untuk mendapatkan background rumah penduduk Bantul.

Tawaran resor liburan Pengger Zirbenwald juga cukup lengkap. Beberapa di antaranya adalah parkir kendaraan, toilet, musala, kios makanan dan minuman, bumi perkemahan, paviliun relaksasi, dan persewaan hammock.

Tempat wisata di Mangunan, Bantul.Tempat wisata di Mangunan, Bantul. Foto: John Randy

2. Bukit Panguk-Kediwung

Tempat wisata lain yang wajib dikunjungi di Mangunan Bantul adalah Bukit Panguk Kediwung. Mengutip situs resmi Pemprov Jogja, wisata alam ini berlokasi di Kediwung, Dlingo, Mangunan, Bantul, Jogja. Situs ini berjarak sekitar 20 kilometer arah selatan dari pusat kota Jogja.

Di tempat ini wisatawan disuguhkan pemandangan alam yang begitu menarik. Apalagi jika berkunjung pada malam hari, suasana keindahan lampu penerangan rumah akan menjadi sensasi tersendiri.

Tur ini buka 24/7, jadi Anda bisa mengakses langsung kawasan ini kapan saja.

Biaya masuk

Harga tiketnya juga cukup murah, hanya Rp 3.000-5.000 untuk sekali masuk. Dengan biaya parkir kendaraan sendiri yaitu Rp 2.000 untuk kendaraan bermotor, Rp 5.000 untuk mobil/elf dan Rp 10.000 untuk bus.

perabot

Ada banyak spot foto menarik yang disajikan di tempat ini. Diantaranya juga Gardu Langit yang terbagi menjadi dua titik yaitu di sebelah barat dan di sebelah timur. Di tempat ini, pengunjung disuguhi pemandangan matahari terbit yang menawan.

Selain itu ada juga spot foto instagramable lainnya seperti Sky Boat, Sky Delman dan juga Sky Palace.

3. Puncak Becici

Tempat wisata alam lainnya di Dlingo adalah Puncak Becici. Tempat wisata ini juga termasuk sebagai wisata andalan di Bantul. Tempat wisata ini terletak di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul, Jogja.

Saking menariknya tempat ini, pada tahun 2017 lalu Presiden Amerika Serikat Barack Obama juga mengunjungi tempat ini. Mengutip laman Instagram resmi @puncakbecici, objek wisata ini menawarkan panorama alam yang indah.

Pengunjung juga dibawa masuk ke dalam suasana alam dengan berbagai pemandangan yang begitu menakjubkan.

harga tiket

Wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, harga tiket masuk yang ditawarkan cukup murah yakni hanya Rp 5.000 untuk dewasa. Sedangkan untuk anak-anak masih gratis. Lalu biaya parkirnya Rp 2.000 untuk sepeda motor, Rp 5.000 untuk mobil/elf dan Rp 10.000 untuk bus.

perabot

Pengunjung bisa mengabadikan setiap momen indah di spot foto yang disediakan. Ada banyak spot foto yang bisa dipilih pengunjung. Kemudian pengunjung juga bisa menyewa tenda atau kemah di lokasi.

Pengelola menawarkan persewaan tenda bagi pengunjung yang ingin menikmati malam dan tidur di pegunungan.

Keindahan air terjun Grojogan Lepo di Bantul, YogyakartaKeindahan air terjun Grojogan Lepo di Bantul, Yogyakarta Foto: Julie Kirey/d’Traveler

4. Grojogan Lepo Dlingo

Selain menikmati keindahan alam, di Dlingo juga terdapat tempat wisata yang tak kalah menarik yaitu Grojogan Lepo Dlingo. Menurut situs resmi Desa Dlingo, tempat wisata ini terletak di Dusun Pokoh II Desa Dlingo.

Keindahan alam Grojogan Lepo membuat banyak wisatawan yang penasaran datang ke tempat ini. Air tawar Grojogan menjadi salah satu daya tarik tempat wisata ini. Pengunjung bisa melepas penat dengan berendam di bawah Grojogan.

Namun, biasanya air akan surut ketika musim kemarau tiba.

harga tiket

Belum ada keputusan akhir mengenai harga tiket. Pasalnya, tempat wisata tersebut belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat. Pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini bisa datang mulai pukul 08:00 WIB hingga 17:00 WIB.

perabot

Masyarakat sekitar menawarkan berbagai fasilitas untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Mulai dari mushola, rest area, wahana fairground dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Tempat ini juga menawarkan kuliner yang bisa membuat pengunjung ketagihan, yaitu nasi jagung (bledak) dan wedang kekep.

objek wisataTempat wisata Foto: (Erwin Sudrajat/d’Traveler)

5. Jurang Tembelan

Ada tempat wisata lain yang wajib anda kunjungi di Bantul yaitu Ngarai Tembelan. Menurut situs resmi Pemprov Jogja, Ngarai Tembelan terletak di Dusun Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Bantul.

Untuk mencapai tempat ini cukup mudah karena banyak rambu-rambu jalan yang dipasang. Lokasinya ada di selatan pusat kota Jogja atau ke arah Jalan Imogiri. Tempat wisata ini menyuguhkan berbagai keindahan tersendiri.

Pemandangan indah yang disuguhkan bahkan menjadikan Jurang Tembelan sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Bantul. Bagi Anda yang menyukai pemandangan dataran tinggi, datang ke tempat wisata ini akan sangat memuaskan.

harga tiket

Pengunjung tidak membayar tiket masuk. Namun hanya dikenakan biaya parkir, mulai dari Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua, Rp 5.000 untuk mobil, Rp 10.000 untuk elf dan Rp 20.000 untuk bus.

perabot

Meski tidak berbayar, fasilitas yang disediakan pengelola cukup lengkap. Mulai dari kamar mandi, mushola, warung makan dan juga berbagai fasilitas pendukung lainnya. Saat pengunjung bisa mengabadikan setiap momen menarik di spot foto yang tersedia.

Ada banyak spot foto Instagramable wisatawan dapat memilih dari. Tentunya spot foto ini menyuguhkan keindahan alam di ketinggian layaknya di negeri di atas awan.

Tonton Video “Kafe Tanpa Ijin Disegel di Babarsari, Ada Perlawanan”
[Gambas:Video 20detik]
(aplikasi/am)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button