Revitalisasi Jalan Senopati Yogyakarta akan selesai akhir tahun ini - WisataHits
Yogyakarta

Revitalisasi Jalan Senopati Yogyakarta akan selesai akhir tahun ini

Pekerjaan telah dimulai dan sesuai dengan jadwal, pekerjaan diharapkan selesai pada pertengahan Desember

YOGYAKARTA (ANTARA) – Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Permukiman Kota Yogyakarta mulai merevitalisasi pejalan kaki di Jalan Senopati untuk mendukung kawasan wisata Malioboro yang ditargetkan selesai pada pertengahan Desember mendatang.

“Pekerjaan sudah dimulai dan sesuai jadwal, sehingga diharapkan pertengahan Desember selesai,” kata Hasri Nilam Baswari, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Permukiman Yogyakarta, Hasri Nilam Baswari. Senin.

Menurut dia, pekerjaan rehabilitasi pejalan kaki di Jalan Senopati akan dilakukan serentak untuk kedua sisi trotoar, baik sisi utara maupun selatan jalan.

Pekerjaan ini tidak akan memperlebar trotoar dan akan tetap menggunakan dimensi eksisting, yaitu rata-rata 4,5 meter.

Konsep revitalisasi tersebut selaras dengan revitalisasi pedestrian yang dilakukan di kawasan pendukung Malioboro, sehingga ada kesinambungan dengan penataan pedestrian yang sebelumnya dilakukan di Jalan KH Ahmad Dahlan dalam dua tahun terakhir.

Oleh karena itu, konsep pedestrian layout di Jalan Senopati tidak akan jauh berbeda dengan konsep yang diterapkan di Jalan KH Ahmad Dahlan dan kawasan kilometer nol, sehingga semuanya terkoneksi.

Selain merevitalisasi trotoar pejalan kaki, pekerjaan yang memiliki anggaran sekitar Rs 15,9 crore, juga akan mencakup pekerjaan jalur untuk kabel serat optik dan kabel listrik PLN.

“Routing” kabel serat optik dilakukan di Jalan Secodiningratan yang berada di sisi Jalan Senopati, sedangkan untuk “routing” kabel listrik PLN dilakukan di Gondomanan Junction.

Pemerintah Kota Yogyakarta secara rutin mengalokasikan anggaran untuk fasilitas pejalan kaki dalam beberapa tahun terakhir. Pekerjaan penataan dilakukan tahun lalu untuk menyelesaikan revitalisasi pedestrian street di Jalan Jenderal Sudirman dari Galeria hingga simpang Gramedia dengan anggaran Rp 19,9 miliar.

Selain itu, penyelesaian pedestrian Jalan KH Ahmad Dahlan dengan anggaran Rp 9,9 miliar dan pedestrian Jalan Perwakilan dengan anggaran Rp 10,2 miliar.

Baca Juga: Yogyakarta Pertahankan Gelar Kota Layak Anak Kategori Utama
Baca Juga: Kemenhub Segera Revitalisasi Terminal Giwangan Yogyakarta
Baca Juga: Traveloka Dukung Pemerintah Genjot Pariwisata di Bali dan Yogyakarta

Reporter: Eka Arifa Rusqiyati
Penerbit: Biqwanto Situmorang
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button