Proyek Tol Jokowi: Kurangi Waktu Perjalanan untuk Buka Isolasi Daerah - WisataHits
Jawa Barat

Proyek Tol Jokowi: Kurangi Waktu Perjalanan untuk Buka Isolasi Daerah

Perjalanan di Bandara Kertajati Bandara

Perbesar

Pengunjung berfoto di area keberangkatan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (30/1/2022). Seperti diketahui, Bandara Kertajati belum melayani lalu lintas penumpang dan beroperasi sebagai terminal kargo hanya dari Selasa hingga Jumat. (merdeka.com/Iqbal SN

Menteri Basuki menargetkan Tol Cisumdawu Seksi 1-4 bisa beroperasi paling lambat pada Nataru 2022.

Penyelesaian pembangunan Tol Cisundawu sepanjang 62 km sangat penting untuk efisiensi operasional Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat yang selama ini sepi.

Juga sebagai penghubung pelabuhan Patimban serta pengembangan ekonomi kawasan Pantura di Jawa Barat mulai dari Cirebon, Indramayu, Majalengka hingga Kuningan (Ciayu Majakuning) Jawa Barat.

Operasi tersebut juga akan mengurangi jarak tempuh Bandung-Majalengka yang sebelumnya sekitar 160-180 km dengan waktu tempuh 3-3,5 jam, menjadi hanya 60 km dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam.

Obat kemacetan Tol Japek

Beberapa ruas tol baru juga diharapkan selesai pada akhir tahun 2022, di antaranya Tol Jakarta Selatan-Cikampek (Jepang) II. Tol ini diharapkan menjadi kemacetan bagi Tol Japek eksisting yang masih padat kendaraan, meski Tol Elevated MBZ sudah ada.

Menteri Basuki menargetkan Tol Japek II Selatan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang (27,85 km) selesai pada Desember 2022. Ini adalah seksi terakhir yang menghubungkan langsung dengan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi).

Secara total, Tol Japek II Selatan membentang 64 km dari Tol Purbaleunyi hingga Tol JORR II di Gerbang Tol Jatiasih (GT), Bekasi. Sehingga ini menjadi alternatif bagi warga Jakarta yang ingin ke Bandung dengan waktu tempuh end-to-end hanya 1 jam.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button