Tempat terbaik untuk berjalan menyusuri sungai di Indonesia - WisataHits
Jawa Timur

Tempat terbaik untuk berjalan menyusuri sungai di Indonesia

Liburan yang selaras dengan alam. Sempurna untuk penyembuhan!

Destinasi wisata di Indonesia kerap menawarkan panorama alam yang mempesona. Tak jarang wisatawan baik lokal maupun mancanegara dimanjakan dengan liburan seru dan menyatu dengan alam. Berkat alamnya yang indah, berbagai destinasi wisata di Indonesia juga sangat cocok untuk dijadikan pelarian sejenak dari hiruk pikuk kota.

Salah satu jenis destinasi wisata alam kesekian yang cocok sebagai objek wisata obat sejenak adalah wisata sungai. Beberapa sungai di Indonesia yang masih memiliki suasana asri dan alami menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk menikmati aktivitas sungai yang menyatu dengan alam. Berikut adalah lima tempat wisata tepi sungai terbaik di Indonesia.

1. Sungai Maron, Jawa Timur

5 tempat terbaik untuk menyusuri sungai di Indonesia, pemandangannya okPotret Sungai Maron (instagram.com/pacitanadventure)

Sungai Maron merupakan salah satu bentuk keindahan alam di Pacitan yang menawarkan ketenangan bagi setiap pengunjungnya. Sungai yang mirip dengan sungai Amazon ini terletak tepatnya di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dikatakan mirip dengan Amazon karena sisi kanan dan kiri sungai ini ditumbuhi hutan hujan tropis yang cukup lebat dan menambah asri suasana di sekitar tempat tersebut.

Dengan panjang sekitar 4,5 kilometer, sungai ini merupakan salah satu spot bersepeda terbaik di Pacitan. Sepanjang perjalanan, pengunjung disuguhi pemandangan alam yang begitu indah. Biaya masuknya juga cukup terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang. Namun ada biaya tambahan bagi pengunjung yang ingin melakukan aktivitas penyeberangan sungai yaitu Rp 100.000 per perahu untuk kapasitas empat orang.

2. Sungai Pute, Sulawesi Selatan

5 tempat terbaik untuk menyusuri sungai di Indonesia, pemandangannya okPotret Sungai Pute (instagram.com/funnyzw)

Sungai Pute merupakan sungai kedua sebagai tempat terbaik untuk kegiatan wisata tepi sungai di Indonesia. Terletak di Desa Rammang-rammang, sungai ini memiliki tampilan air berwarna hijau kecoklatan. Menariknya, Sungai Pute memiliki pemandangan alam yang luar biasa dikelilingi oleh bebatuan karst. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Tak hanya bebatuan karst yang menghiasi Sungai Pute, pengunjung sesekali akan menjumpai pohon Nipah yang daunnya menyerupai pohon palem dan merupakan tanaman tropis yang menyejukkan. Bagi pengunjung yang ingin menyusuri Sungai Pute dikenakan tarif Rp 150.000 hingga Rp 200.000 untuk menyewa perahu. Jangan lewatkan untuk berfoto selfie bersama Latar Belakang Gunung karst di sini, ya!

Baca juga: Nikmati Pesona Kalimas Lewat Wisata Sungai

3. Sungai Kahayan, Kalimantan Tengah

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

5 tempat terbaik untuk menyusuri sungai di Indonesia, pemandangannya okPotret Sungai Kahayan (instagram.com/seputaranplk)

Sungai Kahayan merupakan sungai terpanjang di Kalimantan dengan panjang sekitar 600 kilometer. Sungai ini juga menjadi pembatas kota Palangkaraya. Tak hanya itu, Sungai Kahayan juga memiliki bentuk yang agak unik yaitu menyerupai teluk. Pemandangan alam terlihat indah saat pengunjung berjalan menyusuri sungai yang luas ini dengan perahu.

Sepanjang perjalanan di Sungai Kahayan, pengunjung akan menemukan sejumlah rumah terapung sederhana yang menjadi ciri khas warga Kalimantan. Pengunjung yang ingin menyewa perahu untuk menyusuri sungai yang indah dan luas ini hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 75.000 – Rp 250 tergantung ukuran perahu yang ingin disewa.

4. Sungai Musi, Sumatera Selatan

5 tempat terbaik untuk menyusuri sungai di Indonesia, pemandangannya okPotret Sungai Musi (Instagram.com/palembangup.co)

Sungai Musi adalah sungai berikutnya yang memenuhi syarat sebagai tempat terbaik untuk menyeberangi sungai. Sungai ini juga merupakan sungai terpanjang di Sumatera. Panjang Sungai Musi sendiri kurang lebih 750 kilometer dan sering dijadikan sebagai bantaran sungai yang populer di kalangan wisatawan.

Untuk melakukan aktivitas di Sungai Musi ini, pengunjung bisa menggunakan ketek atau perahu milik warga sekitar. Menariknya, selama wisata sepeda sungai di Sungai Musi ini, pengunjung bisa singgah di beberapa tempat ikonik di Sumatera seperti Pulau Kemaro, Kampung Arab Al Munawwar, Kampung Kain Tuan Kentang, Benteng Kuto Besak dan masih banyak lagi.

5. Sungai Sekonyer, Kalimantan Tengah

5 tempat terbaik untuk menyusuri sungai di Indonesia, pemandangannya okPotret Sungai Sekonyer (instagram.com/dri_van_der_ley)

Sungai Sekonyer merupakan sungai yang banyak dijadikan sebagai tempat wisata yang menarik bagi wisatawan khususnya di wilayah Kalimantan Tengah. Disebut Sekonyer karena di muara sungai ini terdapat tempat tenggelamnya kapal patroli Belanda Lonel Konter.

Pengunjung menaiki perahu khas Kalimantan yang disebut Klotok. Selama beraktivitas di sepanjang sungai, pengunjung disuguhkan panorama yang menyatu dengan alam di sepanjang jalan. Tidak hanya itu, fauna asli seperti bekantan, uwa uwa dan kera ekor panjang sering bergelantungan di pepohonan di sekitar sungai.

Nah, itulah lima tempat wisata tepi sungai terbaik di Indonesia. Negeri kita tercinta ini menyimpan sejuta pesona alam yang menakjubkan. Ayo, obat sejenak saat mengunjungi deretan sungai di atas!

Baca Juga: 10 Informasi Wisata Arung Jeram Di Sungai Elo, Menantang Adrenalin

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button